Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa hampir semua orang ingin segera menemukan jodohnya. Bagi kamu yang sudah memasuki usia matang, pertanyaan-pertanyaan seperti “Kapan punya pacar? Kapan menikah?” sudah pasti jadi makanan sehari-hari jika bertemu dengan rekan, sahabat, atau keluarga jauh. Apalagi kalau kamu hidup di lingkungan yang masih menganggap menikah tua sebagai hal yang tabuh bagi wanita.

Namun, karena keterbatasan lingkungan dan pergaulan, terkadang kamu kesulitan menemukan calon pasangan yang cocok dengan kepribadian. Sehingga kamu tidak sadar usia semakin bertambah dan jodoh tidak kunjung ditemukan.

Jika kamu terus mengalami kesulitan untuk mendapatkan pasangan dari lingkungan pergaulan, kamu bisa mencoba mencari pasangan melalui dunia maya lho. Saat ini banyak media sosial seperti Facebook, sebagai tempat untuk saling bertukar pesan dan informasi.

Bahkan sudah ada beberapa situs dan aplikasi kencan online di Indonesia yang bisa kamu gunakan. Namun, tidak sedikit orang yang masih khawatir mencoba alternatif ini karena alasan keamanan atau calon pasangannya tidak jelas asal usulnya.

Untuk itu, berikut adalah lima tip aman untuk kamu para wanita yang ingin mencoba mencari pasangan melalui situs atau aplikasi kencan online.

1. Kenali baik-baik karakternya

Georgie Pauwels via https://www.flickr.com

Mengenal karakter merupakan poin utama yang menjadi bahan pertimbangan apakah kamu akan serius dengan dia atau tidak. Jangan ragu untuk mencari informasi tentang orang tersebut melalui internet, sebelum kamu memutuskan untuk menginisiasi pembicaraan.

Advertisement

Kamu juga bisa mencari informasi melalui akun media sosial, seperti Instagram, Facebook, atau Path untuk mengetahui kepribadian asli pria tersebut.

2. Jangan membagikan informasi pribadi

Ladies, sangat penting untuk tetap menjaga informasi yang kamu bagikan kepada si dia. Apabila kamu baru berkenalan dengan orang tersebut, lebih baik kamu tidak perlu memberikan informasi tempat tinggal atau tempat kerja kamu. Untuk mengantisipasi agar orang tersebut tidak datang berkunjung secara tiba-tiba dan melakukan perbuatan yang tidak diinginkan.

Saat memasang foto profil pun lebih baik yang sopan dan tidak mengenakan pakaian yang terlalu terbuka. Untuk menghindari pria-pria “nakal” yang mendekati hanya karena tergoda dengan foto profilmu yang cenderung seksi.

3. Tidak perlu terburu-buru untuk bertemu

Nicu Buculei via https://www.flickr.com

Advertisement

Ada pepatah mengatakan “Woman must be like butterfly, easy to see hard to catch”. Pepatah tersebut alangkah baiknya diterapkan juga saat mencari jodoh di dunia maya. Jangan terburu-buru menyetujui undangan untuk bertemu, apabila kamu baru kenal dengan pria tersebut. Bukan berarti kamu harus jadi wanita yang sok jual mahal, tapi jika kamu belum terlalu kenal pria tersebut lebih baik ditunda terlebih dahulu.

Apabila kamu sudah yakin untuk bertemu, hal yang perlu kamu lakukan adalah mencari tempat bertemu yang aman dan ramai. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, akan lebih baik jika waktu bertemu juga tidak terlalu malam.

4. Hati-hati dengan segala permintaan si Dia

Jika pria tersebut mulai cerita tentang kesulitan hidupnya dan berujung meminta pinjaman uang, lebih baik kamu berpikir ulang untuk melanjutkan hubungan dengan pria tersebut. Hal tersebut bisa saja merupakan tipuan dari pria tersebut. Karena pria tersebut mungkin hanya mendekati kamu untuk mendapatkan uang, lalu tiba-tiba menghilang.

Pria baik tentunya akan menjaga wibawanya dengan tidak meminjam uang dari wanita, apalagi wanita tersebut baru dia kenali.

5. Terbuka dengan orang terdekat

Matus Laslofi via https://www.flickr.com

Apabila kamu memutuskan untuk mencari jodoh melalui dunia maya, ada baiknya kamu menginformasikan hal tersebut dengan orang terdekat seperti sahabat, orang tua, atau saudara. Hal ini bertujuan agar orang terdekat kamu juga dapat mengetahui perkembangan perihal hubungan kamu dengan pria yang kamu kenal di dunia maya. Serta dapat memberikan masukan-masukan untuk kamu.
Kamu juga bisa mengajak salah satu teman kamu untuk ikut serta di pertemuan pertama dengan pria itu (dan dia juga bisa membawa temannya). Suasana kopi darat grup akan serasa lebih casual dan kamu pun merasa lebih aman karena ada teman yang bisa diandalkan (misalnya ternyata si pria nyebelin, tinggal kabur saja deh!).

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya