5 Inspirasi Desain Rak Display Built-In yang Mewah

Aneka Model Rak Display Built-In pada Hunian

Dalam mencari dan memilih ruang penyimpanan yang tepat buat hunian, rasanya banyak banget yang harus diatur dan dipilih. Sampai bingung rasanya. Lemari pakaian di kamar tidur, rak, laci, dan kabinet dapur buat kitchen set, rak buku dan kabinet dokumen di ruang kerja, credenza ataupun rak display di ruang keluarga dan beberapa ruangan lain.

Rak display sendiri bisa dibilang salah satu furnitur yang fleksibel dan multifungsi. Utamanya, rak display dipakai untuk memajang dekorasi, meningkatkan tampilan visual ruangan jadi lebih cantik. Tapi, rak display juga bisa jadi ruang penyimpanan, apalagi kalau tersedia ruang penyimpanan tertutup. 

Biar lebih gampang dalam memilih, lupakan dulu spesifikasi rak display kayak ukuran, material, atau warna. Mulailah dengan menentukan apakah kalian butuh atau lebih suka rak display yang loose atau berdiri sendiri atau built-in. Setelah menentukan hal ini, baru tentukan spesifikasi lanjutannya.

Kalau kamu memang pemilik rumah dan enggak berencana pindah rumah dalam waktu yang lama, rak display built-in bakal lebih praktis dan menguntungkan buat jangka panjang. 

Kekurangannya emang rak akan selalu di situ dan susah untuk dipindahkan. Cuma, dengan desain, kapasitas, dan posisi yang tepat sesuai kebutuhan, rak display built-in bakal jadi furnitur penting yang memberi pengaruh besar secara fungsional dan estetika.

Sebagai contoh buat kalian yang masih ragu, Dekoruma punya lima inspirasi desain rak display built-in di berbagai ruangan dan untuk bermacam-macam kebutuhan.

Advertisement

1. Hanya dengan Ambalan, Hasilkan Rak Display Built-in yang Simpel, Fungsional, tapi Tetap Berkelas

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Ambalan bisa dibilang bagian paling mendasar dari rak display. Satu atau dua ambalan yang dipasang di dinding begitu aja mungkin kurang memberikan efek ke kapasitas penyimpanan dan tampilan interior sebuah ruangan. Nah, begitu ambalan ini digabung dan dibuat permanen, hasilnya rak display built-in modern dan minimalis. 

Seperti yang ada di ruang kerja ini. Tepat di samping kiri meja kerja, pemilik rumah memasang rak dinding built-in model ambalan. Penuh satu dinding, rak display jadi punya kapasitas penyimpanan yang banyak dan mempengaruhi tampilan interior.

Advertisement

Apalagi, warna ambalan yang dicocokkan sama warna panel dinding dan partisi. Karena merupakan rak display ambalan, fungsi rak display ini lebih untuk memajang dekorasi. Pemilik menggunakan kotak penyimpanan tambahan untuk ruang penyimpanan yang lebih tertutup.

2. Tambahkan Pintu Kaca di Rak Display Built-in. Enggak Cuma Tampilan Lebih Mewah, Barang yang Dipajang Bisa Lebih Terlindungi dari Debu dan Kotoran

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Buat tampilan yang lebih rapi dan mewah, kalian bisa memasang pintu kaca pada rak display built-in. Contohnya kayak ilustrasi di atas. Dipasang di kamar tidur, kali ini rak display dibuat menyatu sama meja kerja dan rak-raknya ditutupi sama pintu kaca. 

Advertisement

Memasang pintu kaca kayak gini berarti kalian masih bisa memajang ornamen dekorasi dan benda-benda ini bakal lebih terlindungi. Terlindungi dari debu, kotoran, dan mengurangi risiko tersenggol dan jatuh juga.

Selain itu, satu karakteristik yang perlu digarisbawahi adalah gimana pemilik kamar memasang rak display sampai menyentuh plafon. Dengan begitu, bagian atas rak enggak bakal terkena debu dan susah dibersihkan. 

Rak display juga menyatu dengan lemari pakaian berkapasitas besar untuk menyimpan pakaian, sprei, sarung bantal, dan kebutuhan kamar tidur lainnya.

3. Rak Display Built-in yang Multifungsi. Satu Paket Sama Meja Kerja dan Meja Makan yang Bisa Ditarik

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Desain dan bentuk rak display seperti ini cocok banget buat mengatasi masalah ketersediaan ruangan yang enggak terlalu banyak. Bertempat di ruang tengah yang bersebelahan sama ruang keluarga, rak display built-in ini mengedepankan multifungsionalitas dan aksesibilitas yang gampang.

Unit rak display utama adalah yang paling tinggi dan dipasang di tengah. Selain buku pajangan dan tanaman hias, kelihatan kalau ada microwave dan oven mini juga yang ditaruh di situ karena buat mengatasi keterbatasan dapur.

Menariknya, dari bawah rak display utama, ada panel yang bisa ditarik buat jadi meja makan berkapasitas dua orang lengkap dengan piring dan gelas. Sementara itu, di sebelah kiri dipasangi ambalan panjang yang fungsinya sebagai meja kerja. Multifungsi banget, kan? 

4. Rak Display Built-in Berpanel dengan Desain Modern Klasik yang Mewah, Menawan, dan Berkapasitas Besar

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Pemilik rumah yang satu ini memanfaatkan lorong yang lumayan sempit dan menjadikannya area kerja yang nyaman. Posisinya yang terpencil dari area utama rumah bakal bikin suasananya lebih sunyi. Kalian jadi bisa lebih fokus dan berkonsentrasi waktu kerja atau belajar. 

Selain ada meja dan kursi kerja di sebelah kanan, serta beberapa tanaman hias buat menghidupkan ruangan, sisi kiri lorong juga dipasang rak display built-in dengan model modern klasik.

Kelihatan dari penggunaan material berpanel buat pintu bagian bawah lengkap dengan kenop bulat. Tingginya menjulang sampai menyentuh plafon, kapasitas rak display ini juga besar buat menaruh berbagai buku, bingkai foto, bunga, dan ornamen dekorasi lainnya.

5. Rak Display Built-in Dinding Beraksen Rangka Besi yang Khas Industrial. Hadirkan Tampilan Industrial yang Kental

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Kalau interior design di rumah kalian bergaya Industrial, rak display built-in kayak gini bakal pas banget. Rak dinding model ambalan dengan rangka besi hitam ini tampil bergaya Industrial yang terkenal dengan furnitur yang maskulin, fungsional, dan memanfaatkan material keras dan ekspos sebagai estetikanya. 

Rak display ditempatkan mengitari televisi sebagai bagian dari rak TV di ruang keluarga. Berpadu dengan bata ekspos pada dinding yang jadi latar belakangnya, ambalan kayu dan rangka besi hitam ini semakin memperkuat nuansa Industrial yang khas.

Rak display built-in yang didesain dengan baik bakal bikin rumahmu jadi lebih rapi dan cantik. Bahkan, bisa juga jadi dasar buat bikin sistem furnitur multifungsi yang berguna buat kamu dan anggota keluarga lainnya di rumah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE