Nasib jomblo itu emang paling baper dan ngenes. Bayangin saja, di setiap acara, kongkow bareng sahabat, bertemu kolega, atau sedang berlangsung acara keluarga, si jomblo selalu jadi pusat perhatian.

“Udah punya calon belum? Dibawa ke sini dong!”

“Calonmu orang mana?”

“Ya ampun, belum punya juga! Mau dikenalin nggak?”

“Udah kerja, udah mapan, kapan nih undangannya?”

Ini sih pertanyaan standar dan biasanya berawal dari orang-orang yang hanya sekedar basa-basi dan kepo. Walaupun, masih ada sederet pertanyaan lain untuk para jomblo yang sifatnya privacy tapi sering diumbar di muka umum. Kayak gini nih,

“Kurusin dikit badannya, biar banyak yang naksir.”

“Kulit hitam legam gitu, mana ada yang ngelirik.”

Biasanya, komentar pedas begini, sering dilemparkan oleh keluarga atau sahabat terdekat. Dan rasanya, Mmmm… bikin cuping telinga sedikit kebakaran. Sayangnya, mau ngeles nggak bisa, ingin membela diri pun serba salah.

Memang repot jadi jomblo, dari zaman purbakala sampai zaman now, sanak saudara, teman, keluarga, selalu nanyain statusmu. Padahal, kamunya tenang-tenang aja walaupun masih single. Nah, biar kamu nggak baper-baper amat, coba deh 5 jurus jitu ini.

1. Senyum

Iya, senyumin aja, jika ada yang berkomentar seperti ini. Senyum, kibas rambut, dan berseloroh. “Kamu pasti ketinggalan kabar gembira ya. Ditunggu aja deh, kabar selanjutnya!” Atau langsung saja tembak si penanya yang kepo itu, dengan permintaan atau solusi yang sekiranya bisa dia berikan, “Boleh dong dikenalin ke temen, saudara, atau kenalan Tante!”

2. Tepuk Pundak

Ini penting nih, pendekatan fisik, seperti sentuhan dan gesture kita. Nah, jika suatu saat ada pertanyaan tentang jodoh yang membuatmu baper, langsung saja dekati dan beri sentuhan, pasti akan membuat si penanya merasa segan. Sentuhan seperti apa? Bisa dengan berjabat tangan, tepuk pundak, rangkul, atau cipika cipiki. Pasti suasana menjadi lebih cair, topik berganti, dan nggak ada lagi yang baper.

3. Jawab dengan doa

Advertisement

Jurus satu ini cukup ampuh, terutama untuk membungkam mulut-mulut yang keceplosannya suka luar biasa. Ketika ditanya tentang jodoh, jawab saja. “Terima kasih sudah mengingatkan. Doanya ya!” Jawab dengan kata positif dan doa. Pasti sikap dan ucapan selanjutnya akan berbeda.

4. Cuek

Sikap cuek kadang bisa jadi solusi. Ketika tiba-tiba secara beruntun ada pertanyaan tentang jodoh. Pura-pura saja tidak dengar atau sedang menerima telepon. Memang sih, jadinya sedikit kurang sopan. Jadi, kalau mau bersikap cuek, lihat-lihat dulu siapa penanyanya dan di mana dia bertanya. Kalau yang bertanya teman dekat sih nggak masalah. Anggap saja kentut! Bau dan bikin orang menghindar.

5. Raut muka sedih

Nah ini jurus andalan, tanggapin aja pertanyaan mereka. Pasang muka sedih atau baper, bisa menjadi salah satu respon terbaik. Asalkan, setelah semua berlalu, kamu nggak baper beneran dan obrolan-obrolan tentang jomblo dan jodoh tidak dimasukkan hati. Ingat, ekspresi kita hanya untuk menunjukkan bahwa kita merespon mereka. Jadi, hadapi, terima, tapi jangan masukkan ke dalam hati. Biarkan saja kata-kata itu masuk dari telinga kanan dan keluar lewat telinga kiri.

Advertisement

Gimana? 5 jurus ini cukup ampuh kan untukmu? Jangan baper lagi ya. Baper kelamaan itu sangat tidak baik untuk penampilan para jomblo. Bisa-bisa makin jauh deh si jodoh darimu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya