Ngomongin soal media sosial seakan nggak pernah habis. Begitu banyak artikel-artikel yang sudah ditulis tentang dampak media sosial bagi kehidupan penggunanya, baik dampak positif maupun dampak negatif. Kutipan-kutipan berikut ini bisa mengingatkanmu kembali mengapa kamu nggak perlu terlalu banyak menghabiskan waktu untuk eksis di media sosial. Lalu mulai membangun kehidupan sosial yang lebih berfaedah di dunia nyata.

1. Sadar atau nggak, media sosial banyak mengubah cara kamu berkomunikasi dan mempengaruhi persepsi orang terhadapmu

quotes #1

quotes #1 via https://www.canva.com

Kadang komunikasi tatap muka pun menjadi nggak begitu penting lagi. Misalnya, kamu jadi jarang bertemu dengan teman-teman karena menganggap, bahwa tanpa bertemu secara langsung pun masih bisa saling bertukar kabar atau informasi via chat di berbagai aplikasi media sosial.

Advertisement

Media sosial juga mempengaruhi persepsi orang terhadap dirimu baik secara positif maupun negatif. Entah foto ataupun status, dua-duanya bakal dinilai secara berbeda-beda sama orang lain. Apalagi kamu tahu bahwa netizen julid adalah makhluk mahabenar yang siap menghakimi berdasarkan asumsi dirinya sendiri dari apa yang kita bagikan di media sosial.

2. Terlalu banyak meluangkan waktu untuk mengamati media sosial ternyata nggak baik buat kesehatan mental

quotes #2

quotes #2 via https://www.canva.com

Media sosial membuatmu cenderung membanding-bandingkan hidup dengan orang lain di dunia maya, sampai kadang kamu lupa untuk lebih menghargai diri sendiri apa adanya. Ini sih yang bikin banyak orang akhirnya merasa insecure bahkan depresi.

3. Sesekali nikmatilah petualangan seru tanpa harus mengunggahnya di media sosial, karena nggak semua orang suka melihatmu bahagia

quotes #3

quotes #3 via https://www.canva.com

Kalau kamu tipe pengguna media sosial yang selalu update aktivitas terkini, entah lagi makan, shopping atau travelling, saran dari Khalil Gibran ini perlu kamu pertimbangkan.

Advertisement

Di dunia nyata saja ada orang-orang yang nggak suka kalau kita hidup bahagia, apalagi di dunia maya? Dengan nggak melulu up date semua aktivitas kamu, kamu sebenarnya sedang meminimalisir dampak perilaku negatif dari para haters atau netizen julid.

4. Daripada mengamati media sosial melulu, mending fokus sama hal-hal lain yang memang bermanfaat di kehidupan nyatamu

quotes #4

quotes #4 via https://www.canva.com

Kalo di kehidupan nyata kamu bisa fokus untuk ngelakuin hal-hal positif dan berkarya dalam kegiatan-kegiatan sosial, tentu hal itu bakal jadi contoh dan teladan yang baik buat teman-teman kamu di dunia maya juga.

Intinya, jangan gunakan media sosial untuk sekedar mencari pengakuan dan perhatian atau membuat orang-orang lain terkesan dengan kehidupanmu, tapi gunakanlah untuk menginspirasi banyak orang.

5. Buang jauh-jauh pikiran, nggak up date pencapaian-pencapaian dalam hidup bukan berarti kamu nggak hebat

quotes #5

quotes #5 via https://www.canva.com

Ketika orang-orang bilang bahwa di media sosial “privacy is dead”, buktikan bahwa kamu bisa tampil beda dengan tetap menjaga privasi. Dengan begitu, kamu juga bisa sekalian belajar untuk tetap rendah hati.

Sebenarnya memposting pencapaian/keberhasilanmu di media sosial itu sah-sah saja, apalagi kalau niatnya buat menginspirasi banyak orang. Tapi kalau mempostingnya berulang-ulang, bisa jadi orang-orang bakal menilai kamu sombong.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya