1. Alat Komunikasi

social media

social media via http://santrinulis.com

Semua orang mungkin sudah tahu kalau media komunikasi manusia masih ada dua: lisan dan tulisan. Bahasa tulisan sangat penting terutama di zaman kecanggihan teknologi komukasi menguasai kehidupan sosial manusia saat ini. Misalnya saja bagi yang memiliki bisnis online sudah pasti akan lebih banyak berkomunikasi di mediaonline secara tertulis. Baik komunikasi dengan pelanggan, menyampaikan promosi, membuat deskripsi produk yang menarik dan lain-lain.

Komukasi tertulis juga biasa digunakan pada sesuatu yang bersifat resmi seperti pembuatan proposal bisnis atau acara, surat lamaran kerja, surat izin, surat perjanjian (kalau surat cinta resmi gak yah..? hhe) hingga laporan untuk manager atau atasan. Komunikasi tertulis juga menjadi sangat penting untuk dilatih bagi yang memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi secara lisan atau verbal.

2. Alat Pengingat

Menulis sama dengan menjaga ingatan. Seperti kata bijak “al-ilmu qoyyidun wal kitabattu qoiduhu” ilmu itu seperti hewan buruan dan tulisan adalah tali kekangnya. Berdasarkan sebuah penelitian, menulis juga dapat meminimalisir kepikunan. Karena menulis adalah bagian dari memuntahkan segala macam unek-unek otak kita (berfikir).

Proses berfikir ini merupakan perjuangan melawan lupa yang dapat dilakukan melalui kegiatan menuliskan pandangan-pandangan kita. Proses ini kata seorang psikolog dapat meminimalisir kepikunan dalam diri seseorang menjelang masa lansia nantinya. Karena dengan menulis akan melibatkan aktifitas berfikir yang mengoptimalkan memori seseorang.

3. Menyebarkan Pengetahuan

Menulis berarti menuangkan ide, gagasan, pandangan bahkan perasaan kita secara tertulis. Dengan demikian apa yang kita tulis bisa tersampaikan dan dibaca oleh orang lain. Karena itu para ilmuwan sejak zaman dahulu banyak yang menyebarkan dan mewariskan pengetahuan melalui tulisan.

Nah, kalau kita ingin sharing pengetahuan, ide atau hal-hal positif lain kepada banyak orang, menuliskannya adalah cara paling ampuh untuk menjangkau lebih banyak orang secara efisien. Selama hal itu positif dan bermanfaat, orang yang membaca kemudian mengamalkannya, lalu membaginya lagi pada orang lain, semoga akan ada pahala kebaikan yang juga terus mengalir kepada kita. Jadi, menulislah..!

4. Menjabarkan masalah secara sistematis

Mungkin bagi sebagian orang, sulit untuk mencerna suatu pemahaman jika hanya disampaikan secara lisan. Apalagi bagi kamu yang berprofesi sebagai guru, tutor dan sebagainya, tentu lebih cepat dipahami jika menerangkan suatu masalah atau soal dengan tulisan, bukan?

5. Sumber Penghasilan

andrea hirata

andrea hirata via http://jadiberita.com

Ini yang paling menggiurkan dari hobbi menulis. Ada banyak sekali profesi yang sangat membutuhkan keterampilan menulis dan memiliki penghasilan yang menjanjikan. Seperti Penulis Buku itu sendiri yang bisa mendapatkan royalti di setiap penerbitan (tergantung penjanjiannya sih :D), Penulis untuk harian/majalah, Jurnalist, Pembuat naskah (script) film, Copy writer, Blogger, Penerjemah dan masih banyak lagi.

Daan masih banyak lagi manfaat yang bisa kamu dapat dengan hobbi menulis. Jadi tunggu apalagi? Buat kamu yang memang hobbi menulis ayo banyak-banyak membaca dan latih terus kemampuan menulismu!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya