Ketika kata tangguh melintas dibenak, pasti ada beberapa orang yang membayangkan tokoh-tokoh superhero, seperti Superman, Batman, Wonder Women, Spiderman, dll. Tangguh memiliki arti yang sama dengan kuat. Namun tangguh yang sesungguhnya memiliki makna lebih dari sekedar kekuatan superhero.

Banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana agar menjadi sosok yang tangguh, dan kuat dalam menjalani hidup, agar tak tergerus dengan kepongahan zaman di mana manusia menjadi apatis, dan serakah, serta mementingkan diri sendiri. Ada beberapa orang yang bertanya makna tangguh itu sesungguhnya seperti apa?? Yuk simak penjelasan dibawah ini!

1. Tetap berbuat baik, meski disakiti dan dilukai

Tetap tersenyum~

Tetap tersenyum~ via https://unsplash.com

Sulit sih berbuat baik meski kamu disakiti. Banyak orang baik yang pernah disakiti berubah menjadi orang jahat, dan ikut menyakiti pula. Yang sebaliknya hanya sedikit saja yang bisa. Itu lah kenapa orang yang pernah disakiti tetap kontinue berbuat baik dianggap sebagai pribadi yang tangguh.

Jadilah seseorang yang tangguh dengan terus berbuat baik, dan memegang prinsip menebar kebaikan meski disakiti sebagai pedoman hidupmu.

2. Berani jatuh cinta kembali, meski pernah dikhianati

selamat datang cinta!

selamat datang cinta! via https://unsplash.com

Advertisement

Meski kamu pernah dilukai oleh dia yang dulu ada di masa lalu, kamu tetap optimis bahwa masih banyak orang di luar sana yang akan memperlakukanmu dengan baik serta mencintaimu dengan tulus. Kamu tidak trauma karena perpisahan dengan dia yang di masa lalu.

Kamu optimis bahwa kamu berhak mendapatkan yang lebih dari dia. Kamu tidak lemah hanya karena cinta yang kandas di masa lalu. Bila kamu siap jatuh cinta setelah patah hati, maka makna tangguh sudah ada dalam dirimu

3. Memaafkan mereka yang pernah melukai perasaanmu

Memaafkan dengan tulus

Memaafkan dengan tulus via https://unsplash.com

Bila berbuat baik saja kamu bisa, memaafkan kesalahan tentu hal yang mudah. Hatimu yang tangguh tentu tidak akan berlarut-larut dalam dendam dan luka. Tidak semua orang bisa loh, memaafkan dengan sepenuh hati orang yang pernah menyakiti perasaannya.

Advertisement

Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa, bila kamu telah memahami, dan melakukan hal ini dengan sepenuh hati, makna tangguh telah kamu miliki.

4. Tetap percaya pada dirimu sendiri, meski orang lain selalu membuatmu ragu

Percayalah~

Percayalah~ via https://unsplash.com

Tak hanya ketangguhan saja, demi kedamaian hatimu, terkadang kamu harus menutup mata dan telingamu dari ucapan orang lain yang memadamkan semangat dalam dirimu. Percaya kepada kemampuanmu sendiri adalah kewajibanmu.

Terkadang orang lain menjatuhkan dirimu dengan ucapan mereka, tapi percayalah pada dirimu, kamu tak seperti yang mereka ucapkan, asal keyakinan ini ada dalam dirimu, maka makna tangguh telah kamu miliki. Keyakinan akan kemampuan dan rasa kepercayaan diri adalah bukti ketangguhan

5. Bisa mengalahkan sisi jahat dalam diri sendiri

Better than yesterday

Better than yesterday via https://unsplash.com

Mengalahkan sisi jahat dalam dirimu adalah puncak dari ketangguhan. Ketika dirimu berusaha menahan gejolak amarah yang membara di dada, serta tak menuruti hawa nafsu semata, kamu akan berubah menjadi orang tangguh.

Sesungguhnya, musuh yang paling nyata adalah keraguan, kekecewaan, amarah, serta dendam yang disebabkan sisi gelap dalam dirimu. Jika kamu bisa melawannya maka sesungguhnya kamu telah menjelma menjadi sosok yang tangguh.

Tak setiap orang sanggup untuk mengalahkan sisi jahat dan gelap dalam diri sendiri Bagaimana guys?? Makna tangguh mana saja yang sudah kamu miliki?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya