5 Kegiatan untuk Mengisi Masa Nganggur, Bukan Hanya Rebahan

Selain mencari lowongan dan menunggu panggilan kerja, kamu biasanya kebingungan mengisi waktu nganggur dengan apa. Karena jika berselancar di media sosial atau rebahan sepanjang hari malah bosan dan membuat suasana hati jelek. Padahal banyak hal – hal bermanfaat yang bisa kamu kerjakan.

Setidaknya ada 5 kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu nganggur. Selain bisa untuk meningkatkan isi CV, ada juga yang bisa menghasilkan uang lho!

Advertisement

1. Gabung program affiliate

photo by Artem Beliaikin via Unsplash.com

photo by Artem Beliaikin via Unsplash.com via https://unsplash.com

Sudah sering dong dengar orang-orang bilang, Eh, spill dong! Tapi ini bukan spill the tea ya, melainkan memberitahu tautan produk yang kamu gunakan. Banyak e-commerce yang menawarkan dan menyediakan program ini.

Biasanya kamu hanya diminta untuk membuat konten yang menarik tentang suatu barang entah itu di Instagram, TikTok, YouTube juga Twitter. Kemudian, kamu memberi sedikit ulasan sambil menyebar tautan. Bila terjadi transaksi pembelian dari tautan tersebut, maka kamu akan mendapatkan komisi.

Advertisement

2. Berjualan

photo by Tim Mossholder via Unsplash.com

photo by Tim Mossholder via Unsplash.com via https://unsplash.com

Aktivitas kedua untuk mengisi waktu nganggur adalah jualan. Zaman sekarang nggak perlu repot kok, sudah tersedia sistem reseller juga dropship. Kamu hanya perlu melakukan promosi di media sosial atau dari mulut ke mulut. Kalau kamu jago masak, bisa juga berjualan makanan. 

Berjualan bisa melatih soft skill kamu lho, keahlian marketing, berkomunikasi dengan pelanggan, juga sikap pantang menyerah.

3. Daftar kursus atau webinar

Advertisement
photo by Campaign Creators via Unsplash.com

photo by Campaign Creators via Unsplash.com via https://unsplash.com

Ketika menganggur, waktu luang tersisa begitu banyak. Daripada terbuang sia-sia, lebih baik daftar kursus atau webinar saja. Bisa menambah ilmu, jejaring pertemanan bahkan peluang kerja. Kursus atau webinar biasanya akan dilengkapi sertifikat, jadi bisa menambah bobot CV kamu nantinya.

Daftar kursusnya pun beragam, dari mulai digital marketing, pemrograman, atau bila ingin menulis, kamu bisa mengambil kelas copywriting atau content writing.

4. Ikut proyek freelance

Photo by Campaign Creators via Unsplash.com

Photo by Campaign Creators via Unsplash.com via https://unsplash.com

Sambil menunggu dapat pekerjaan penuh waktu, kamu bisa ikut kerja freelance. Apalagi jika mempunyai keahlian menulis, desain atau pemrograman. Ada beberapa website atau aplikasi yang menawarkan pekerjaan tersebut seperti Projects.id, Fastwork, Upwork dan masih banyak lagi. Selain bisa untuk mempercantik portofolio dan mengasah kemampuan, bisa nambah pemasukan juga, kan?

5. Membantu orang tua

photo by Jason Briscoe via Unsplash.com

photo by Jason Briscoe via Unsplash.com via https://unsplash.com

Kegiatan yang terakhir ini mungkin tidak akan membuat CV lebih bagus. Tapi dengan membantu orang tua, kamu bisa sedikit meringankan beban mereka. Belum bisa berbagi secara finansial, masih bisa menyumbang dengan pikiran dan tenaga. Restu orang tua juga penting untuk melancarkan rezeki.

5 kegiatan yang bisa dilakukan saat menganggur tadi, yakinlah akan mengubah kamu menjadi sosok yang berbeda dari sebelumnya. Ilmu dan keahlian bertambah, CV dan portofolio makin hebat juga mendapat tambahan uang saku. Nah, jangan lupa dicoba ya SoHip! Dan tetap semangat para pejuang rupiah!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

penyuka buku, coklat, kamu, dan SEVENTEEN. 90 Line :)

CLOSE