Britania Raya—atau yang lebih dikenal dengan istilah bahasa Inggris United Kingdom (UK)— merupakan salah satu destinasi favorit bagi para turis yang ingin menjejakkan kaki di Eropa. Negara kesatuan yang letaknya berada di Eropa bagian barat ini merupakan salah satu negara maju dengan ekonomi terbesar keenam di dunia.

Britania Raya sendiri sebenarnya terdiri atas empat negara yaitu Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Inggris adalah negara terbesar di UK dan paling populer di kalangan wisatawan. Berikut adalah beberapa kota yang wajib dikunjungi para turis yang mempunyai waktu cukup singkat untuk mengelilingi kota-kota di UK.

1. London

London adalah ibu kota Inggris dan Britania Raya sekaligus wilayah metropolitan terbesar di Britania Raya. Sistem transportasi di London cukup lengkap, ada bus, tube (kereta listrik), national rail, tram, dan riverboat. Untuk bisa menggunakan sistem transportasi tersebut, sangat disarankan untuk membeli Oyster Card. Selain lebih praktis, dengan menggunakan kartu ini biaya yang dikenakan jauh lebih murah daripada membeli tiket single.

Advertisement

Salah satu destinasi favorit di London adalah Big Ben, sebuah menara jam yang terletak di Istana Westminster. Kalau berkunjung ke sini, kalian wajib foto sebagai bukti bahwa kalian pernah ke London. Big Ben sangat dekat dengan London Eye (atau sering disebut juga Millenium Wheel). London Eye adalah roda pengamatan yang terbesar di dunia setinggi 135 meter. Kemudian ada Kensington Palace, tempat tinggal para bangsawan yang kini juga menjadi museum terbuka untuk publik. Kalau tertarik dengan kehidupan Lady Diana, kalian bisa ke tempat ini.

Bagi kalian penggemar teater atau konser pasti pernah mendengar tentang Royal Albert Hall. Gedung ini letaknya tidak jauh dari Kensington Palace. Selain Kensington Palace, ada satu lagi istana yang tidak kalah menarik, yaitu Buckingham Palace. Istana ini adalah kediaman resmi ratu Inggris yang digunakan untuk acara-acara kenegaraan, tempat menyambut tamu negara, dan juga tempat kunjungan pariwisata.

2. Edinburgh

Edinburgh adalah kota terbesar kedua di Skotlandia. Setiap sudut Edinburgh menyuguhkan pemandangan cantik dan arsitektur antik. Momen yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke kota ini adalah melihat sunrise dari atas bukit yang dinamakan Arthur’s Seat. Destinasi lainnya yang tidak jauh dari pusat kota adalah Edinburgh Castle.

Advertisement

Kastel ini adalah benteng bersejarah yang mendominasi langit kota Edinburgh. Kalian bisa mencari suvenir untuk oleh-oleh di tempat ini. Ada taman yang menghadap ke Edinburgh Castle yang bernama Princess Street Garden. Di tengah-tengah taman ini terdapat The Scott Monument yang dibangun dan didedikasikan untuk penulis Skotlandia, Sir William Scott. Jangan lupa untuk menyempatkan diri mengelilingi Royal Mile, sebuah jalan di Old Town Edinburgh yang selalu dipenuhi turis tiap harinya, serta berbelanja di Lawn Market.

3. Glasgow

University of Glasgow

University of Glasgow via https://www.criptonoticias.com

Glasgow adalah kota terbesar di Skotlandia yang terletak di Sungai Clyde—dataran rendah Skotlandia. Selain itu, Glasgow merupakan salah satu kota industri terbesar di Skotlandia. Di sini banyak pabrik-pabrik dengan cerobong asap yang tinggi. Salah satu destinasi menarik di kota ini adalah University of Glasgow. Selain karena arsitektur bangunannya yang sangat tua dan antik, tempat ini menjadi salah satu lokasi syuting film Harry Potter. Di dekat University of Glasgow ada museum yang cukup terkenal, yaitu Kelvingrove Art and Gallery Museum.

4. Manchester

Kota yang merupakan kawasan perkotaan terbesar ketiga di Britania Raya ini juga dikenal sebagai kota olahraga. Ada dua klub sepak bola yang menyandang nama Manchester, yaitu Manchester United dan Manchester City. Keduanya sama-sama pernah menjuarai Liga Utama Inggris atau sering dikenal dengan sebutan Premier League.

Tidak heran jika banyak yang ingin berkunjung ke kandang Manchester United—Old Trafford—yang merupakan stadion terbesar di Britania Raya, dengan kapasitas mencapai 76.000 penonton. Manchester City sendiri memiliki stadion sendiri yang dikenal dengan nama Etihad, walaupun kapasitasnya tidak sebesar Old Trafford.

5. Liverpool

Pusat kota Liverpool dipenuhi bangunan tua dan ruas jalan yang relatif sepi. Tak bisa dimungkiri Liverpool juga terkenal karena adanya dua klub sepak bola Premier League, yaitu Liverpool dan Everton. Kalian wajib berkunjung ke Stadium Anfield, kandang bagi klub Liverpool sejak tahun 1982. Selain kental dengan sepak bola, Liverpool juga merupakan kota yang memiliki nilai seni tinggi dan dinominasikan sebagai salah satu kota budaya di Eropa.

Beberapa grup musik, salah satunya The Beatles lahir di kota ini. The Beatles Museum berada di Albert Dock. Albert Dock merupakan sebuah dermaga yang paling terkenal di kawasan Liverpool. Jika memiliki waktu lebih, kalian dapat menyempatkan diri berkunjung ke sebuah galeri seni yang bernama Tate Gallery.

Jadi tunggu apa lagi, menabunglah dari sekarang, cari jadwal yang cocok, datangi travel fair terdekat, buat visa, dan persiapkan semua keperluan yang dibutuhkan. UK sudah tidak sabar menunggu kedatangan kalian!

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya