Setelah euforia wisuda, beban terberat tentunya adalah mencari kerja. Setelah empat tahun kuliah, tentu memiliki keinginan untuk bekerja di perusahaan besar atau pun instansi terkemuka. Namun, untuk mendapatkan itu semua tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Beruntunglah jika sebelum wisuda kalian sudah mendapatkan pekerjaan yang mapan, namun bagi yang belum jangan patah arah. Masih banyak jalan menuju kesuksesan. Poin pentingnya adalah jangan cepat menyerah dan terus bergerak ke arah yang positif. 

1. Magang

Sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja, kalian bisa nih coba magang dulu. Setidaknya kalian tahu suasana kerja itu seperti apa. Kalian juga bisa belajar dengan para senior, yang terpenting adalah kalian punya pengalaman kerja. Magang juga bisa memberimu kesempatan untuk bekerja di perusahan tersebut apabila kinerja kamu dianggap baik.

2. Part Time

Part Timer Job Network

Part Timer Job Network via https://www.google.co.id

Hitung-hitung mengurangi permintaan uang bulanan setelah wisuda, kalian bisa nih coba kerja part time. Sebenernya, jadi part-timer bisa kok dilakuin sejak kuliah, kan bisa buat nambah uang jajan juga guys. Tapi, yang perlu diperhatikan pilih waktu yang sesuai jangan sampai kuliah jadi terganggu akibat kesenengan kerja. Kan tugas utama dari orang tua adalah menuntut ilmu, selebihnya itu kegiatan tambahan.

3. Menulis Lepas

Advertisement

Nah, jadi penulis lepas juga asik loh. Salah satunya kalian bisa nulis di hipwee.com Bagi yang tertarik dibidang literasi cocok banget nih buat membunuh kejenuhan menanti panggilan kerja. Dengan menulis, kita bisa berbagi sesuatu yang positif dengan orang lain. Kita juga bakal ngerasa puas banget kalau tulisan kalian dibaca banyak orang dan menginspirasi.

4. Mulai Usaha

Medcom.id/Rizal

Medcom.id/Rizal via http://ekonomi.metrotvnews.com

Nggak harus kok jadi pekerja kantoran setelah lulus, kalian bisa memulai usaha sendiri. Dari kecil-kecilan dulu asal ditekuni dengan baik nantinya akan berkembang kan? Lagian, jadi pengusaha itu nggak harus pergi pagi pulang malem atau sore. Kita bisa menentukan jam kerja kita sendiri.

5. Bantu Orang Tua di Rumah

Keluarga Samawa

Keluarga Samawa via https://www.keluargasamawa.com

Nah ini adalah kegiatan yang paling mulia, nih. Membantu orang tua, dalam segi apapun guys. Bisa aja kalian bantu ngelanjutin usaha orang tua, atau sekedar bantu-bantu kegiatan di rumah. Mumpung belum berumah tangga nih, jadi cari surga sama orang tua dulu guys.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya