5 Jenis Teh Bunga dan Manfaatnya yang Perlu Diketahui Para Pecinta Teh

Macam-macam teh bunga dan manfaatnya

Kalau kamu termasuk pecinta teh, mungkin sudah mengetahui beberapa jenis teh yang terbuat dari daun. Namun, tahukah kamu kalau sebenarnya ada juga minuman teh yang terbuat dari bunga?

Bahkan, kalau kamu membuat the dari bunga, kamu nggak hanya bisa mendapatkan manfaat dari bunga tersebut, tapi tehnya juga bisa terlihat indah. Membuatnya di pagi ataupun sore hari, kemudian menghirup aromanya yang menenangkan, kamu pun tetap bisa menjadikan the bunga ini sebagai salah satu bahan kontenmu di media sosial.

Ingin tahu apa saja the bunga yang nggak hanya terlihat aesthetic tapi juga bermanfaat bagi tubuhmu? Nggak usah menunggu waktu lama, langsung simak ulasan yang kami siapkan di bawah ini, yuk! Selamat membaca!

1. Teh bunga krisan

Teh Bunga Krisan

Teh Bunga Krisan via https://www.instagram.com

Advertisement

The yang terbuat dari bunga krisan atau chrysanthemum ini cukup populer di kalangan masyarakat Tionghoa. The ini diyakini sudah banyak digunakan sejak ribuan tahun yang lalu pada Dinasti Song di Tiongkok.

Tak hanya terlihat indah ketika diseduh, tapi the ini juga memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaatnya adalah dapat membantu melindungi jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan penglihatan, menenangkan saraf, mengurangi peradangan, memperkuat tulang, dan mengobati masalah pernapasan.

2. Teh rosella

Teh Rosella

Teh Rosella via https://www.instagram.com

Bunga rosella merupakan bunga yang memiliki nama latin Hibiscus sandariffa dan berasal dari benua Afrika. Bunga ini terkadang dikenal juga dengan nama asam paya di Indonesia. Di dalam bunganya yang kecil dan berwarna mencolok ini, terdapat kandungan gizi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin C, vitamin B3, vitamin B9, zat besi, kalsium, seng, natrium, fosfor, magnesium, dan kalium.

Advertisement

Dengan kandungan gizinya yang banyak, bunga rosella memiliki banyak manfaat bagi kesehatanmu. Beberapa di antaranya adalah mengatasi infeksi dan peradangan, mengurangi rasa cemas dan depresi, mencegah tumor dan kanker, menjaga kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan organ hati, menurunkan kadar lipid darah, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan berat badan.

3. Teh bunga chamomile

Teh Bunga Chamomile

Teh Bunga Chamomile via https://www.posbagus.com

Sejak dahulu kala, bunga chamomile sudah dijadikan sebagai bahan obat herbal. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika olahan dari bunga chamomile sering digunakan untuk mengatasi masalah-maslaah kesehatan. Sejumlah kandungan gizi yang terdapat di dalamnya adalah alpha pinene, beta pinene, camphene, caryophyllene, sabinene, myrcene, gamma-terpinene, pinocarvone, farsenol, cineole, propyl angelate, butyl, alpha bisabolol, bisabolol oxide-A & B, dan bisabolene oxide-A.

Beberapa di antara manfaatnya adalah mengatasi depresi, meredakan reaksi alergi, mencegah insomnia, menjaga kesehatan kulit, mengurangi nyeri haid, mengatasi diabetes, menurunkan gula darah, memperlambat osteoporosis, mengurangi peradangan, mencegah kanker, membuat tidur lebih cepat, mengobati gejala pilek, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah arthritis.

Advertisement

4. Teh bunga sakura

Teh Bunga Sakura

Teh Bunga Sakura via https://www.instagram.com

Bunga sakura adalah lambang kecantikan di negeri asalnya, Jepang. Bunga yang memiliki nama latin Prunus yedoensis ini dikenal memiliki kandungan antioksidan dan asal lemak tinggi sehingga dapat berguna untuk merawat kulitmu.

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengonsumsi the bunga sakura ini adalah melindungi kulit dari radikal bebas, menjaga kelembutan dan kekenyalan kulit, mencerahkan wajah, melembapkan kulit, mengecilkan pori-pori kulit, mengatasi peradangan pada kulit, dan mengatasi sun burn.

5. Teh bunga mawar

Teh Bunga Mawar

Teh Bunga Mawar via https://www.kepogaul.com

Bunga mawar dikenal sebagai bunga indah yang dapat digunakan untuk mempercantik ruangan. Namun, tahukah kamu kalau ternyata bunga ini juga bisa diseduh sebagai the yang manis dan menghangatkan. Apalagi, kandungan antioksidan, asam nitrat, vitamin E, vitamin D, vitamin C, vitamin B3, kafein, dan polifenol dalam the bunga mawar ini juga memiliki manfaat bagi tubuhmu.

Beberapa manfaat meminum the bunga mawar adalah bisa membantu mencegah kanker, menenangkan pikiran, menurunkan berat badan, mengatasi serta mengurangi resiko penyakit jantung, mengatasi inflamasi, mengatasi nafsu makan berlebih, melancarkan pencernaan, membuang racun, dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Yuk, share pengalaman!

CLOSE