5 Manfaat Wortel, Sayuran yang Kaya Akan Vitamin Bagi Si Buah Hati

Manfaat wortel bagi buah hati.

Siapa sih yang tidak mengenal wortel? Sayuran yang mengandung air, karbohidrat dan segudang vitamin ini mudah kita temukan dimana saja. Sayuran berwarna oranye ini banyak mengandung nutrisi seperti serat, karbohidrat, dan berbagai macam vitamin untuk tubuh. Wortel ini sering digunakan oleh ibu diluar sana sebagai MPASI atau campuran dalam makanan bayi. Tapi banyak juga ibu yang melewatkan wortel sebagai makanan untuk si bayi. Berikut 5 manfaat wortel untuk anak :

Advertisement

1. Menjaga Kesehatan Mata

Photo by Tatiana Syrikova from Pexels

Photo by Tatiana Syrikova from Pexels via https://www.pexels.com

Mata adalah salah satu organ penting dalam perkembangan tubuh anak yang harus diperhatikan. Dan vitamin A yang terkandung pada wortel ini dapat berperan untuk menjaga kesehatan pada mata terutama pada retina, selaput dan kornea mata.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Photo by Pixabay from Pexels

Photo by Pixabay from Pexels via https://www.pexels.com

Selain menjaga kesehatan mata, vitamin A pada wortel juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan demikian, apabila daya tahan tubuh kuat maka tubuh anak akan sulit terkena virus atau terjangkit atau terserang penyakit sederhana. Selain itu, vitamin A dalam wortel juga bermanfaat untuk menjaga fungsi organ seperti jantung, paru-paru, ginjal dan lain sebagainya. 

Advertisement

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Photo by Daniel Reche from Pexels

Photo by Daniel Reche from Pexels via https://www.pexels.com

Beta Karoten yang yang terkandung pada wortel dapat mencegah bayi dari terjadinya dermatitis serboroik yang biasanya terjadi pada wajah, dada dan punggung. Oleh karena wortel sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit si buah hati.

4. Menguatkan Kuku

Photo by Andreas Wohlfahrt from Pexels

Photo by Andreas Wohlfahrt from Pexels via https://www.pexels.com

Selain bermanfaat menjaga kesehatan mata dan kulit, wortel juga mampu menguatkan kuku si buah hati lho! Nutrisi pada wortel dipercaya bermanfaat bagi kutikula yaitu dapat menguatkan kuku agar tidak mudah rapuh. Dan ciri-ciri kuku yang sehat yaitu bercahaya, berwarna pink, dan tidak kering.

5. Menjaga Pencernaan

Photo by William Fortunato from Pexels

Photo by William Fortunato from Pexels via https://www.pexels.com

Kandungan serat pada wortel bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan si bayi. Serat tersebut juga dapat mengontrol pergerakan usus dan memperkuat  fungsi lapisan pelindung usus. Oleh karena itu, dapat mengurangi infeksi bakteri pada saluran percernaan dan darah.

Demikianlah lima manfaat yang terkandung pada wortel yang sangat dibutuhkan oleh buah hati. Jangan lupa untuk mengkonsumsi wortel serta sayuran dan buah-buahan lainnya ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE