Sebagai fresh graduate, kamu mungkin masih ditimang-timang dengan euforia wisuda yang sudah atau sebentar lagi kamu alami. Menjadi fresh graduate merupakan langkah awal dirimu untuk menapaki dunia yang sebenarnya. Untuk itulah kamu wajib memiliki 5 senjata ini, biar kamu siap menjadi seorang fresh graduate masa kini.

1. Ijazah dan Transkrip Nilai

hati-hati! via https://polk.edu

Kedua hal tersebut wajib banget kamu genggam sebagai fresh graduate, secara kamu baru akan dinyatakan lulus dari sebuah universitas apabila kamu telah mempunyai ijazah (dalam kasus tertentu, Surat Keterangan Lulus juga bisa sih).

Advertisement

Oh iya, hati-hati dalam menyimpan ijazah kamu ya, guys! Karena di beberapa universitas tidak melayani ‘kasus pembuatan ijazah baru’ apabila kamu kehilangannya. Amit-amit jangan sampai hilang.

Dan satu lagi yang penting, sebelum kamu mengisi form untuk penulisan nama di ijazah, kamu harus teliti benar. Kesalahan cetak pada ijazah tidak akan membuat universitas mengeluarkan ijazah ‘baru’ untuk hal tersebut. Mereka hanya akan membantumu dengan surat keterangan sehingga ijazahmu dapat diterima kembali.

Untuk transkrip nilai, beberapa perusahaan akan menggunakan hal itu sebagai filter pertama pada tahap seleksi karena di sana terdapat besaran IPK kamu.

2. SKCK

Advertisement

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah surat keterangan dari pihak kepolisian di daerah tempat tinggal kamu yang menyatakan track record kamu sebagai warga negara yang mematuhi hukum. Dari SKCK kita bisa melihat apakah seseorang pernah terlibat dalam kasus hukum atau tidak. Beberapa perusahaan mensyaratkan untuk melampirkan fotokopi SKCK dalam masa recruitment.

Lalu, bagaimana cara mendapatkannya? Kamu bisa langsung datang ke Kantor Kepolisian setempat di tingkat provinsi atau kabupaten kamu. Atau kamu bisa cek dulu di website resmi POLRI yaitu di polri.go.id

3. NPWP

Nomor Pokok Wajib Pajak ini tidak hanya bisa dimiliki oleh seseorang yang sudah bekerja. Bagi kamu yang belum bekerja dan akan melamar pekerjaan pun, bisa memilikinya. Caranya gampang, kamu cukup datang ke kantor pelayanan pajak setempat kemudian mengisi form dan melengkapi beberapa dokumen seperti fotokopi kartu keluarga dan lain-lain.

NPWP bagi fresh graduate menjadi salah satu senjata yang penting untuk dimiliki, karena beberapa bank maupun perusahaan besar lainnya tidak jarang mensyaratkan calon pegawainya untuk mempunyai NPWP.

4. CV

Designed CV via http://designshack.net

Curriculum Vitae atau daftar riwayat hidup merupakan satu hal yang paling penting untuk dimiliki oleh seorang fresh graduate. Di dalam CV biasanya perusahaan-perusahaan dapat melihat kecakapan dan track record kamu selama di bangku perkuliahan. CV ini biasanya berisi tentang riwayat pendidikan, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, kemampuan kerja serta hal-hal lain yang dapat ‘menjual’ kamu di mata perusahaan. CV akan dilihat pertama kali, sehingga kamu tidak perlu menuliskannya panjang-panjang, saya rasa maksimal dua halaman. Beberapa orang sengaja membuat CV mereka tampak noticeable dan catchy karena ingin mendapatkan kesan tertentu dari pihak HRD.

5. Diri Kamu!

Yak, senjata terakhir adalah diri kamu! Kamu harus memiliki seutuhnya diri kamu, sehingga cuma diri kamu sendiri yang bisa menentukan ke mana langkah selanjutnya akan kamu ambil. Meminta nasihat dari orang-orang sekitar memang penting, tapi mendengarkan apa kata hati tidak kalah penting, kan?

So, setelah 5 senjata tersebut sudah ada dalam genggaman kamu, tunggu apa lagi untuk meminang pekerjaan impianmu!

Semoga sukses! Kamu muda dan kamu pasti bisa!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya