5 Tips Asyik Menikmati Pasar Malam Klaten

Kalau kamu sudah sampai di kampung halamanmu di Klaten, tidak ada salahnya kok buat melepas kepenatanmu selama di perjalanan mudikmu dengan menikmati pasar malam Klaten. Apalagi buat kalian yang kebetulan sedang dalam perjalanan mudik dan melewati Klaten di malam hari mampirlah sejenak di pesta rakyat ala anak-anak Klabers (Klaten Bersinar) ini.

Pasar malam Klaten diadakan selama bulan ramadhan hingga menjelang Idul Fitri di kawasan GOR GELARSENA Klaten di Jl. Mayor Sunaryo. Selepas hari Idul Fitri, pasar malam akan pindah di Desa Krakitan, Bayat, Klaten bersamaan dengan acara tradisi syawalan di bukit sidoguro. Berikut ini 5 tips asyik untuk menikmati pasar malam Klaten yang epik.

 <>1. Datanglah ke pasar malam Klaten selepas maghrib dan parkir tepat di depan kawasan GOR GELARSENA, agar tidak terlalu jauh dan berdesak-desakan.
Bianglala di Pasar Malam Klaten by @agytamafelix

Bianglala di Pasar Malam Klaten by @agytamafelix via https://instagram.com

Waktu terbaik buat datang ke pasar malam Klaten adalah selepas maghrib sekitar pukul 18.00 WIB. Parkiran mobil atau motormu tepat di depan GOR GELARSENA, karena tersedia lahan parkir yang cukup luas dan terdekat dari pasar malam.

Bagian depan GOR GELARSENA ini berada di JL. Mayor Sunaryo bukan yang di Jl. Veteran karena itu sisi belakangnya walaupun kamu bisa parkir disana juga.

Bersamaan waktu buka puasa itu membuat kamu bisa lebih leluasa menikmati pasar malam Klaten tanpa berdesak-desakan, karena semakin malam semakin banyak masyarakat yang berdatangan.

Kamu juga bisa lebih nyaman untuk melihat-lihat berbagai barang dan jasa yang ditawarkan di sana.

<>2. Nikmatilah pasar malam Klaten dari bagian depan, tengah, hingga ke belakang. Yang menawarkan berbagai permainan yang menantang.
Tong Setan by @irlan_t

Tong Setan by @irlan_t via https://instagram.com

Memang lebih asyik kalau kamu menjelajahi pasar malam Klaten dari bagian depan. Di bagian depan ini ada permainan bom-bom car, ombak banyu, komedi putar, tong setan, kora-kora dan bianglala.

Namun dari beberapa permainan itu, bom-bom car dan ombak banyulah yang paling populer dan diminati oleh para pengunjung.

Makanya kamu wajib nyobain bom-bom car dengan keseruan mengemudikan mobil sambil bertabrakan dengan mobil lainnya. Jika sudah puas, kamu bisa naik ke permainan ombak banyu yang berputar dan bergoyang seperti ombak laut.

Perjalanan bisa kamu lanjutkan di bagian tengah pasar malam, rata-rata permainan yang ditawarkan membutuhkan ketangkasanmu dengan menyediakan berbagai hadiah. Mulai lempar bola ke susunan kaleng, lempar bola pingpong ke gelas sloki hingga menebak nomer yang keluar.

Pada bagian belakang kamu bisa nyobain permainan bianglala dengan pandangan yang terbaik dari atas. Saat di posisi atas kamu bisa menyaksikan sebagian gemerlap warnai-warni berbagai stand dan wahana permainan dari pasar malam Klaten.

Kamu juga bisa menyaksikan lalu lalang dari mobil dan motor pemudik yang melewati Jl. Veteran. Di jamin deh kamu bakalan puas dengan menjelajahi pasar malam Klaten mulai dari bagian depan hingga belakang.

<>3. Jika pintar tawar menawar, kamu bisa mendapatkan aneka model pakaian hingga sepatu yang cantik dengan harga murah.
Kamu harus jago tawar menawar aneka pakaian

Kamu harus jago tawar menawar aneka pakaian via http://infopublik.id

Di pasar malam Klaten kamu juga bisa membeli aneka model pakaian hingga sepatu yang cantik dengan harga murah. Walaupun di beberapa stand penjualan sudah memasang nominal harga, kamu masih bisa menawarnya kok.

Makanya kalau kamu datang ke pasar malam, jangan lupa ngajak saudara yang pandai menawar. Siapa tahu baju maupun sepatu yang selama ini kamu cari ada di sana dan kamu bisa dapatkan dengan harga murah.

<>4. Bakso dan Mie Ayam menjadi kuliner andalan dan wajib kamu coba saat di pasar malam Klaten.
Bakso by @angga_purenda

Bakso by @angga_purenda via https://phiapu.blogspot.com

Ketika kamu sudah puas menjelajahi berbagai permainan dan stand, waktunya buat kuliner. Di pasar malam Klaten banyak dijajakan bakso dan mie ayam yang akan memanjakan lidahmu.

Kamu tinggal pilih mau mencicipi bakso dan mie ayam di warung yang mana karena tersebar di bagian depan, tengah hingga belakang. Memang 2 menu kuliner itu menjadi andalan dan wajib kamu coba saat di pasar malam Klaten.

<>5. Martabak telur, arum manis hingga kapal othok-othok bisa jadi oleh-oleh buat keluarga di rumah.
Arum manis by @angga_purenda

Arum manis by @angga_purenda via https://phiapu.blogspot.com

Terakhir, kamu bisa berburu oleh-oleh buat keluarga di rumah yang khas dari pasar malam Klaten sebelum pulang. Mulai dari martabak telur, arum manis hingga kapal othok-othok bisa jadi pilihanmu sebagai buah tangan.

Masih ada juga donat, cakwe dan aneka gorengan yang bisa jadi cemilanmu saat melanjutkan lagi perjalanan mudikmu. Pokoknya puaskan dirimu selagi masih bisa menikmati tradisi pasar malam yang khas dari Kabupaten Klaten. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pecinta Kuliner | e-mail: anggapurenda@gmail.com

4 Comments

CLOSE