Rekomendasi 5 Kuliner Murah nan Lezat yang Bikin Makin Kangen sama Jogja. Catat Dulu ya!

kuliner murah lezat jogja

Kalian semua pasti tau Jogja kan? Terutama yang doyan traveling nih pasti pernah mengunjungi daerah tersebut. Yap, Jogja atau Yogyakarta merupakan suatu daerah yang terletak di Pulau Jawa, daerah tersebut menerapkan sistem pemerintahan kerajaan atau keraton sehingga disebut Daerah Istimewa Yogyakarta (D.I.Y).

Buat kalian yang udah pernah ke Jogja, pasti nggak mungkin dong kalo nggak nyoba kuliner di sana. Jogja ini merupakan kota pelajar sehingga terkenal dengan kuliner murahnya yang melimpah. Nah, buat yang belum pernah kesana dan ada rencana untuk liburan ke sana dengan budget minim, kali ini gua akan kasih tau ke kalian rekomendasi 5 kuliner murah yang ada di Jogja, dijamin bikin kangen!   

Advertisement

1. Soto Bathok Mbah Katro

Photo by @elli_hadyana on instagram

Photo by @elli_hadyana on instagram via https://www.instagram.com

Nah, yang pertama ada menu sarapan nih, yaitu Soto Bathok Mbah Katro. Kenapa bathok?, karena soto yang dijual dihidangkan dengan bathok atau tempurung kelapa. Soto ini murah banget lho karena satu porsinya cuma Rp.6.000 dan pake daging sapi!

Untuk melengkapi hidangan kalian, Soto Bathok Mbah Katro ini juga menjual gorengan tempe, sate usus, dan sate puyuh, harganya pun terjangkau. Untuk tempenya cuma Rp.500, sate ususnya Rp.1000, dan sate puyuhnya Rp.2000.

Advertisement

Buat kalian yang mau makan disana, gua saranin buat kesana pagi-pagi sekitar jam 07.00-09.00 karena tempatnya sangat asri dengan dekorasi yang jadoel dan dipadu dengan pemandangan sawah. Sangat cocok untuk kalian yang ingin menghirup udara segar sekaligus menghangatkan badan dengan seporsi soto hangat di pagi hari.

Soto Bathok Mbah Katro ini berada di sebelah utara Candi Sambisari, lebih tepatnya di Jl. Candi Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571. Bisa tuh habis sarapan di Soto Bathok Mbah Katro langsung cus main ke Candi Sambisari, hehe.      

2. Nasi Pecel Bu Ramelan

Advertisement
Photo by @kulineryogya on instagram

Photo by @kulineryogya on instagram via https://www.instagram.com

Yang kedua masih menu sarapan nih, yaitu Nasi Pecel Bu Ramlan. Harganya masih sama kaya soto tadi, cuma Rp.6000. Tapi ada juga paket nasi pecel plus telor, cuma nambah Rp.2000, telornya juga bisa milih, ada telor rebus sama telor dadar. Di sini juga jual gorengan yang buat nasi pecelmu makin nikmat, ada tempe goreng, tempe tepung, tahu, sama bakwan, dan harganya cuma Rp.500an.

Selain nasi pecel ada juga soto dengan harga yang sama. Kalo kalian mau nyoba sarapan disini, harus dateng pagi-pagi ya, soalnya tempatnya cukup sempit, tapi yang beli ramenya minta ampun. Kalo udah di atas jam 10.00, biasanya tempat ini udah penuh, jadi cuma bisa di bungkus dan di bawa pulang.

Nasi Pecel Bu Ramlan ini lokasinya dekat Amplaz (Ambarukmo Plaza), yaitu di Jl. Laksda Adisucipto No.6 A, Ambarukmo, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

3. Fried Chicken Cak Yunus

Photo by @gembulfoodie on twitter

Photo by @gembulfoodie on twitter via http://twitter.com

Sekarang ada menu makan siang nih, yaitu Fried Chicken Cak Yunus. Tempat ini terkenal dengan ayam tepungnya yang renyah dan disandingkan dengan sambal matang khas Cak Yunus. Harganya pun terjangkau, mulai dari Rp.8500-Rp.10.000, tempat ini juga menjual rawon dengan harga Rp.18.000 dan semua harga tadi udah plus nasi yaa.

Tempat makan ini buka selama 24 jam lho! Tapi kalo kalian mau makan disana plus pake nasi, kalian harus ke sana sekitar jam 10.00, soalnya kalo udah lewat jam makan siang nasinya udah abis, hehe. Fried Chicken Cak Yunus ini beralamat di Jl. Sultan Agung no.22, Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (belakang halte Trans Jogja Museum Biologi).  

4. Ayam Cha Do Jo

Photo by @gendut_kulineran on instagram

Photo by @gendut_kulineran on instagram via http://www.instagram.com

Selanjutnya ada Ayam Cha Do Jo. Seperti foto di atas, ayam cha ini merupakan menu sepiring ayam tepung berukuran jumbo dengan kuah asam pedas yang disandingkan dengan sayur wortel, brokoli, tahu, dan kerupuk. Untuk harga seporsi Ayam Cha Do Jo ini yaitu Rp.15.000 tanpa nasi. Buat kalian yang mau pake nasi, cukup nambah Rp.3000 aja.

Tapi gua saranin nggak usah pake nasi deh, soalnya porsi ayamnya gede banget, dijamin kenyang! Selain ayam cha, tempat ini juga menyediakan menu lain, seperti nasi goreng, magelangan, mi goreng, dan kwetiau dengan harga Rp.12.000, tenang porsinya juga banyak kok, hehe.

Ayam Cha Do Jo ini termasuk kuliner malam ya, karena tempat ini buka mulai dari jam 18.00-habis. Yap, seperti biasa kalian harus datang lebih awal jika tidak mau mengantri lama dan kehabisan tempat.

Untuk tempatnya sendiri agak tersembunyi dan remang-remang, tapi rame nya jangan ditanya deh. Ayam Cha Do Jo ini beralamat di belakang Amplaz (Ambarukmo Plaza), yaitu di Jl. Nologaten, Kecamatan Depok, Caturtunggal, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

5. Nasi Langgi Pak Man

Photo by @jogjabikinlaper on instagram

Photo by @jogjabikinlaper on instagram via https://www.instagram.com

Yang terakhir ada kuliner malam juga yaitu Nasi Langgi Pak Man. Nasi langgi merupakan makanan khas Solo yang sekilas kaya nasi rames biasa, tapi lauknya berbeda. Nasi Langgi Pak Man ini menyediakan banyak lauk yang pastinya semua dimasak dengan bumbu pedas, ada ayam, usus, soun, ikan teri, kering tempe, sayur pepaya, dan lain-lain.

Di sana, kalian bisa milih mau pake lauk apa aja, di jamin enak semua! Harganya juga murah, mulai dari Rp.7000 kalian udah bisa makan kenyang. Di sana juga tersedia gorengan dan sate jeroan untuk lauk tambahan atau hanya sebagai cemilan.

Tempat ini buka dari jam 18.00-22.00, biasanya kalo lagi rame-ramenya tuh di jam 19.00-21.00, ngantri dan penuh, pokoknya siapa cepat dia dapat, haha. Nasi Langgi Pak Man ini berada di Jl. Magelang no.214, Rogoyudan, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284 (seberang UFO elektronik).  

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

‚ÄĚ

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa biasa yang sedang berjuang untuk mengejar cita-cita.

Editor

une femme libre

CLOSE