5 Tips Agar Hunian Nyaman Sesuai dengan Karakteristikmu

Tips Hunian Nyaman Sesuai Karakteristikmu

Rumah merupakan tempat yang penting untuk beristirahat, berkumpul bersama keluarga, dan melakukan banyak aktivitas lainnya. Menurut Budiharjo Eko, rumah merupakan simbol dan pencerminan tata nilai selera pribadi penghuninya. Setiap orang memiliki karakteristik dan juga kebutuhan yang berbeda-beda. Oleh karena itu setiap orang menginginkan sebuah hunian yang nyaman dan juga sesuai dengan kebutuhan serta karakter penghuninya.

Salah satu cara untuk menciptakan sebuah hunian yang nyaman dan juga sesuai dengan karakteristik penghuninya salah satunya dengan penerapan desain yang berpusat pada manusia atau Human Centered Design (HCD). Desain yang berpusat pada manusia merupakan sebuah pendekatan desain yang berfokus pada pengguna yang akan menggunakan atau membutuhkan desain yang akan dirancang, untuk menghasilkan sebuah desain yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan pengguna itu sendiri. Dengan penerapan desain ini, selain dapat lebih fokus untuk mengetahui dan memenuhi kebutuhan pengguna, juga dapat membuat suasana rumah kamu menjadi lebih nyaman dan sesuai dengan karakteristik penghuninya.

Terdapat banyak cara yang dapat kamu perhatikan untuk menciptakan rumah yang sesuai dengan karakteristikmu. Berikut beberapa tips yang dapat kamu terapkan!

Advertisement

1. Gaya Interior

Photo by Vlada Karpovich from Pexels

Photo by Vlada Karpovich from Pexels via https://www.pexels.com

Untuk menciptakan sebuah hunian yang nyaman sesuai dengan karakteristikmu, kamu perlu mengetahui gaya interior apa yang ingin kamu terapkan dalam hunian kamu. Tiap anggota keluarga memiliki karakter yang berbeda-beda, hal ini dapat kamu perhatikan ketika ingin menerapkan gaya interior baik ruang public maupun ruang private untuk tiap anggota keluarga, agar tiap anggota keluarga dapat memiliki ruangan private yang sesuai dengan karakternya masing-masing. Misalnya seperti gaya desain interior modern yang cukup polos dengan kesan sederhana, dan fungsional  cocok untuk karakteristik pengguna yang menginginkan kepraktisan.

2. Ergonomi

Photo by Ron Lach from Pexels

Photo by Ron Lach from Pexels via https://www.pexels.com

Hal yang tak kalah penting dalam penerapan sebuah desain yang berpusat pada manusia yaitu ergonomi. Ergonomi memiliki peran penting dalam kenyamanan penggunanya. Tiap ruang dalam rumah memiliki standar ergonomi yang perlu kamu perhatikan. Misalnya seperti dapur, ruang kerja, kamar mandi, dan lain sebagainya. Dibutuhkan penerapan ergonomi yang baik dalam tiap ruangan tersebut. Ergonomi yang baik selain dapat memberikan kenyamanan pada pengguna juga dapat membuat aktivitas penggunanya menjadi lebih efisien.

Advertisement

3. Kebutuhan Ruang

Photo by Pixabay from Pexels

Photo by Pixabay from Pexels via https://www.pexels.com

Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu mengenai kebutuhan ruang yang kamu perlukan dalam sebuah hunian. Setiap orang memiliki karakteristik dan kebutuhan ruang yang berbeda-beda, oleh sebab itu kamu bisa mengkategorikan kebutuhan dengan menyesuaikan aktivitas dan kebiasaan kamu agar tiap ruang dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Misalnya seperti pada era pandemi saat ini, di mana kebanyakan orang membutuhkan ruangan khusus untuk bekerja dari rumah.

4. Suasana Ruang

Photo by Max Vakhtbovych from Pexels

Photo by Max Vakhtbovych from Pexels via https://www.pexels.com

Suasana ruang biasanya berkaitan dengan warna-warna yang ingin kamu terapkan dalam ruangan kamu. Warna juga dapat menghadirkan suasana ruang yang lebih berkarakter dan dapat mempengaruhi psikologis penggunanya sendiri lho. Kamu bisa memilih penggunaan warna-warna sesuai dengan karakteristik dan keperibadian kamu sehingga dapat membuat kamu lebih nyaman untuk beraktivitas di dalamnya. Contoh warna gelap untuk karakter tegas, atau warna netral jika ingin membuat suasana ruang yang lebih lembut.

5. Dekorasi

Advertisement
Photo by Ann Nekr from Pexels

Photo by Ann Nekr from Pexels via https://www.pexels.com

Dekorasi selain dapat mempercantik sebuah ruangan, juga dapat menjadi cerminan dari karakteristik pribadi penghuni rumah. Kamu dapat menambahkan dekorasi sesuai dengan karakter pribadimu, seperti foto diri atau keluarga, lukisan, tanaman, buku dan lain sebagainya. Hal ini bisa kamu sesuaikan dengan hobi maupun interest masing-masing anggota keluarga sehingga rumah terasa lebih homey dan nyaman.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu terapkan dalam rumah kamu. Jangan lupa untuk memerhatikan aktivitas dan kebutuhanmu ya ketika ingin menerapkan tips ini dalam rumah. Yuk buat rumah kamu menjadi hunian yang nyaman sesuai dengan karakteristikmu!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE