5 Manfaat Kedelai Untuk Kecantikan Kulit

Kecil-kecil cabe rawit!

Kedelai merupakan kacang-kacangan yang berasal dari Asia Timur sekaligus dapat diolah menjadi makanan dan minuman seperti tahu, tempe, dan susu. Kedelai kaya akan khasiat dan nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh. Selain bermanfaat untuk kesehatan kedelai juga memiliki khasiat lain lho, seperti dapat membuat kulit kita menjadi cantik. Memiliki kulit yang cantik dan sehat adalah keinginan semua orang. Untuk membuat kulit menjadi cantik dan sehat tidak harus dengan perawatan yang mahal, kita dapat mempercantik kulit dengan cara tradisional dan alami salah satunya dengan mengkonsumsi kedelai secara rutin. Selain itu juga harus seimbang antara kebutuhan olahraga, menerapkan pola hidup yang sehat, dan perawatan yang cukup agar hasilnya maksimal.

Untuk mendapatkan kedelai, kalian bisa membelinya di pasar ataupun supermarket disana banyak dijual berbagai macam kedelai. Harga kedelai sangat terjangkau sehingga tidak perlu khawatir boros dalam pengeluaran untuk kecantikan. Kita dapat mengkonsumsi kedelai yang sudah diolah menjadi makanan, minuman, sampai yang masih berupa kacang. Tetapi jika ingin mengkonsumsi kacang kedelai secara langsung harus di rebus terlebih dahulu karena kacang kedelai yang masih mentah mengandung racun yang tidak baik bagi tubuh. Kedelai mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan kulit dan menjaga kulit tetap sehat. Apa saja manfaat kedelai untuk kencantikan kulit? Nah, berikut ini terdapat lima manfaat kedelai untuk kecantikan kulit.

Advertisement

1. Mencerahkan Kulit

Photo by bigfatcat from Pixabay

Photo by bigfatcat from Pixabay via https://pixabay.com

Susu kedelai memiliki kandungan anti oksidan yang berlebih sehingga dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Susu kedelai juga dapat menjaga kolagen dalam kulit, kolagen dapat berfungsi menjaga elastisitas dan kelembapan kulit. Semakin bertambahnya usia maka kandungan kolagen dalam tubuh akan menurun, dengan mengkonsumsi kedelai dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan tidak kendur.

2. Mencegah Penuaan Dini

Photo by Sora Shimazaki from Pexels

Photo by Sora Shimazaki from Pexels via https://www.pexels.com

Susu kedelai dapat mencegah kulit keriput, bintik hitam, dan garis-garis halus pada wajah di bagian mata dan bibir. Kandungan Nitrostrogen pada kedelai dapat meningkatkan lebih banyak Estrogen. Estrogen merupakan hormon yang dapat mempertahankan elastisitas kulit. selain itu Biolipid di dalam kedelai dapat mencegah kerutan pada wajah.

Advertisement

3. Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Photo by @cosmelan.official from Instagram

Photo by @cosmelan.official from Instagram via https://instagram.com

Kedelai membantu menghilangkan flek hitam, kita dapat menggunakan susu kedelai sebagai masker, yaitu dengan mengoleskan susu kedelai di wajah lalu diamkan selama 15 sampai 20 menit setelah itu bilas dengan air bersih. Dan jangan lupa untuk mengimbangi minum susu kedalai secara rutin.

4. Melembabkan Kulit

Foto by cottonbro studio on Pexels

Foto by cottonbro studio on Pexels via https://www.pexels.com

Selain dapat mencerahkan dan menghilangkan flek hitam kedelai juga dapat bermanfaat melembabkan kulit. Saat ini banyak produk lotion dan pelembab yang terbuat dari bahan dasar kedelai. Pelembab alami yang terbuat dari kedelai dapat mengatasi kulit kering yang tekelupas dan membuat kulit menjadi lebih lembab.

5. Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati Pada Kulit

Advertisement
Photo by Juan Pablo Serrano Arenas on Pexels

Photo by Juan Pablo Serrano Arenas on Pexels via https://www.pexels.com

Di dalam kedelai mengandung vitamin E yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Untuk mendapatkan kandungan vitamin E kita bisa memanfaatkan kedelai sebagai masker wajah. Caranya dengan menumbuk halus kedelai dan menambahkannya dengan sedikit air lalu oleskan pada wajah, biarkan selama 15/20 menit supaya nutrisi dapat meresap kedalam kulit wajah, kemudian bilas dengan air. Lakukan perawatan tersebut tiga kali dalam seminggu agar mendapat hasil yang maksimal.

Setelah membaca dan mengetahui manfaat kedelai untuk kecantikan diatas, kalian tidak perlu ragu lagi untuk menkonsumsi kedelai secara rutin setiap hari sebab dapat mempercantik kulit dan menjaga agar tetap sehat. Kulit yang cantik dan sehat akan berdampak positif pada aura seseorang. Dengan merawat kulit secara konsisten artinya kita mencintai ciptaan Tuhan yang diberikan kepada kita.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Annisa Galuh Kinanti

CLOSE