Ada saat-saat di mana kita kehilangan arah. Mungkin kamu sekarang seperti sedang berdiri di persimpangan tanpa tahu harus kemana melangkah, tanpa tahu haruskah terus melangkah atau menyerah. Mungkin kamu sedang bimbang atau bahkan kamu tak tahu apa yang kamu rasakan, tapi yang jelas ada resah tak mengenakkan. Semua usaha yang sudah kamu lakukan sia-sia. Kegagalan demi kegagalan membuatmu putus asa.

Kemudian kamu mendongakkan kepala, mungkin bagi beberapa yang beruntung akan menemukan bahu untuk bersandar atau sahabat sebagai tempat beristirahat sejenak. Tapi untukmu yang tidak menemukannya, aku harap kamu akan menemukan penghiburan dalam tulisan ini. Juga kenyatan bahwa kamu tidak sendiri.

1. Merasa tidak baik-baik saja itu tidak apa-apa

Feel a little lost

Feel a little lost via https://www.pinterest.com

Feeling a bit lost is okay! Mungkin kamu sekarang berada di fase dimana kamu tidak memiliki sama sekali petunjuk tentang apa yang harus kamu lakukan.

Advertisement

Kamu gamang diantara pilihan-pilihan. Kamu limbung, tidak tahu arah, dan tidak tahu kemana harus melangkah. So let me tell you this: it's okay to have zero clues about your life sometimes.

2. Keluarkan semuanya, tapi jangan menetap disana

Just don\'t stay there

Just don\’t stay there via https://www.pinterest.com

Menangislah, bersedihlah, keluarkan semua emosi yang selama ini berdesak ingin keluar. Let it all go, semua kekhawatiran akan kegagalan, keengganan untuk mencoba kembali, atau bahkan kecemburuan dan perasaan tidak mampu saat kamu melihat teman-temanmu seperti melangkah maju sementara kamu masih terjebak dalam ketidaktahuan.

Tapi jangan berlama-lama bermuram dalam keputusasaan. Karena seperti matahari, kamu harus bangkit lagi.

3. Temukan lagi semangatmu

Traveling is flirting with life

Traveling is flirting with life via https://www.thisamericangirl.com

Advertisement

Heal yourself. Menyembuhkan dirimu, mengumpulkan kembali semangat untuk memulai lagi bisa datang dari mana saja. Kamu bisa bertemu dengan teman-teman lama, menyendiri dari keramaian, atau kamu bisa mencoba untuk keluar dari zona nyamanmu, dari kantormu, dari tempat aman yang selama ini kamu singgahi kemudian pergilah berpetualang kemana saja.

Traveling is like charging your spirit and soul, so go get it, go get the life you deserve.

4. Bersyukurlah untuk cobaan yang datang

Semoga setelah berpetualang, setelah bertemu dengan wajah-wajah yang selama ini hanya dapat kau kenang, kamu dapat mengerti bahwa life is full of ups and downs dan itu sama sekali tidak apa-apa jika kadang kamu merasa berada pada titik terendah dalam hidupmu, karena orang lain pun juga begitu.

5. Just let it be

Worrying means suffering

Worrying means suffering via https://id.pinterest.com

Mungkin akan ada suatu saat dimana kamu akan kembali bertanya-tanya tentang apa yang menunggumu di depan sana, kegagalan-kegagalan pahit yang terjadi di hari kemarin kembali membayangi, keraguan apakah kamu bisa menghadapi tantangan selalu datang ketika kamu hendak mencoba hal baru.

But don't worry, be happy. Let all the things happen as it is meant to be. You can do this!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya