Jogja memang merupakan salah satu destinasi tersohor di Indonesia, apalagi buat para pecinta sunrise. Nah, kali ini akan dibahas beberapa spot sunrise buat kamu para traveller yang hobi berburu sunrise di Jogja dan sekitarnya, terutama Magelang ya. Dijamin kamu bakal ngerasain suasana sunrise yang ditemani dengan kekayaan alam Indonesia. W-O-W banget deh pokoknya!

 

1. Candi Borobudur

Sunrise Candi Borobudur

Sunrise Candi Borobudur via https://bomanta.com

Candi yang terkenal banget baik di kalangan nasional maupun internasional. Nah, di sini kamu nggak cuma bisa mengunjungi bangunan bersejarah, tapi juga bisa menikmati sunrise lho. Banyak banget tour agent yang membuka program Sunrise Tour Borobudur. Berburu sunrise di sini dijamin gak bakal nyesel deh.

Advertisement

Sunrise di Candi Borobudur sendiri biasanya mulai terlihat pukul 05.44. Kamu harus udah di sana sebelum jam segitu lho ya. Kenapa? Karena kamu masih harus membeli tiket masuk dan mencari spot yang bagus untuk mengabadikannya bukan?

2. Puthuk Setumbu

Sunrise Puthuk Setumbu

Sunrise Puthuk Setumbu via http://www.wisatakeyogyakarta.com

Sering disebut sebagai “Golden Sunrise Puthuk Setumbu” , karena di sini kita bisa  menyaksikan sunrise dengan pemandangan Borobudur. Lokasinya nggak jauh dari Candi Borobudur, tapi inget ya, untuk menikmatinya kamu harus mendaki sedikit saja, ya itung-itung lumayan buat olahraga pagi kan. 

Waktu sunrise di Puthuk Setumbu nggak jauh beda dengan di Candi Borobudur, biasanya mulai terlihat pada pukul 05.44. Untuk tiket masuknya, itu sekitar Rp. 15.000,00, tapi harga sewaktu-waktu bisa berubah sesuai kebijakan di sana ya…

3. Bukit Barede

Sunrise Bukit Barede

Sunrise Bukit Barede via https://www.jejakpiknik.com

Advertisement

Masih di Magelang, ini dia Bukit Barede, salah satu spot pilihan untuk menikmati sunrise. Di sini, kamu juga harus melakukan sedikit pendakian untuk sampai ke spot sunrisenya ya. Selain itu, di sini juga ada spot selfie lho, jadi kalau kamu ingin berfoto di spot selfie bertepatan dengan sunrise juga bisa. Namun, untuk berfoto di spot selfienya kamu harus bayar lagi ya.

4. Bukit Rhema Gereja Ayam

Masih ingat dengan film Ada Apa Dengan Cinta 2 alias AADC 2? Ya, ini dia tempat Rangga dan Cinta menikmati sunrise mereka. Lokasinya gak jauh dari Bukit Barede. Di sini kamu bisa masuk ke Gereja Ayam dan menelusurinya hingga puncak. Nah, di puncak ini deh kamu bisa menyaksikan sunrise yang begitu indah, apalagi kalau ceritanya sama kayak Rangga dan Cinta donk ya, makin sweet deh~

5. Gunung Merapi

Merapi Sunrise

Merapi Sunrise via http://www.instagram.com

Sunrise di Merapi harus banget kamu rasain, di sini kamu bakal ngerasain betapa megahnya si gunung Merapi ini ditambah dengan kehangatan dan keindahan sang Mentari.  Untuk menikmati sunrise di gunung Merapi pun kamu nggak perlu repot mikirin transportnya karena sekarang udah banyak banget jasa tour yang menawarkan paket sunrise di gunung Merapi. Jadi kamu tinggal siap bangun pagi aja, jangan sampe kelewatan ya, bakalan nyesel soalnya~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya