Banyak orang yang sangat tidak perduli dengan bentuk tubuh bahkan bobot tubuh yang mereka miliki. Mereka berpendapat bahwa mereka nyaman-nyaman saja dengan bobot tubuh yang mereka miliki. Padahal tanpa sadar penyakit sudah mengintai mereka.

Gimana sih cara menentukan kalau tubuh kita ini udah oversize? atau bahkan obesitas? Kalian bisa simak penjelasan di bawah ini.

Pembagian Masa Tubuh terdapat dalam beberapa bagian seperti berikut:

  • <18,5 termasuk kategori kurus atau kurang berat badan.
  • 18,5 hingga <25 termasuk kategori normal.
  • 25 hingga <30 berada pada kategori berat badan berlebih atau gemuk.
  • >30 termasuk kategori obesitas.

Obesitas dibagi lagi menjadi : 

  • Obesitas kelas 1: indeks massa tubuh antara 30 hingga <35
  • Obesitas kelas 2: indeks massa tubuh antara 35 hingga <40
  • Obesitas kelas 3; indeks massa tubuh di atas angka 40. Obesitas ini biasanya disebut juga obesitas ekstrem atau obesitas parah.

Lalu bagaimana cara mengetahuin Indeks masa tubuh kita? Kalian bisa melakukna pernghitungan seperti ini Contohnya, jika berat badan kamu 58 kg dan tinggi badan Anda 1,6 m maka cara berhitungnya adalah 58/1,6 x 1,6 sehingga didapatkan hasil 22,65.

So gimana, udah dapet hasilnya ? Kalau kalian masuk dalam kategori berat yang berlebihan mending diet yuk dari sekarang! Berikut beberapa tips yang bisa membantu kamu untuk memulai program penurunan berat badan.

 

1. Hitung indeks massa tubuh (Body Mass Index)

Seperti yang sudah dibahas di awal kalian bisa menghitung Indeks Massa Tubuh kalian dengan cara:

BMI = Berat badan / Tinggi badan kuadrat

Advertisement

Kalian bisa liat contoh perhitungan seperti foto di atas yah!

2. Pergunakan aplikasi bantuan penghitung kalori

Kalau kalian sudah tau berapa massa tubuh kalian sekarang waktunya kalian memulai perhitungan berapa banyak kalori yang dibutuhkan tubuh kalian untuk mencapai berat abdan yang ideal.

Menggunakan aplikasi bantuan ini sangat bermanfaat loh ternyata. Karena kalian bisa tahu berapa besar kalori, lemak, protein, karbo yang akan kalian konsumsi. Salah satunya kalian bisa menggunakan aplikasi bantuan bernama Fatsecret

3. Ubah pola makan menjadi makanan sehat

Advertisement

Mulailah memilih makanan makanan yang sehat buat tubuh kalian. Makanan yang menunjang program penurunan berat abdan kalian. Kalian bisa menggurangi makanan yang digoreng dan beralih ke rebus atau kukusan. Perbanyak mana buah dan sayuran. Menggurangi makanan berlemak tinggi.

Kalau kalian suka susu kalian bisa memulai untuk minum susu yang Low Fat atau rendah lemak. Sudah banyak kok susu rendah lemak yang dijual dipasaran. Yang jelas dan paling penting perbanyak minum air putih. Kalau bisa si anget. Karena ini ternyata ampuh banget lho!

4. Imbangi dengan olahraga dan tdur yang cukup

Kalau pola makan kalian sudah benar kalian juga bisa mengimbangi dengan olah raga kecil di rumah. Seperti sbeelum tidur dan setelah bangun tidur.

Pasti banyak yang beralasan "Nggak bisa olahraga udah capek kerja"

"Nggak bisa olah raga karena pulang kerja selalu malam "

Nggak usah khawatir kalian bisa olahraga kecil di rumah seperti melakukan Plank, Push Up, Sit Up atau bermain lompat tali (skipping).

Selain itu beristirahatlah dengan cukup. Ternyata tidur yang cukup bisa membantu pembakaran kalori dalam tubuh lho!

5. Niat!

Yang paling penting dari semua tips di atas adalah NIAT! Percuma ngomong ingin diet mayo, diet sehat dan diet yang lainnya. Udah mahal eh malah nggak niat! Percuma mengikutin program diet yang mahal kalau kalian nggak NIAT. Tanpa niat semuanya akan percuma. Mulailah engan niat dan tekat untuk fit dan mempunyai badan Ideal, setelah itu semua akan berjalan dengan lancar.

Selamat mencoba yah~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya