5 Manfaat yang Bakal Kamu Dapatkan Saat Melakukan Volunteer, Tertarik Mencoba?

Volunteer yang membawa manfaat

Melalui kegiatan volunteer kamu akan mendapatkan banyak hal baru yang bermanfaat. Yuk cek 5 manfaatnya saat melakukan volunteer ke luar negeri.

Advertisement

1. Menambah Nilai Plus CV (Curriculum Vitae)

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash via http://www.unsplash.com

Memasukkan pengalaman volunteer ke dalam CV ternyata cukup penting dan berpengaruh bagi karirmu. Pengalaman volunteer yang kamu lakukan akan membuat HRD menilai kamu merupakan orang yang ringan tangan mengingat volunteer adalah kegiatan yang didasarkan keinginan dari diri sendiri terutama ketika kamu melakukan volunteer tersebut di luar negeri, sehingga memberi nilai lebih tersendiri bagi kamu. Tentunya ketika kamu memasukkan pengalaman volunteer kamu akan membuat penguji lebih mempertimbangkan kamu, mengingat akan pengalaman yang telah kamu miliki.

2. Menambah Koneksi

Photo by Naasom Azevedo on Unsplash

Photo by Naasom Azevedo on Unsplash via http://www.unsplash.com

Nah, ketika kamu melakukan volunteer ke luar negeri kamu akan terhubung dengan banyak orang di dalam komunitas maupun masyarakat. Selain kamu memperluas jaringan pertemanan kamu juga bisa mendapatkan informasi tentang berbagai hal. Bisa jadi orang-orang tersebut dapat membantumu menemukan hal-hal yang kamu butuhkan untuk mendapatkan berbagai kesempatan termasuk menemukan jalan karir.

Advertisement

3. Meningkatkan Soft Skill

Photo by NESA by makers on Unsplash

Photo by NESA by makers on Unsplash via http://www.unsplash.com

Ketika kamu melakukan volunteer, banyak sekali kemampuan yang kamu miliki tanpa kamu sadari mulai berkembang. Sering sekali ketika melakukan volunteer kita dibagi menjadi beberapa tim, dimana pada saat itu kamu dipilih sebagai ketua dalam tim tersebut. Selama kamu menjalaninya ada beberapa kemampuan yang berkembang dalam diri kamu, jiwa kepemimpinan,rasa tanggungjawab, kerja sama tim, dan juga kemampuan berkomunikasi kamu.

Tapi itu hanya sebagian saja, selalu saja ada hal-hal yang pastinya berkembang dalam diri kamu. Sebagian dari kegiatan volunteer mungkin mengharuskan kamu untuk membuat sebuah bukti (proof) baik berupa foto atau video. Tentunya hal ini dapat meningkatkan kreativitas kamu dalam menghasilkan sebuah hasil foto atau video yang baik, namun tidak hanya itu saja melalui hal itu juga kamu secara tidak langsung rasa percaya diri kamu berkembang, dimana kamu merasa puas dan senang dengan hasil dan upaya yang telah kamu lakukan.

4. Lebih Mandiri

Photo by You X Ventures on Unsplash

Photo by You X Ventures on Unsplash via http://www.unsplash.com

Saat melakukan kegiatan volunteer keluar negeri, mau tidak mau kamu harus keluar dari zona nyaman kamu. Menyesuaikan diri dengan lingkungan dan memanfaatkan segala fasilitas yang ada. Mungkin kamu belum pernah sama sekali pergi jauh dari rumah meninggalkan orang tua, tapi ketika kamu melakukan volunteer ke luar negeri kamu diharuskan dan belajar untuk hidup mandiri. Selain kamu belajar untuk hidup lebih mandiri kamu akan belajar lebih memaknai dan mensyukuri hidup yang kamu miliki.

Advertisement

5. Mendapatkan Pengalaman Baru

Photo by Tribesh Kayastha on Unsplash

Photo by Tribesh Kayastha on Unsplash via http://www.unsplash.com

Tentunya ketika kamu mengikuti kegiatan ini kamu akan mendapatkan pengalaman baru yang berharga. Terutama ketika kamu melakukan volunteer keluar negeri yang nantinya ketika kamu hendak mencari pekerjaan atau mengikuti interview untuk masuk kuliah dapat kamu paparkan kepada penguji, yang di mana pengalaman adalah guru terbaik bukan?

Dalam pengalaman baru tersebut kamu juga akan menemukan dan belajar pengetahuan baru yang semakin menabah wawasan kamu, yang nantinya bakal memberi pengaruh bagi kamu dalam cara berkomunikasi dan bersikap. Semakin luas wawasan dan pengalam kamu, semakin besar juga peluang bagi kamu untuk melangkah ke jenjang karier selanjutnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE