5 Hewan yang Cocok Menjadi Peliharaan Anak Kos

Memiliki peliharaan dapat menjadi aktivitas untuk membuang rasa bosan ketika sedang berada di kosan

Kehidupan kos pada masa perkuliahan merupakan waktu yang cukup melelahkan bagi beberapa orang. Namun ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meredakan rasa jenuh itu. Salah satu caranya adalah memelihara hewan peliharaan di kosan kamu. Terkadang memelihara hewan itu merepotkan, namun di bawah ini ada beberapa peliharaan yang tidak merepotkan untuk dirawat dengan harga yang terjangkau.

Advertisement

1. Kucing

Photo by Manja Vitolic on Unsplash

Photo by Manja Vitolic on Unsplash via http://unsplash.com

Kucing menjadi hewan yang menjadi favorit kebanyakan orang karena sudah sangat familiar berada di sekeliling kita. Selain dari tingkah lucunya, kucing termasuk hewan yang mudah dalam hal perawatan. Kucing dapat kamu dapatkan dari pemberian teman, tetangga atau kerabat secara gratis. Namun jika kamu ingin membeli kamu harus mempersiapkan sejumlah uang tergantung ras kucing yang ingin kamu miliki. Dan jangan lupa untuk vaksinasi agar kucing tetap sehat dan indah.

2. Kura-Kura

Photo by Tengyart on Unsplash

Photo by Tengyart on Unsplash via http://unsplash.com

Kura-kura Brazil adalah satu dari sekian banya jenis kura-kura. Untuk memelihara kura-kura Brazil ini kamu perlu mempersiapkan tempat atau akuarium yang terisi air namun terdapat tempat yang dapat digunakan kura-kura untuk naik dan berjemur. Untuk pakan kamu dapat memberikan pelet khusus kura-kura ketika kecil dan ketika ukurannya sudah mulai membesar kamu dapat memberikan sayuran seperti wortel atau kangkung. Kamu dapat membersihkan tempat atau akuarium rutin satu minggu sekali agar kura-kura tetap nyaman dan terlihat bersih.

3. Ikan Hias

Photo by Sarah Brown on Unsplash

Photo by Sarah Brown on Unsplash via http://unsplash.com

Ikan hias khususnya ikan air tawar merupakan jenis hewan peliharaan yang populer untuk anak kos karena alasan tempat yang minim dan perawatan yang mudah. Ikan hias juga memiliki beragam jenis dan warna yang dapat kamu rupa padukan di akuarium kamu. Beberapa jenis yang dapat kamu pilih antara lain ikan cupang, ikan channa, ikan tetra, dan ikan koki.

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk memelihara ikan hias air tawar tergantung dengan jenis ikan yang kamu pilih untuk meramaikan akuarium kamu. Untuk perawatan kamu cukup membersihkan dan mengganti air akuarium, serta rutin memberi makan ikan peliharaan kamu. Untuk memberi kesan ekosistem dalam akuarium, kamu bisa menambahkan tanaman air yang banyak dijual di pasaran sehingga ikan akan merasa seperti di habitat aslinya.

4. Hamster

Photo by Andy Holmes on Unsplash

Photo by Andy Holmes on Unsplash via http://unsplash.com

Hamster merupakan hewan pengerat yang sudah akrab di telinga umum karena ukuran yang kecil dan lucu. Karena ukurannya yang kecil sehingga biaya perawatan yang dikeluarkan relatif lebih murah, cocok untuk kamu yang anak kosan. Tapi kamu harus rajin dalam membersihkan kandang hewan pengerat yang satu ini.

Advertisement

5. Gecko

Photo by Jon Leclainche on Unsplash

Photo by Jon Leclainche on Unsplash via http://unsplash.com

Leopard gecko atau Eublepharis macularius adalah sejenis tokek yang hidup di permukaan tanah dan aktif pada malam hari. Leopard gecko ditemukan di Pakistan, India, Afghanistan dan Iran dimana terdapat dataran yang kering dan berbatu. Leopard gecko adalah tokek yang pada saat dewasa paling besar mencapai panjang sekitar 8 atau 9 inci. Perawatan Gecko cukup mudah dan dapat diletakkan di tempat atau akuarium dengan diberi air minum. Makanan gecko dapat diberi jangkrik pada pagi dan malam hari.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE