Selain lagu, ritual perawatan dari Korea Selatan adalah item yang selalu bisa mencuri perhatian publik, khususnya para wanita. Bagaimana tidak, kulit mereka yang terlihat bersih, putih, mulus dan segar pasti akan membuat siapapun yang melihatnya merasa iri. Setelah booming-nya tren sparkling water, sekarang muncul lagi istilah glass skin. Apa sih itu?

Glass skin adalah kondisi di mana kulit terlihat bersih, segar, halus bak porselen dan bersinar. Baik itu dengan make up atau tidak. Beberapa orang secara mujur memang terlahir dengan kondisi kulit yang "menyenangkan", yaitu mulus, bersih dan tanpa noda, jadi mudah saja memiliki glass skin. Sementara yang lain harus berjuang keras untuk mendapatkannya.

Jika kulitmu memang tak semulus kulitnya Song Hye Kyo, tak masalah. Kamu akan masih tetap bisa mendapatkan glass skin secara cepat, kok. Caranya gimana? Mudah saja! Di bawah ini ada beberapa langkah mudah agar kamu bisa mendapatkan kulit yang licin bagai kaca ini.

1. Persiapkan Wajah Agar Jadi Bersih dan Lembap

Bersih dan Lembap

Bersih dan Lembap via https://www.soompi.com

Kesan yang utama yang terlihat dari glass skin adalah kulit yang bersih, jadi bagaimana mungkin kamu memulai ritual make up ini dengan kulit yang kotor? Agar glass skin-mu semakin terlihat optimal, bersihkan kulitmu dengan facial foam agar lebih maksimal, Pilih facial foam yang sesuai dengan jenis kulitmu. Facial foam yang terlalu harsh hanya akan membuat kulitmu pecah-pecah dan terlihat kering. Kalau kulitmu kering, tampilan glass skin akan semakin sulit terwujud dong.

Setelah dibersihkan, gunakan hydrating toner guna mengembalikan kelembapan serta meringkas pori-pori kulit. Toner juga mampu mengembalikan keseimbangan Ph kulit. Untuk menambah kelembabkannya, kamu bisa gunakan sheet mask. Ia mengandung lebih banyak pelembab dibandingkan dengan masker berbentuk gel. Kondisi lembap sangat diutamakan di sini. Karena selain akan menghasilkan kulit yang bercahaya, kosmetik akan lebih mudah dibaurkan di kulit yang lembab daripada yang kering.

2. Berilah Waktu Tiap Produk Untuk Meresap

Tunggu Hingga Meresap

Tunggu Hingga Meresap via https://www.koreaboo.com

Advertisement

Berilah waktu pada produkmu agar meresap di kulit. Tidak perlu lama-lama, sih, cukup minimal 5 menit saja. Dengan tambahan waktu tersebut, kinerja produk tersebut akan lebih maksimal. Apalagi bila tonermu mengandung vitamin C.

3. Pertahankan Kekenyalan Kulit

Kekenyalan Kulit

Kekenyalan Kulit via https://www.kabarnita.com

Hydrating toner dan sheet mask belum cukup untuk menghasilkan kulit yang dewy bagai porselen, jadi jangan lupa untuk menggunakan moisturizer juga. Karena, toner sendiri fungsinya untuk mendukung kinerja moisturizer agar maksimal, jadi tanpa menggunakan pelembap, kinerja toner akan sia-sia belaka.

Moisturizer adalah bahan utama untuk mendapatkan glass skin. Selain menjaga kelembapan, moisturizer juga berguna untuk menjaga elastisitas kulit dan mengurangi timbulnya garis-garis halus di wajah sangat menggunakan make up. Karena ia memiliki kemampuan mengunci kelembapan kulit dan membuatnya terlihat bersinar.

Advertisement

Pelembap sudah, sekarang giliran gunakan tabir surya. Walau acaramu nanti mengharuskanmu untuk tinggak di dalam ruangan, ada baiknya tetap menggunakan tabir surya. Produk ini semacam investasi untuk melindungi wajahmu dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV.

4. Gunakanlah Produk Minimal dengan Maksimal Blending

Maksimal Blending

Maksimal Blending via https://www.allkpop.com

Untuk menampilkan kesan wajah fresh, usahakan untuk menggunakan coverage seminimal mungkin. Hmmm… sebetulnya hal ini sangat membingungkan, ya. Karena memakai coverage minimal biasanya akan menghasilkan finishing yang sheer dan itu tidak akan mampu menutup noda atau bekas jerawat.

Jangan bingung. Itulah mengapa kamu disarankan untuk memilih cushion daripada liquid foundation. Cushion memberikan dapat menutup ketidaksempurnaan pada wajah, namun tetap memberikan tampilan yang alami dan segar berkilau layaknya artis-artis Korea. Cushion juga cocok banget buat kamu yang punya aktivitas mobile dan harus selalu tampil maksimal. Karena bentuknya yang portable bisa dengan mudah dan aman kamu bawa ke mana-mana.

Setelah cushion "duduk manis" di lapisan kulitmu, jangan lupa untuk menyemprotkan face mist agar make up-mu lebih tahan lama. Jika kamu agak "struggle" dengan cushion-mu karena shade-nya terlalu terang, face mist akan sangat membantu karena ia bisa membantu tampilanmu terlihat lebih alami.

5. Berikan Finishing Ringan

Finishing Ringan

Finishing Ringan via https://www.kepogaul.com

Nah, sekarang jangan lupa nih untuk menaburkan bedak ke wajahmu. Pilihlah jenis translucent powder agar hasilnya lebih terlihat alami. Mungkin kalau kamu melihat tutorial make up glass skin yang dilakukan oleh orang-orang Korea asli, mereka tak menggunakan bedak. Bisa jadi itu karena perbedaan keadaan udara.

Di negara Korea, bila tanpa memakai bedak, wajah mungkin akan terlihat bersinar akibat minyak alami wajah yang keluar. Tapi dengan kondisi Indonesia yang sangat panas, minyak yang keluar dari wajah akan dua kali lebih banyak dan pastinya itu akan menganggu penampilan. Dalam hal ini, bedak bisa jadi dewa penolong mengingat ia punya kemampuan untuk mengurangi minyak di wajah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya