#AyoKeUK

Ada banyak hal yang membuat Inggris Raya begitu menarik. Dari budaya populer, Kerajaaan, sejarah, olahraga, hingga pendidikan. Beragam daya tarik ini membawa wisatawan untuk datang ke negeri Ratu Elizabeth II dengan berbagai alasan dan latar belakang. Secara garis besar, lima tipe orang inilah yang mempunyai alasan kuat untuk datang ke Inggris Raya

1. Penggemar Sepak Bola

Liga Inggris sudah barang tentu tidak perlu diragukan lagi sebagai salah satu liga sepakbola terbaik di dunia. Penggemar sepakbola tentu ingin mengunjungi stadion klub kesayangannya. Di London misalnya, terdapat Emirates Stadium milik Arsenal dan Stamford Bridge milik Chelsea. Tur stadion umumnya berdurasi sekitar 1 jam. Kita akan diajak untuk melihat ruang ganti pemain, berjalan di terowongan layaknya pemain menuju lapangan, merasakan sensasi menginjak rumput lapangan, hingga mengarungi sejarah klub di museumnya. Selain itu, jangan lewatkan kesempatan menonton tim kesayangan bertanding secara langsung bila ada jadwalnya. Jika ada waktu dan dana lebih, National Football Museum di kota Manchester bisa menjadi pilihan tempat yang dikunjungi selanjutnya.

2. Pecinta Musik

Advertisement

Dunia permusikan Inggris Raya adalah legenda. Selama berdekade, Inggris Raya selalu menghasilkan musisi terkenal. Dari The Beatles hingga Coldplay, dari genre rock hingga elektronika, dari musisi arus utama hingga musisi indie. Banyak wisatawan mendatangi Inggris Raya untuk napak tilas tempat- tempat legendaris seperti Abbey Road di London, tempat The Beatles melakukan sesi pemotretan untuk album mereka. Tidak sedikit pula yang khusus datang ke Inggris Raya untuk menikmati festival- festival musik ternama di musim panas, Glastonbury misalnya. Jika senang mengoleksi album vinyl, menyempatkan diri untuk mampir di toko rekaman seperti Phonica Records di London bisa menjadi alternatif.

3. Pecinta Fiksi

Inggris adalah tempat asal beragam kisah fiksi populer seperti Sherlock Holmes dan Harry Potter. Penggemar kisah Sherlock Holmes tentu tidak akan melewatkan kunjungan ke Sherlock Holmes Museum di London. Museum ini terletak di Baker Street nomor 237-241. Meski demikian, museum ini mendapatkan izin khusus dari pemerintah kota untuk memasang nomor 221B agar sesuai dengan alamat Sherlock Holmes di novel. Museum ini berusaha “menghidupkan” tempat di mana detektif terkenal tersebut tinggal seperti ruang tamu di mana Holmes dan Dr. Watson menerima klien-klien mereka, laboratorium, kamar Holmes, dan kamar Dr. Watson.

Advertisement

Untuk penggemar cerita Harry Potter, terdapat Alnwick Castle yang digunakan sebagai Hogwarts Castle pada film “Harry Potter and the Philosopher’s Stone” dan “Harry Potter and The Chamber of Secrets”. Kastil ini terletak di North Umberland. Jika dicapai menggunakan kereta dari London, pastikan untuk berswafoto di peron 9¾ di Stasiun King’s Cross. Selain itu, ada juga tur “The Making of Harry Potter” di Warner Bros. Studios, Leavesden. Peserta tur ini akan dapat melihat studio di mana semua film Harry Potter dibuat. Terdapat berbagai hal menarik seperti panggung, properti, dan kostum yang digunakan dalam pembuatan film. Beberapa panggung yang menarik adalah kantor Dumbledore, Diagon Alley, dan kantor Kementrian Sihir.

4. Penikmat Arsitektur

London Aquatics Centre

London Aquatics Centre via https://www.domusweb.it

Inggris Raya menawarkan keindahan arsitektur yang beragam. Sekedar mengunjungi landmark terkenal seperti Big Ben dan Westminster Palace di London. Menikmati keindahan bangunan berlanggam arsitektur klasik yang sarat sejarah, seperti Westminster Abbey, kathedral dan kastil tua di berbagai penjuru Inggris Raya. Bagi pecinta arsitektur kontemporer dengan desain yang tidak biasa, kita bisa menikmati beberapa bangunan publik yang didesain oleh arsitek- arsitek ternama, sebut saja IWM North Museum di Manchester, London Aquatics Centre, dan Library of Birmingham. Namun, menikmati arsitektur tidak melulu di kota besar. Sebagai alternatif untuk kalian yang lebih suka dengan ketenangan bisa ke Bibury di Glouchestershire atau Polperro di Cornwall. Menikmati deretan rumah di pedesaan Inggris yang cantik bisa menjadi gateaway yang menyenangkan.

5. Wanderlust Seeker

Isle of Skye

Isle of Skye via https://www.rabbies.com

Dibalik hingar- bingar kehidupan metropolitan ataupun suasana pedesaan yang indah, Inggris Raya juga menyimpan banyak keindahan alam yang akan memuaskan naluri berkelana para wanderlust seekers. Berpetualang di alam Isle of Skye di Skotlandia dengan pemandangan yang tidak terlupakan, atau hanya sekedar melewatkan waktu beberapa jam dengan duduk santai di atas padang rumput di White Cliff of Dover sambil menikmati laut, langit biru, dan hembusan udara.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya