5 Keuntungan Menjadi Pekerja Sosial yang Bikin Kamu Cemburu

Menjadi pekerja sosial bukanlah impian kebanyakan orang.

Menjadi pekerja sosial bukanlah impian kebanyakan orang. Pekerjaan seperti dokter, pengacara, akuntan, dan sebagainya masih dianggap sebagai profesi yang menjanjikan ketimbang menjadi pekerja sosial. Padahal, dengan menjadi pekerja sosial, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan lho.

Pekerja sosial bisa kamu temukan pada perusahaan-perusahaan yang bergerak di non profit seperti Wahana Visi Indonesia (WVI), atau pada perusahaan profit yang memiliki departemen CSR (Corporate Social Responsibility).

Berprofesi sebagai pekerja sosial tidak melulu identik dengan kondisi yang memprihatinkan, karena para pekerja sosial juga mendapatkan bayaran atas pekerjaan mereka. Namun, tidak sedikit juga pekerja sosial yang melakukan pekerjaan secara sukarela tanpa meminta bayaran. Selain itu, banyak hal lainnya yang menguntungkan jika kamu menjadi seorang pekerja sosial. Kira-kira apa saja keuntungan tersebut?

1. Bertemu masyarakat daerah

seorang pekerja sosial di Asmat, Papua

seorang pekerja sosial di Asmat, Papua via https://wahanavisi.org

Advertisement

Turun langsung melayani masyarakat adalah salah satu pekerjaan yang harus dilakukan oleh para pekerja sosial. Mereka memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bisa berbincang dengan masyarakat ketimbang kamu yang bekerja dibalik meja. Dengan begitu, berbagai pengalaman menarik dan masalah masyarakat di suatu daerah akan lebih banyak mereka ketahui. Hitung-hitung menambah cerita untuk anak cucu, bukan?

2. Menambah wawasan saat mengunjungi wilayah yang tidak pernah terjamah

para relawan saat bertemu dan mengajar anak-anak

para relawan saat bertemu dan mengajar anak-anak via https://wahanavisi.org

Mengunjungi berbagai wilayah yang rentan akan permasalahan seperti kesehatan, kesulitan ekonomi adalah salah satu keuntungan menjadi pekerja sosial. Biasanya wilayah-wilayah tersebut berada di daerah yang terpencil. Dengan mengunjungi daerah seperti itu, para pekerja sosial memiliki wawasan yang lebih luas tentang daerah-daerah terpencil.

3. Menjadi pribadi yang lebih peka

seorang teman pekerja sosial akan lebih nyaman diajak bercerita

seorang teman pekerja sosial akan lebih nyaman diajak bercerita via http://ldsmediatalk.com

Hal lain yang menjadi keuntungan para pekerja sosial adalah, pikiran mereka terlatih untuk lebih peka akan keadaan sekitarnya. Dengan begitu, pekerja sosial akan lebih mudah mengerti akan masalah yang kamu miliki. Setuju?

Advertisement

4. Waktu lebih fleksibel

pekerja sosial memiliki waktu yang banyak namun juga harus mengorbankan banyak waktu

pekerja sosial memiliki waktu yang banyak namun juga harus mengorbankan banyak waktu via https://wahanavisi.org

Tahukah kamu jika kebanyakan para pekerja sosial memiliki waktu yang lebih fleksibel. Mengingat banyaknya realita di masyarakat yang harus mereka bantu, maka waktu kerja mereka pun tidak mengenal patokan. Terkadang mereka bisa bekerja sejak dini hari, bahkan hingga larut malam. Selama itu demi kebaikan bangsa dan masyarakat, semua masih bisa dilakukan.

5. Lebih mudah bersyukur

Lebih mudah bersyukur akan keadaan akan membuat hati selalu ceria dan berbahagia

Lebih mudah bersyukur akan keadaan akan membuat hati selalu ceria dan berbahagia via https://wahanavisi.org

Mengetahui berbagai masalah yang terjadi di masyarakat, membuat para pekerja sosial semakin mudah untuk bersyukur. Terkadang mereka menemukan permasalahan yang jauh lebih berat dibandingkan permasalahan hidup mereka sendiri.

Itulah lima keuntungan menjadi pekerja sosial yang bisa didapatkan jika kamu ingin menjadi salah satu pekerja sosial. Meski terlihat mudah, nyatanya pekerjaan mereka tergolong berat. Belum lagi, banyak harga yang harus dibayar untuk melihat perubahan di masyarakat yang mereka layani. Bagaimana menurut kamu?

www.wahanavisi.org

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Wahana Visi Indonesia adalah yayasan kemanusiaan Kristen yang bekerja untuk membuat perubahan yang berkesinambungan pada kehidupan anak, keluarga, dan masyarakat yang hidup dalam kemiskinan. WVI mendedikasikan diri untuk bekerjasama dengan masyarakat yang paling rentan tanpa membedakan agama, ras, etnis, dan jenis kelamin.

CLOSE