Hai Anda yang masih muda berusia 20-an. Sudahkah Anda memikirkan investasi keuangan yang dapat Anda lakukan untuk jangka waktu pendek atau panjang? Jika belum, berikut ada beberapa jenis investasi yang mungkin cocok untuk Anda. Contoh saja Warren Buffet yang menjadi orang terkaya nomor 3 dari Investasi.

Namun tentu investasi yang Anda lakukan jangan berupa investasi abal-abal atau bodong. Nah, mari berikut ada 5 jenis investasi yang layak Anda coba sebagai anak muda

1. Emas

Investasi Emas via http://weknowyourdreamz.com

Emas merupakan investasi paling mudah yang dapat Anda lakukan karena emas dapat Anda investasikan berupa emas batangan atau emas perhiasan. Investasi emas selain dapat disesuaikan budget Anda, emas juga dapat Anda jual kembali ketika ada kebutuhan keuangan mendadak yang Anda perlukan.

Investasi ini juga memiliki resiko yang relatif tidak tinggi serta jangka waktu yang fleksibel tergantung Anda sendiri.

2. Reksa Dana

Reksa Dana via http://alexedmans.com

Advertisement

Reksa Dana juga merupakan salah satu investasi yang layak Anda pertimbangkan sebagai anak muda karena investasi reksadana sekarang telah tersedia dengan minimal pembelian yang relatif murah sehingga terjangkau.

Investasi reksadana juga memiliki jangka waktu yang tidak terlalu lama serta resiko yang relatif kecil sehingga menjadi salah satu alternatif investasi bagi kaum anak muda.

3. Deposito

Investasi Deposito via http://cdn-2.tstatic.net

Deposito yang ditawarkan berbagai perbankan saat ini dapat menjadi salah satu alternatif terbaik untuk investasi untuk kaum anak muda. Deposito yang ditawarkan biasanya mulai dari Rp. 1.000.000,- yang terjangkau oleh anak muda.

Deposito juga layak dipertimbangkan karena hasil yang diperoleh biasanya sekitar 7 – 8 % dari nilai investasi Anda dan tentunya angka tersebut jauh lebih tinggi dari bunga bank apabila Anda menabung di bank.

Jangka waktunya juga terdapat berbagai pilihan mulai dari 1 bulan, 3 bulan ataupun 1 tahun yang dapat Anda sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda.

4. Asuransi

Nah, asuransi mungkin yang paling sering Anda dengarkan baik dari teman, saudara atau kerabat Anda yang kerap menawarkan produk – produk asuransi dari berbagai penyedia asuransi. Namun Anda jangan berpikir negatif secara langsung terhadap asuransi karena asuransi sesungguhnya layak menjadi pertimbangan terutama dalam masalah proteksi kesehatan.

Mungkin Anda sekarang masih sehat walafiat namun bayangkan 1 tahun kemudian, Anda mengalami suatu penyakit dan membutuhkan biaya perawatan di rumah sakit yang cukup mahal. Nah, pada saat itu asuransi dapat menjadi salah satu bantuan finansial ketika Anda perlu membayar tagihan biaya rumah sakit tersebut tanpa harus mengorek kantong Anda dalam – dalam.

Investasi Asuransi di masa muda juga tergolong bermanfaat selain karena manfaat proteksinya, juga biaya preminya yang relatif masih murah jika dibandingkan dengan biaya premi di umur 40-an, 50-an, atau 60-an.

5. Properti

Investasi Properti via http://showmeinstitute.org

Jika Anda memiliki uang yang berlebih, maka tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan untuk investasi properti karena investasi ini akan menjadi investasi yang berguna bagi Anda untuk di masa mendatang karena jangka waktu investasi ini biasanya bersifat jangka panjang.