Apa jadinya apabil jalan - jalan ke daerah lain tapi tidak mencoba makanan khas daerah tersebut? Rasanya tetap ada yang kurang. Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan makanan khas Lombok yang wajib anda coba jika berpergian ke Lombok.

Lombok dalam Bahasa Sasak, berarti lurus. Jadi bukan cabe ya, walau rata - rata makanan di Lombok agak pedas. Berikut ini adalah daftar makanan khas Lombok dan penjelasannya:

1. Nasi Puyung

Makanan ini berasal dari desa kecil yang bernama Puyung, Kabupaten Lombok Tengah. Nama penemu dan peraciknya adalah Inaq Esun (Inaq dalam bahasa Lombok berarti ibu).

Secara tampilan, menu Nasi Puyung ini tidak terlalu istimewa. Hanya berisi suwiran (potongan) daging ayam yang di olah bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon & belut goreng. Kekuatan makanan ini terletak dari rasa pedas bumbunya yang sederhana.

Jika anda melewati desa ini, anda akan menjumpai rumah dimana asal mula ditemukannya makanan ini yang berlokasi tidak jauh dari pinggir jalan raya utama. Di Kota Mataram, makanan ini sangat mudah ditemui di berbagai penjuru kota, baik di level rumah makan maupun warung biasa.

2. Sate Rembiga

Advertisement

Pembuatan dan Penemuan Sate Rembiga sudah dimulai sejak jaman dahulu kala. Adalah seorang keluarga Raja Pejanggik yang tinggal di Rembiga dan sangat ahli membuat sate. Secara turun temurun keahlian itu diajarkan ke generasi penerusnya hingga sekarang. Sate Rembiga berasal dari daging sapi yang telah diolah dengan perpaduan bumbu rahasia dan teknik meracik sate lainnya.

Kini keahlian meracik Sate Rembiga tidak hanya masalah keahlian yang turun temurun, namun sudah menjadi usaha yang mengangkat perekonomian warga Rembiga dan Mataram. Lokasi dari makanan khas ini sangatlah mudah ditemui, dimana dekat sekali dengan Bandara Selaparang Lombok (kini sudah tidak berfungsi sebagai bandara komersial).

3. Pelecing Kangkung

Pelecing Kangkung via http://lombokwandertour.com

Untuk makanan khas Lombok yang satu ini biasanya di sajikan dengan Ayam Taliwang. Kangkung yang digunakan untuk memasak Pelecing ini juga sangat khas.

Tidak seperti tanaman kangkung yang biasa tumbuh di Pulau Jawa, kangkung khas Lombok ini berupa kangkung air yang biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu sehingga menghasilkan kangkung dengan batang yang besar dan renyah. Biasanya disajikan dengan sambal terasi, tauge, kacang tanah & serudeng.

Kangkung di daerah ini memang sangat terkenal, teksturnya lembut sehingga tidak terasa alot walaupun kita makan hingga ke batangnya. Tak heran jika kangkung Lombok menjadi alternatif oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat, khususnya Lombok

4. Beberuk Terong

Beberuq Terong via http://lombokwandertour.com

Terong banyak disepelekan sebagai sayur yang tak mampu memberikan cita rasa yang lezat. Tapi di Lombok, terong bisa jadi primadona. Beberuk adalah lalapan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat yang bahan dasarnya adalah irisan terong dan kacang panjang yang disiram sambal tomat. Terkadang juga ditambahkan irisan bawang mentah & campuran jeruk nipis sebagai penguat rasa & aroma.

Nama lainnya adalah Lasuq. Makanan ini biasanya disajikan bersamaan dengan Pelecing Kangkung & Ayam Taliwang. Rasanya yang khas, akan terasa lebih mantap apabila memakannya dengan menggunakan tangan.

5. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang via http://lombokwandertour.com

Berikut ini adalah yang terakhir, sekaligus yang merupakan makanan khas Lombok favorit. Sebagai makanan khas Lombok, Ayam Taliwang menyimpan sejarah yang panjang. Masakan ini pertama kalinya di perkenalkan oleh juru masak Sultan Sumbawa yang di tempatkan di Lombok pada jaman Raja Karangasem. Masakan Ayam Taliwang memang bisa anda temui di sebagian kota besar di Indonesia, seperti halnya masakan Padang.

Namun tahukah anda bahwa untuk membuat ayam taliwang yang enak terdapat dari kelezatan bumbunya. Itu mengapa Ayam Taliwang yang anda cicipi di Lombok selalu terasa lebih enak di bandingkan di daerah lain. Makanan ini biasa disajikan dengan Pelecing kangkung sebagai sayurnya.