5 Kegiatan yang Hanya Ada di Bulan Ramadan, Vibes-nya Bikin Rindu!

Ramadan menyimpan sejuta momen yang selalu bikin rindu~

Bulan Ramadan adalah bulan yang paling dinanti bagi seluruh umat muslim. Pasalnya, bulan Ramadan merupakan bulan suci yang mewajibkan umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Di bulan ini pula segala amal kebaikan akan berlipat ganda pahalanya. Namun, di balik itu semua ternyata banyak momen-momen kegiatan yang menjadi ikonik dari bulan Ramadan. Kegiatan ini pun selalu menjadi momen setahun sekali yang vibes-nya selalu bikin rindu. Apa aja sih kegiatannya? Berikut ulasannya!

Advertisement

1. Sahur

Photo by KASKUS

Photo by KASKUS via https://amp.kaskus.co.id

Sebelum menjalankan ibadah puasa, biasanya kita harus bangun saat pagi dini hari untuk melaksanakan sahur. Hal ini dilakukan agar kita lebih kuat dan berenergi ketika menjalankan ibadah puasa seharian. Selain itu, waktu sahur juga digunakan sebagai ajang berkumpulnya keluarga. Tak jarang juga momen sahur diramaikan oleh aksi warga yang berkeliling membawa sound system, kentongan, ataupun siaran menggunakan toa untuk membangunkan orang-orang untuk melaksanakan sahur sebelum waktu imsak tiba.

2. Ngabuburit

Photo by okezone.com

Photo by okezone.com via https://www.okezone.com

Ngabuburit merupakan kegiatan favorit yang dilakukan saat bulan Ramadan. Biasanya, di bulan Ramadan banyak penjual makanan takjil berjejeran di pinggir jalan. Menjelang waktu berbuka puasa merupakan waktu yang tepat untuk ngabuburit mencari santapan untuk berbuka. Momen inilah yang selalu memiliki kesan tersendiri dan bikin rindu dengan bulan Ramadan.

Advertisement

3. Berbagi takjil

Photo by sindonews.com

Photo by sindonews.com via https://kalam.sindonews.com

Di bulan Ramadan orang-orang banyak yang berlomba untuk berbuat kebaikan. Salah satunya adalah dengan berbagi takjil di jalanan. Tentunya momen ini adalah momen yang sangat berkesan dan membuktikan bahwa kita masih peduli satu sama lain.

4. Bukber

Photo by KASKUS

Photo by KASKUS via https://amp.kaskus.co.id

Bukber merupakan singkatan dari buka bersama. Kegiatan ini biasa dilakukan untuk berbuka puasa sekaligus menjalin silaturahmi dengan keluarga, sanak saudara, maupun teman-teman yang sudah lama tidak berjumpa. Walaupun kegiatan ini sering berujung hanya wacana, nyatanya bukber menjadi ciri khas dari bulan Ramadan.

5. Mudik

Advertisement
Photo by Himawan L Nugraha

Photo by Himawan L Nugraha via https://m.bisnis.com

Bagi orang-orang yang sedang dalam perantauan, mudik adalah kegiatan yang paling dinantikan. Dengan mudik kita bisa bertemu kembali dengan keluarga di kampung halaman yang telah lama kita tinggalkan. Mudik biasanya dilakukan beberapa hari sebelum hari raya idul fitri. Faktanya orang Indonesia memang banyak yang merantau ke luar kota. Sehingga saat musim mudik tiba, jalanan dan tempat umum seperti, stasiun, terminal, bandara, dan pelabuhan pun ikut padat oleh pemudik. Meskipun begitu, mudik menjadi salah satu kegiatan yang paling dirindukan saat Ramadan.

Itu dia kelima kegiatan yang hanya bisa ditemui di bulan Ramadan. Kegiatan-kegiatan tersebut sering kali membuat kita rindu akan suasana bulan Ramadan. Momen tersebut selalu memiliki tempat tersendiri di memori otak dan hati kita. Adakah di antara kegiatan di atas yang paling kamu rindukan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Success and failure are both part of life. Both are not permanent :)

CLOSE