5 Rekomendasi Hewan Peliharaan Buat Kamu yang Punya Alergi Terhadap Bulu

Masih ada kok beberapa jenis hewan yang bisa kamu rawat tanpa takut alergi.

Intoleran terhadap bulu binatang memang bisa dialami siapa saja. Tapi, bukan berarti orang-orang yang punya alergi bulu nggak bisa pelihara hewan sama sekali, lho.

Kalau kamu juga punya alergi terhadap bulu hewan, buang rasa khawatirmu jauh-jauh. Kalau pengin punya peliharaan yang lucu dan menggemaskan buat temen di rumah, masih ada kok beberapa jenis hewan yang bisa kamu rawat tanpa takut akan bermasalah sama tubuhmu. 

Kira-kira apa saja? Langsung aja simak informasinya di bawah ini, yuk!

1. Kura-Kura

Kura-Kura

Kura-Kura via https://pixabay.com

Advertisement

Kalau tingkat alergimu terhadap bulu hewan terbilang cukup parah, memelihara kura-kura mungkin adalah pilihan yang tepat.

Kura-kura memiliki ukuran yang bermacam-macam, mulai dari yang super kecil nan imut-imut hingga yang berukuran besar. Pilihlah mana yang menurutmu paling bisa kamu pelihara dan jaga baik-baik.

Kalau kamu sudah tahu bagaimana cara merawat kura-kura yang baik, mungkin memeliharanya bukanlah masalah yang sulit. Perhatikan hal-hal yang diperlukan kura-kura agar dia nggak gampang merasa stres.

Advertisement

Saat merawatnya juga diperlukan perhatian khusus dan kamu harus berhati-hati. Kenapa? Karena hewan lucu satu ini bisa membawa virus salmonella kalau kamu tidak memperhatikan masalah kebersihannya.

2. Hedgehog

Hedgehog (landak mini)

Hedgehog (landak mini) via https://pixabay.com

Rekomendasi kedua adalah landak mini atau yang lebih dikenal dengan nama hedgehog. Hedgehog cukup berbeda dengan landak-landak lain pada umumnya.

Advertisement

Mungkin untuk jenis landak hutan yang lebih familier kamu akan berpikir dua kali untuk memeliharanya karena duri-duri tajam dan beracun yang dimilikinya.

Untuk itu, landak mini ini menjadi alternatif bagi pecinta landak untuk dipelihara. Dari visualnya saja, hewan ini terlihat cukup menggemaskan. Tak heran kalau ia menjadi salah satu hewan yang cukup populer untuk dipelihara.

Perlu kamu tahu, hedgehog tergolong dalan hewan nokturnal, yang artinya adalah ia aktif di malam hari dan beristirahat pada siang hari.

Untuk itu, pahami pola hidupnya karena tidak ia tak seperti kita yang aktif di siang hari dan beristirahat di malam hari. Kalau waktu istirahatnya terganggu, tak menutup kemungkinan baginya untuk mudah stres.

3. Burung

Burung Lucu

Burung Lucu via https://www.toplucu.com

Burung juga merupakan salah satu pilihan alternatif buat kamu yang alergi terhadap bulu binatang. Tren memelihara burung juga tak ada matinya.

Ada beragam jenis burung yang bisa kamu temukan untuk bisa dipelihara. Setiap jenis tersebut memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Jadi, carilah yang paling cocok dan dianggap paling bisa kamu rawat dengan baik.

Kalau kamu serius menekuni hobi memelihara burung ini, tak menutup kemungkinan kamu juga bisa menambah penghasilan, loh. Saat ini banyak kan yang menjalankan bisnis burung kicau dengan hasil yang menguntungkan? 

4. Sphynx Cat

Sphynx Cat

Sphynx Cat via https://pixabay.com

Suka kucing tapi alergi terhadap bulunya memang bikin dilema. Namun, jangan khawatir karena ada jenis kucing yang tak memiliki bulu sama sekali sehingga aman untuk dipelihara bagi kamu yang intoleran terhadap bulu kucing, salah satunya adalah sphynx cat.

Jenis kucing tanpa bulu satu ini tergolong ke dalam jenis yang cukup populer. Sphynx cat merasal dari Kanada dan merupakan hasil dari rekayasa genetik.

Namun, tak seluruh tubuhnya bebas bulu. Di bagian kaki, telinga, ekor, dan di sekitar bagian kemaluannya tetap ditumbuhi bulu-bulu halus.

Namun, karena bulunya tak selebat jenis kucing pada umumnya, kamu tak perlu khawatir akan bulunya yang mudah rontok dan bertebaran ke mana-mana. 

5. Ikan hias

Ikan Hias

Ikan Hias via https://www.kepogaul.com

Buat yang suka ketenangan, coba deh pelihara ikan. Memelihara hewan air ini dipercaya mampu meredakan stres.

Kalau kamu sering merasa jenuh dan stres dengan kesibukan aktivitas sehari-hari, tak ada salahnya untuk mencoba memelihara hewan yang satu ini.

Seperti yang sudah kita ketahui, ada banyak sekali jenis ikan yang ada. Mulai yang berasal dari air tawar hingga air laut.

Yang perlu kamu lakukan adalah memahami bagaimana merawat jenis ikan yang ingin kamu pelihara dengan baik.

Masing-masing jenis memiliki perilaku dan kebiasaan yang tidak sama. Mulai dari pola hidup, pola makan, hingga tingkat keagresifannya.

Meskipun ada jenis ikan hias yang tergolong memiliki umur yang panjang, namun tak sedikit pula yang cukup sensitif sehingga mereka mudah stres, penyakitan, lalu mati.

Untuk itu, pastikan kamu tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam memelihara ikan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Aku suka menyendiri untuk membaca dan menulis, namun aku juga suka berkumpul bersama teman-teman untuk bercanda, tertawa dan menikmati kebersamaan.

CLOSE