5 Rekomendasi Lagu untuk Meredam Mental Illness, Tenang Semua Akan Baik-Baik Saja

5 lagu rekomendasi untuk Mental Health

Mental illness berasal dari perasaan-perasaan kecil yang lama-lama menjadi penyakit. Perasaan itu dapat berupa kegundahan, kesedihan, ketidak percayaan diri dan dapat pula rasa kurang bersyukur. Musik adalah salah satu sarana penyembuhan masalah kesehatan mental yang saat ini banyak digunakan khususnya bagi kalangan milenial. Kalangan Milenial di zaman sekarang tidak bisa dijauhkan dari hal bernama seni, apalagi perihal seni musik, oleh karena itu self healing menggunakan musik sangatlah efektif, dan mudah didapatkan.

Salah satu penelitian The Lancet Psychiatry menyebut musik yang bisa digunakan dengan tempo cepat menganulir gangguan mental adalah hiphop. Hal ini dilanjutkan oleh penelitian lain yang mengungkapkan bahwa berbagai macam musik dapat memberi manfaat dalam stabilisasi otak ( dikutip dari blog KiosTix.com). Artikel ini akan menjelaskan pilihan lagu untuk Self-Healing bagi kalian kalangan milenial yang bisa kalian dengar kapanpun dan dimanapun.

Advertisement

1. Grow Up – StrayKids

Stray Kids

Stray Kids “Grow Up(잘 하고 있어)” M/V via https://www.youtube.com

Lagu yang dibawakan oleh salah satu group asal korea jebolan acara survival dari JYPentetaiment ini adalah rekomendasi pertama di saat kalian merasa sangat putus asa. Meskipun berbahasa korea, banyak kalangan pendengar yang bahkan bukan Kpopers pun mendengarkan lagu ini, karena memiliki makna yang menyentuh. Dilihat dari makna lagunya, lirik lagu ini sangatlah sederhana, dengan pembawaan Hip-Hop yang halus lagu ini sangatlah menenangkan hati pendengar yang sedang merasa terjatuh .

 Kau terjatuh untuk sementara waktu, tidak apa-apa aku akan menangkapmu

Kau tidak perlu khawatir, ini masih permulaan
Bahkan orang dewasa pun seperti itu pada usia kita

Mereka membuat kesalahan dan berlatih sambil tumbuh dewasa

Kau masih pemula, kau mempunyai banyak sesuatu yang harus dilakukan

Tidak apa-apa, kau dapat malalui itu. Jangan menangis

Advertisement

Kutipan di atas adalah salah satu lirik dari Grow Up oleh StrayKids. Lagu ini berpesan agar kita tidak boleh putus asa, meskipun gagal, apapun yang sudah kita lakukan, kita telah melakukan yang terbaik. Banyak lagu penyemangat yang dibawakan oleh StrayKids lainnya seperti MySide, Hellevator, Mixtape#3, dan Levanter, yang bahkan kebanyakan dibuat oleh member mereka sendiri.

2. We Are – One Ok Rock

ONE OK ROCK - We are -Japanese Ver.- [Official Music Video

ONE OK ROCK – We are -Japanese Ver.- [Official Music Video via http://www.youtube.com

Berbeda dengan rekomendasi pertama, lagu kali ini bergenre pop rock sangatlah pas didengarkan ketika merasa butuh penyemangat dan membangkitkan gairah hidup. Band asal jepang yang namanya telah melambung ke kancah internasional ini selalu membawakan lagu-lagu penuh makna dan motivasional, karena itu pilihan lagu-lagu dari One Ok rock sangat cocok bagi kalian yang mempunyai jiwa bersemangat.

Advertisement

Jangan suruh dirimu sendiri
Untuk jadi orang lain
Berdirilah dengan gagah dan katakan
Aku tak takut, aku tak takut

Kutipan di atas menjelaskan pesan lagu ini yaitu, kepada kalangan anak muda agar tetap percaya diri, walaupun orang lain berkata apa, tetaplah percaya pada diri sendiri dan jangan menjadi orang lain. Lagu ini juga menjelaskan tentang pentingnya percaya diri, pemberontakan dari penindasan yang sering terjadi, dan bullying.

3. Sad Forever – Lauv

Lauv - Sad Forever

Lauv – Sad Forever via http://www.youtube.com

Lagu yang dibawakan oleh komposser Amerika ini sering masuk ke daftar rekomendasi top hits di Spotify. Salah satu lagunya berjudul Sad Anymore menceritakan sudut dari seorang overthinker dalam menghadapi permasalahan di hidupnya. Lirik yang diulang-ulang dan melodi yang menyegarkan, akan mudah diingat dan begitu juga mudah untuk mengubah mindset para overthinker yang cenderung mudah putus asa.

Ku tak ingin bersedih selamanya
Ku tak ingin bersedih lagi
Ku tak ingin terbangun dan menerka-nerka
Untuk apa ku lakukan ini?

Ku tak ingin diobati
Ku tak ingin pergi lalui peperangan itu
Ku tak ingin bersedih
Ku tak ingin bersedih lagi

4. Hello Anxiety – Phum Vhipurit

Phum Viphurit - Hello, Anxiety [Official Video]

Phum Viphurit – Hello, Anxiety [Official Video] via http://www.youtube.com

Phum Vhipurit adalah musisi asal Thailand yang terkenal dengan lagu bawaannya Lover Boy. Namun, salah satu lagunya yaitu Hello Anxiety juga tak kalah menariknya. Lagu ini berasal dari pengalamannya selama Touring keliling dunia, dimana dia merasa Anxious dan terlalu banyak pikiran memikirkan tentang banyak hal yang membuat ia merasa kehilangan kepercayaan diri.

Perasaan-perasaan itu ia curahkan pada lagu Hello Anxiety untuk menjangkau para pendengarnya, dan bagi mereka yang juga merasakan hal yang sama.

Heaven knows you're lost

Tuhan tahu kamu tersesat

But you'll be fine, you'll be fine

Tapi kamu akan baik-baik saja, kamu akan baik-baik saja

Heaven knows we're lost

Tuhan tahu kita tersesat

But the sun still shines, so we'll be fine

Tapi matahari masih bersinar, jadi kita akan baik-baik saja

Mendengarkan lagu ini akan membantumu tenang, dan mengalihkan midnight thought yang sering menghantui

5. Bahagia – G.A.C

Bahagia - GAC MV

Bahagia – GAC MV via http://www.youtube.com

Grup musik berdomisli di Jakarta yang dibentuk pada 2008  , dan beranggotakan  Gamaliel Tapiheru, Audrey Tapiheru dan Cantika Abigail ini adalah grup vokal yang tidak diragukan lagi karyanya. Lagu-lagu mereka yang berkualitas dan selalu unik memberikan kesan penyemangat untuk didengarkan. Salah satunya lewat lagu Bahagia ini. Lagu yang ditulis dengan lirik sederhana dan genre pop ini membuat pendengar mudah memahami dan terngiang-ngiang akan melodynya yang asyik.

Percayalah kawan

Esok 'kan berbeda
Pasti 'kan engkau mencoba
Buat mimpimu jadi
Nyata oh nyata
Kita semua pasti bisa

Asalkan kita melangkah
Sambut hari yang indah

Lagu ini sangat cocok didengarkan saat sehari-hari mengisi waktu luang dibanding merenung, atau untuk menaikkan rasa semangat diri dari kesedihan. Demikianlah rekomendasi lagu-lagu yang dapat didengarkan untuk menghindari mental-illness.

Bagaimanapun, kesedihan, kegundahan, ketidakpercayaan diri dan kurang bersyukur, apabila dipendam akan memperburuk mental. Hal seperti self healing sangatlah membantu untuk mencegah memburuknya mental kita. Dengan mengatasi perasaan-perasaan kecil dapat mengurangi hal-hal penyebab mental illness tersebut.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE