Setiap individu dalam pekerjaannya pasti memiliki momen di mana ia merasa jenuh, lelah, ataupun bosan yang mengacu terhadap menurunnya produktifitas. Untuk meningkatkan kembali produktifitas tersebut, umumnya kita akan memaksa diri untuk bekerja lebih keras yang justru dapat membuat kita menjadi semakin lelah.

Nah untuk Anda yang sedang dalam posisi ini, terdapat 5 hal yang tidak boleh Anda lakukan untuk tetap produktif saat merasa lelah.

1. Bergunjing Dengan Rekan Kerja

Meetings

Meetings via https://xwork.co

Bercakap-cakap dengan rekan kerja adalah hal yang lumrah dan pasti dilakukan oleh semua orang. Entah itu pada saat jam makan siang, ataupun saat istirahat sejenak di tengah-tengah padatnya pekerjaan. Hal ini tentu saja lumrah dan sah-sah saja dilakukan, tetapi yang sah-saja tersebut adalah percakapan yang positif, bukan membicarakan rekan kerja lainnya atau bahkan atasan. Hal ini akan memberikan vibes negatif dan membuang waktu dan energi Anda dengan percuma.

Selama berfikiradn positif, Anda tidak akan mudah terpancing oleh persoalan-persoalan kecil dan dapat mengelola emosi. Sebisa mungkin sebaiknya hindari percakapan tersebut. Bukannya mendapat energi positif dan meningkatkan produktifitas, yang ada malah sebaliknya. Duhh…

2. Menyusun List Pekerjaan Setiap Jam

Planning

Planning via https://xwork.co

Advertisement

Jika produktifitas sedang menurun maka yang haru dilakukan adalah bekerja lebih padat. No, no, no, kata-kata itu belum tentu berlaku untuk semua orang, karena pada dasarnya tiap orang itu berbeda. Kalau Anda tidak berhasil menyelesaikan pekerjaan, jangan tambah lagi beban pekerjaan dengan menyusun list pekerjaan terperinci setiap jam nya dan memaksakan diri. Anda berhak untuk rileks dan membuang semua list pekerjaanmu.

Lakukan pekerjaan yang termudah lalu tersulit supaya energi Anda tidak cepat habis. Ngotot untuk menyelesaikan pekerjaan lebih dari satu tugas berbarengan justru bisa membuang waktu Anda yang berharga. Waktu kosong lainnya bisa digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda atau tidak terselesaikan.

3. Tidak Memaksimalkan Waktu Istirahat yang Panjang

Bercengkrama

Bercengkrama via https://xwork.co

Waktu seperti ini tentunya bisa membuat Anda kembali rileks dan ingat apa prioritas yang paling utama. Jangan pergunakan jam istirahat Anda dengan kegiatan lain seperti bermain game, karena hal tersebut akan membuat mata Anda lelah ketik kembali bekerja.

Advertisement

Selain itu, sangat disarankan untuk Anda makan siang dengan asupan yang seimbang dan cukup alias tidak berlebihan, yang dapat memulihkan rasa lelah dan meningkatkan kosentrasi sehingga Anda tidak akan kehilangan semangat kerja di sore hari.

4. Mengukur Kapasitas Diri

Multitasking

Multitasking via https://xwork.co

Ada di rekrut karena meiliki pengetahuan dan keterampilan, bukan menjadi sebuah robot di perusahaan. Artinya, Anda harus mampu mengukur kapasitas dalam mengerjakan tugas, apabila merasa penugasan yang di beri tidak sesuai dengan kapasitas, Anda berhak untuk menyampaikannya serta meminta bantuan kepada rekan kerja yang lain dan tidak bekerja sendirian dalam tugas tersebut. Dalam hal ini, kemampuan komunikasi yang baik akan sangat membantu.

5. Tidak Memakai Pakaian yang Sesuai

Pakaian

Pakaian via https://xwork.co

Pakaian selalu menjadi perhatian utama dalam penampilan seorang karyawan, namun memakai pakaian yang tidak sesuai juga dapat menurunkan produktifitas lho teman-teman. Eits, jangan salah paham dulu ya, tidak sesuai di sini penilis lebih mengacu kepada cuaca. Ya, Anda harus memperhatikan cuaca untuk menyesuaikan pakaian apa yang harus dikenakan ke tempat kerja.

Terlebih jika tempat Anda bekerja menggunakan pendingin ruangan dengan tekanan suhu yang rendah, sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman dan tidak akan membuat kesehatan Anda menjadi drop dan membuat Anda dapat tetap produktif di kantor bahkan pada saat cuaca hujan sekalipun.

Nah, kelima poin di atas adalah bebrapa hal yang tidak boleh Anda lakukan jika ingin tetap produktif versi penulis yaa. Semoga bermanfaat dan semangat bekerja! 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya