5 Langkah Awal Membuat Film Pendek Menggunakan Smartphone, Bisa Jadi Kegiatan Baru Kamu Selama #DiRumahAja

Kegiatan yang mungkin kamu lakukan selama #DiRumahAja adalah menonton film

Salah satu kegiatan yang mungkin kamu lakukan selama #DiRumahAja adalah menonton film maupun series. Tidak jarang kamu dibuat kagum dengan sajian audio visual dari film yang kamu tonton. Jika kamu tertarik untuk terjun ke dunia filmmaking, mungkin sekarang bisa jadi momen yang tepat untuk mempelajari filmmaking secara otodidak, kamu bisa mencari banyak tutorial di Youtube sebagai langkah awal menjadi seorang filmmaker.

Kamu bisa memanfaatkan waktu #DiRumahAja untuk membuat film pendek ala kamu sendiri dengan menggunakan smartphone yang kamu miliki. Nantinya apabila kamu berhasil membuatnya, kamu bisa memamerkan hasil karyamu di sosial media. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk menghasilkan film pendek yang ‘ciamik’ . Ini dia lima langkah awal membuat film pendek menggunakan handphone.

Advertisement

1. Temukan Ide Terlebih Dahulu

Mencari Ide

Mencari Ide via https://www.pexels.com

Untuk membuat sebuah film yang bagus tentu tidak diciptakan dengan begitu saja, ada pesan yang disampaikan melalui film. Jadi, sebelum kamu memulai untuk merekam film pendek buatanmu, alangkah baiknya kamu menentukan ide ceritanya terlebih dahulu. Kamu bisa menemukan ide dari mana saja, salah satunya melalui keresahan yang kamu rasakan selama #DiRumahAja.

Untuk menemukan ide yang ‘ciamik’ diperlukan riset yang tepat agar nantinya film pendek buatanmu tidak salah sasaran. Apabila kamu sudah berhasil menemukan ide cerita untuk film pendekmu, jangan lupa untuk menuliskannya pada kertas atau laptop kamu, hal itu bertujuan agar nantinya apabila kamu lupa dengan ide yang kamu temukan ide tersebut tidak akan hilang begitu saja.

Advertisement

2. Tulis Ide Kamu dalam Bentuk Skenario

Menulis Ide

Menulis Ide via https://www.pexels.com

Setelah kamu berhasil menemukan ide cerita yang ingin kamu buat, kamu bisa menuliskan alur ceritanya dalam bentuk skenario film. Ada beberapa unsur drama yang harus kamu perhatikan seperti latar tempat, latar waktu, latar suasana, tokoh, penokohan, dan lain sebagainya. Kamu harus bisa menentukan unusr-unsur drama tersebut dengan tepat. Nantinya, skenario yang kamu buat ini dapat dijadikan panduan saat proses syuting.

3. Tentukan Lokasi Syuting

Mencari Lokasi

Mencari Lokasi via https://www.pexels.com

Sebelum kamu memulai proses syuting alangkah baiknya kamu menentukan sudut-sudut dirumah kamu yang ingin kamu jadikan lokasi syuting, usahakan untuk mencari tempat dengan pencahayaan yang cukup, ya. Apabila kamu melakukan syuting pada ruangan outdoor, kamu bisa memaksimalkan cahaya natural dari sinar matahari, namun jika kamu melakukan syuting pada ruangan indoor, kamu bisa memanfaatkan ruang yang menjadi sumber cahaya seperti jendela, ventilasi, maupun pintu rumah.

4. Waktunya Produksi

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Apabila kamu sudah mempersiapkan cerita yang ingin kamu bangun, sekarang saatnya kamu mengambil smartphone kamu untuk mulai merekam adegan demi adegan yang sudah kamu tuliskan. Kamu juga memerlukan beberapa perangkat tambahan agar film pendekmu maksimal, seperti tripod yang berfungsi sebagai alat bantu agar videomu Tidak goyang-goyang dan juga kamu bisa menggunakan smartphone lain sebagai alat rekam suara.

Advertisement

5. Editing

Jika empat tahapan sebelumnya sudah terpenuhi, tahapan terakhir yang harus kamu lakukan adalah proses editing. Proses ini berguna untuk menyatukan semua video yang sudah kamu ambil menjadi satu kesatuan. Proses ini juga bisa kamu lakukan melalui smartphone kamu. Melalui proses editing ini juga kamu bisa menambahkan latar suara, visual effect, efek suara, dan juga color grading. Beberapa software editing yang bisa kamu gunakan antara lain Filmora Go, Kine Master, Power Director, InShot, dan masih banyak yang lainnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE