Banda Aceh merupakan ibukota dari propinsi paling barat Indonesia, Aceh. Jika mendengar sebutan Aceh, yang paling terekam di memori ialah konflik berkepanjangan, gempa dan tsunami. Padahal, selain cerita luka tersebut, ada beberapa hal yang bisa membuat kamu rindu atau ingin berkunjung ke Aceh. Apalagi kalau bukan kulinernya.

Wisata kuliner dari Aceh lebih bisa terekam di ingatan jika kamu sudah mencobanya. Bagi anak kos dengan gaji pas-pasan, makan di pinggir jalan merupakan sebuah tempat favorit. Tapi, apakah kamu tahu kalau di Banda Aceh itu ada beberapa tempat yang tak hanya digandringi oleh anak kosan karena menawarkan cita rasa yang beuh banget.

1. Darussalam, jagonya jajanan yang ramah kantong

Jajanan Siap Saji via http://www.tribunnews.com

Darussalam di kenal dengan sebutan kota pendidikannya orang Aceh. Kampus jantung hati rakyat Aceh terletak di daerah ini. Jelas saja, daerah ini dipenuhi dengan jejeran toko fotokopi, kos-kosan dan yang paling penting jalanannya padat merayap. Saat sore dan malam hari, kamu bisa ngedapatin berbagai varian makanan. Mulai dari siomay, bakso goreng, gorengan, burger, roti bakar, martabak, sate, nasi goreng seafood, nasi goreng kampung, dan lain-lain. Pokoknya top markotop.

2. Simpang Prada, selevel di bawah nikmat surga

Mie Aceh Tumis daging via http://rolianireli.tumblr.com

Di Simpang prada, kamu bakal ngeliat jejeran gerobak-gerobak pinggir jalan. Di tambah lagi suara adu gesek belangan dan sendoknya yang benar-benar menggelegar. Nah, di daerah ini ada satu tempat makan yang rasanya enak banget yaitu mie turis. Mie turis memiliki rasa khas Aceh banget. Kamu juga memiliki varian menu makan mie, misalnya goreng atau rebus, pakai daging atau seafood dan lain-lainnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya