Manusia adalah makhluk hidup yang diciptakan oleh Tuhan dengan bentuk yang paling sempurna. Perempuan adalah makhluk terindah yang menjadi salah satu perhiasan di muka bumi ini. Demi memperoleh kecantikan yang hakiki, banyak perempuan yang rela melakukan apa saja. Contohnya seperti melakukan operasi plastik, menjalani perawatan, dan membeli berbagai kosmetik.

Beberapa dari mereka melewati proses yang sulit, lama atau bahkan menyakitkan. Meskipun begitu, terkadang hasil yang mereka dapatkan tidak sesuai dengan yang diinginkan. Padahal masih ada cara lain yang lebih mudah untuk dilakukan.

Berikut ini adalah 5 tips yang bisa kamu lakukan agar selalu terlihat cantik luar dalam.

1. Positive Thinking

Kecantikan perempuan yang sebenarnya bukan berasal dari parasnya, tetapi dari hati dan jiwanya. Ketika perempuan berpikir positif maka dia akan menyebarkan aura positif pula pada orang-orang di sekitarnya.

Ciri-ciri perempuan yang selalu berpikir positif yaitu selalu berprasangka baik, optimis, tersenyum, dan bersyukur. Karakteristik inilah yang secara otomatis terpancar pada wajah perempuan yang berpikir positif.

2. Consume Healthy Food

Advertisement


You are what you eat


Istilah ini memang benar adanya. Makanan yang masuk ke dalam tubuh adalah representatif dari diri kita. Setiap jenis makanan yang kita konsumsi berdampak ke seluruh bagian tubuh salah satunya adalah kulit.

Agar kulit tetap segar, makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral seperti sayur dan buah. Selain itu, usahakan agar menghindari makanan siap saji, makanan berkadar garam tinggi, dan mengandung banyak minyak.

3. Keep Yourself Clean

Advertisement


Kebersihan adalah sebagian dari iman


Kebiasaan seorang perempuan dalam menjaga kebersihan juga mempengaruhi kecantikannya. Perempuan yang selalu menjaga kebersihan tentu lebih enak untuk dipandang. Cara mengetahui perempuan jorok atau tidak dapat dilihat dari kondisi tempat tinggalnya apakah berantakan atau rapi, aroma badannya apakah berbau atau wangi, perlengakapan yang selalu digunakan apakah kotor atau bersih.

Menjaga kebersihan tubuh dapat dilakukan dengan mandi dan mencuci rambut secara teratur, membersihkan telinga dan memotong kuku secara rutin. Sebagai perempuan, aroma badan juga penting untuk diperhatikan. Kalian tidak perlu menyemprotkan satu botol parfume ke seluruh badan, tapi cukup mencuci bersih pakaian dan mengganti baju ketika berkeringat, setelah keluar rumah, atau saat terkena kotoran.

4. Workout

Manfaat olahraga bagi tubuh sangat banyak. Olahraga dapat membuat badan lebih segar, bugar dan ramping. Selain itu, keringat yang keluar saat berolahraga dapat mengusir racun-racun berbahaya dalam tubuh.

Cara sederhana yang bisa dilakukan yaitu melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari dan ditambah dengan olahraga moderate setiap seminggu sekali. Beberapa jenis olahraga moderate yang bisa dijadikan pilihan adalah berenang, jogging, bersepeda, senam, dan lain sebagainya.

5. Woreship More Often

Dalam Islam, banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan beribadah. Contohnya adalah dengan berpuasa, menjaga wudhu, berdzikir, dan mengerjakan solat malam. Berpuasa mampu menjaga bentuk tubuh tetap ideal. Berwudhu membuat wajah kita selalu terlihat segar dan bersih.

Berdzikir membuat hati kita tenang agar senatiasa berperilaku baik. Sedangkan solat malam membuat aura kecantikan lebih kuat, seperti hadist dari HR. Ibnu Majah yang berbunyi “Barang siapa banyak mengerjakan shalat di malam hari, wajahnya akan berseri di pagi hari” .

Ternyata bentuk ibadah sunnah tidak hanya menambah pahala kita, tetapi juga bisa meningkatkan kecantikan para kaum hawa.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya