5 Nilai Plus Punya Lingkaran Pertemanan dari Berbagai Negara. Bikin Kita Belajar Open Minded~

kelebihan pertemanan berbagai negara

Membangun sebuah pertemanan dan dengan orang lain merupakan hal yang tidak mudah bagi sebagian orang. Sebagai anak perantauan yang berpindah domisili dari Jakarta, Indonesia ke Dar es Salaam, Tanzania, karena pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Tahun pertama dan kedua merupakan tahun yang cukup sulit bagi saya untuk melakukan penyesuaian dalam banyak hal seperti pertemanan, makanan, kebiasaan dll. 

Namun, seiring berjalannya waktu hal tersebut dapat diatasi. Ketika berada di Jakarta saya adalah seorang pribadi yang pemalu. Tidak berani untuk memulai interaksi. Saya merasa lebih nyaman melakukan sesuatu sendiri. Sebelum pindah ke Dar es Salaam, Tanzania, saya sering memikirkan tentang bagaimana saya dapat bertahan dan bersosialisasi di negara baru. Hal tersebut menjadi momok yang menyeramkan bagi saya. 

Keinginan untuk keluar dari zona nyaman dan bertahan di kenyamanan berkecambuk dalam benak saya. Pada akhirnya, saya memutuskan untuk memberanikan diri keluar dari zona nyaman. Sampai di Dar es  Salaam, sudah pasti dimulai dengan beban berat. Namun, tahun demi tahun terlewati dan saya merasa beban itu menjadi lebih ringan.

Kini, saya melihat diri saya adalah seorang yang mampu untuk bersosialisasi. Tidak hanya dengan teman-teman yang berasal dari Indonesia dan penduduk setempat, tetapi bersosialisasi dengan teman-teman ekspatriat yang kini menjadi sahabat. Setelah melalui proses berpikir dan merenung, ternyata saya menemukan banyak sekali pengalaman menarik dan manfaat dari mempunyai teman-teman dari berbagai negara. Berikut beberapa manfaat dari menjalin persahabatan dengan teman-teman Internasional.

Advertisement

1. Membangun kepercayaan dirimu

Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi via https://www.facebook.com

Berada di negara baru terasa semuanya asing bagi kita. Hal ini membuat kita tidak nyaman. Pertama kali sampai di Dar es Salaam. Saya merasa semuanya serba salah. Mau melakukan ini dan itu terlalu banyak pertimbangan, begitu pun dalam hal mencari teman. Beberapa waktu terlewati, akhirnya saya memberanikan diri untuk mencari teman dimana saja (catat itu! Hehe).

Saya memulainya dengan berteman dengan seorang ekspatriat asal Mesir. Namanya Ahmed, saya bertemu dengan dia di jalan secara random. Saya yang pertama kali memberanikan diri untuk berkenalan. Hingga akhirnya kami berteman sampai saat ini. 

Advertisement

Pengalaman tersebut, membuat saya menjadi semakin lebih percaya diri untuk bersosialisasi dengan orang baru. Melalui Ahmed saya mendapat banyak teman baru, dari Ukraina, India, Amerika dll. Membiasakan diri terpapar melalui interaksi sosial, dengan banyak orang dari bermacam-macam negara, melatih kita semakin percaya diri. Dulu sewaktu masih berdomisili di Jakarta, dengan ruang lingkup pertemanan yang itu-itu saja, membuat saya memiliki pandangan bahwa berteman dengan orang asing, dari negara lain itu adalah hal yang eksklusif dan sulit untuk dilakukan.

Hal yang saya rasakan memiliki teman dari berbagai negara, menumbuhkan rasa kepercayaan diri dalam interaksi sosial, berbicara di depan umum, mengemukakan pendapat dan lebih mudah dalam berkespresi.  

2. Mengembangkan kepekaan budaya sendiri

Advertisement
Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi via https://www.facebook.com

Berteman dengan teman-teman internasional membawa saya pada pikiran terbuka serta pemahaman antar budaya. Menjalin persahabatan internasional juga menumbuhkan rasa untuk saling menghargai dan toleransi. Karena adanya perbedaan latar belakang, budaya dan kebiasaan membuat saya menjadi mengerti pentingnya hidup bersama dalam harmoni. 

Kegiatan yang paling seru dilakukan pada saat bertemu dengan teman-teman Internasional adalah diskusi. Berdiskusi tentang isu politik, ekonomi, kebudayaan, pendidikan serta isu-isu terkini di negara masing-masing. Hal ini membukakan mata saya, bahwa dunia itu sangat luas yang diisi dengan para manusia yang amat sangat unik dan berbeda pemikirannya.

Oleh karena itu, menjadikan kita mau belajar untuk mengerti dan memahami kebudayaan, kebiasaan serta nilai hidup orang lain. Berteman dari berbagai belahan dunia juga memperluas rasa empati kita di luar komunitas dan negara kita sendiri.

3. Mempunyai jaringan yang lebih luas

Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi via https://www.facebook.com

Ketika memulai berteman dengan orang-orang dari negara lain dan budaya yang berbeda, membuat kita menjadi lebih mudah untuk terus membangun hubungan, dengan orang-orang dari berbagai latar belakang yang berbeda. Hal ini juga mengasah keterampilan kita, dalam membuka dan membangun jaringan dengan orang-orang yang berasal dari belahan dunia lainnya. Selain itu, kita juga bisa memiliki akses ke komunitas yang jauh lebih beragam.

Pada umumnya, teman-teman internasional memiliki lingkaran pertemanan yang luas. Berteman dengan satu teman internasional membawa kita pada rantai pertemanan lainnya.

4. Membuka kesempatan untuk dapat berkunjung ke tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya

Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi via https://www.facebook.com

Berteman dengan seorang dari Canada dan Rusia yang saya kenal secara online sejak tahun 2015, membawa saya pada pengalaman berkunjung ke negara yang belum pernah saya datangi sebelumnya. Pada tahun 2018 dan 2019 akhirnya saya berksempatan untuk mengunjungi Kanada dan Rusia.

Berkunjung dan bertemu dengan mereka secara langsung merupakan hal yang tidak akan pernah terlupakan. Semua hal itu terwujud berawal dari mimpi ditahun 2015, kemudian saya mencoba untuk mengatur strategi dan mencoba untuk mewujudkannya.

Mulai dari belajar mengatur keuangan, hingga membiasakan diri untuk hidup hemat, melancarkan usaha saya untuk berkunjung ke kedua negara tersebut. Secara tidak langsung, memiliki teman internasional membangun motivasi dan membuat saya berusaha lebih keras untuk bisa traveling.

Selain itu, dengan memiliki teman internasional juga membuka pintu bagi kita, untuk menjadi referensi pada saat kita ingin berkunjung kenegara mereka. Pengalaman traveling kita pun menjadi semakin seru, informatif, asik dan hemat karena dipandu oleh teman internasional yang merupakan teman kita sendiri.

5. Belajar dan bertukar bahasa asing

Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi via https://www.facebook.com

Salah satu manfaat paling real memiliki teman internasional adalah kesempatan untuk saling belajar dan  bertukar bahasa masing-masing. Mempunyai teman yang berasal dari English speaking country meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris saya. Oleh karena memiliki beberapa teman internasional, saya mulai belajar banyak kosa kata baru dari mereka, serta ungkapan-ungkapan yang belum pernah saya dengar sebelumnya.

Berkomunikasi dengan teman-teman internasional juga menjadi ajang praktek nyata dalam menggunakan bahasa yang kita pelajari secara teori. Teman internasional yang kita miliki seakan menjadi guru bahasa pribadi bagi kita, karena pada waktu berkomunikasi mereka bisa mengingatkan kita secara spontan apabila kita salah dalam melafalkan kata atau menggunakan tata bahasa yang kurang tepat. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Indonesian living in Tanzania

Editor

une femme libre

CLOSE