Pastinya kamu sudah tahu kalau semua manusia ini nggak diciptakan sama oleh Tuhan. Bermacam-macam dan sungguh beragam. Sebagai contoh, ada pula manusia yang Dia ciptakan Tuli atau HoH (Hard of Hearing).

Tuhan menjadikannya tidak bisa atau sulit mendengar suara di sekitarnya. Namun, mereka tetap sama seperti manusia dengar lainnya dan mereka memiliki hak-hak yang sama seperti manusia dengar. Ternyata, ada rambu-rambu yang harus dilakukan saat berkomunikasi dengan teman Tuli. Penasaran?

1. Jangan Memanggilnya, Tapi Tepuklah Pundaknya dan Tunjukkan Wajahmu

Menepuk bahu

Menepuk bahu via https://www.google.com

Ketika kamu ingin berkomunikasi, janganlah kamu teriaki namanya dari jauh, melambai-lambaikan tangan juga lebih baik dihindari. Tapi datangi, tepuk pundaknya lalu tunjukkanlah wajahmu.

2. Bertanya Media Komunikasi

Advertisement

Tanyalah kepada mereka, apakah mereka lebih senang berkomunikasi dengan tulisan, bahasa isyarat, atau bahasa oral? Jangan sampai kamu menggunakan bahasa oral padahal lawan bicaramu nggak begitu paham gerak bibirmu. Jadi, tanyakan lebih dulu.

3. Gunakan Ekspresi Wajah

Ekspresi Wajah

Ekspresi Wajah via https://www.google.com

Teman Tuli menyukai visual. Usahakan ekspresi wajahmu sesuai dengan kata-kata yang kamu utarakan, ya! Mereka akan lebih mudah mengerti jika ekspresi wajah kita sesuai. Jangan sampai kamu sedang marah, namun wajahmu datar seperti papan!

4. Buka Mulutmu Lebar-lebar

Membuka mulut lebar-lebar

Membuka mulut lebar-lebar via https://www.google.com

Jika mereka membaca gerak bibirmu, kamu harus membuka mulutmu lebar-lebar agar artikulasinya tergambar dengan sempurna. Ketika kata-katamu mengandung huruf ‘M’ maka katupkanlah mulutmu saat mengatakannya. Juga, buka lebar-lebar ketika kamu melewati huruf  A, K, dan H. Pokoknya harus jelas!

5. Minta Ajarkan Bahasa Isyarat

Belajar bahasa isyarat

Belajar bahasa isyarat via https://www.google.com

Advertisement

Bahasa Isyarat adalah salah satu budaya Tuli. Mereka akan lebih nyaman berkomunikasi dengan bahasa Isyarat. Maka, belajarlah langsung dengan mereka! Minimal, belajarlah bahasa Isyarat dasar seperti urutan abjad.

Nah, jadi jangan takut ketika berhadapan dengan teman Tuli. Ajaklah mereka berkomunikasi dengan 5 tips di atas. Mereka sangat mudah akrab dengan orang lain, lho! Ingat, kita semua setara!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya