5 Tips Buat Kamu yang Baru Jadi Anak Rantau, Karena Merantau Juga Perlu Persiapan

Tips Anak Rantau

Nggak terasa liburan hampir usai dan akan memasuki tahun ajaran baru nih.

Terutama yang baru lulus SMA, ada yang lanjut bekerja dan ada juga yang lanjut perguruan tinggi. Kebanyakan pasti memilih untuk kuliah di luar kota dan menjadi anak rantau. Jauh dari orangtua, tinggal sendirian, dan pulang hanya beberapa bulan sekali, atau mungkin sampai setahun beberapa kali dikarenakan jarak kota rantauan dengan kampung halaman yang cukup jauh.

Nah, buat yang mau merantau pasti sedang was-was nih mikirin gimana nanti tinggal di luar kota untuk waktu yang cukup lama sendirian, mikirin gimana caranya beradaptasi di lingkungan yang baru dan kenal sama orang-orang baru juga. Tenang, ini dia 5 tips bagi kamu yang baru jadi anak rantau!

Advertisement

1. Cari kost yang strategis

Hal yang paling penting dan ciri khas anak rantau sudah pasti kost-kostan.

Ada baiknya sebelum kamu menetap di kota baru, dari jauh-jauh hari kamu sudah mencari info tentang kosan di tempat yang akan kamu tinggali.

Memilih kosan juga tidak boleh sembarangan, kamu harus teliti dan membaca deskripsi tentang kosan yang akan kamu pilih, baik dari daerah kost yang jauh dari kampusmu atau di situ ramai lingkungannya, serta kondusif, dan faktor-faktor lainnya.

2. Perbanyaklah jalan-jalan di tempat barumu

Jalan-jalan skuy

Jalan-jalan skuy via http://jogjapedia.net

Sebelum kamu pindah, ada baiknya juga kamu cari tahu dulu ada apa aja di tempat barumu ini. Entah itu masyarakat di sana, tempat wisata, tempat nongkrong, isu-isu yang lagi hangat, dan sebagainya. Jadi pas kamu lagi bosan dan ingin menghibur diri, kamu gak bingung lagi mau ke mana.

3. Jadilah anak rantau yang aktif

eksplor hal baru

eksplor hal baru via http://superyouth.id

Jadilah anak rantau yang aktif, ikuti kegiatan kampus maupun di luar kampus. Selain menambah pengalaman, kamu juga bisa menambah relasi di manapun, lho.

Advertisement

4. Hemat uang sebisamu

Ini dia nih, jauh dari orang tua harus bisa mengatur keuangan, bukannya malah boros. Mentang-mentang dapet kiriman awal bulan, eh langsung dipake buat yang gak penting, akhir bulan baru kerasa deh. Kalau bisa setiap mau belanja mending bikin daftar dulu deh mana yang penting dan enggaknya.

5. Jangan lupa untuk selalu hubungi orang tua

Dan terakhir yang paling penting nih temen-temen, jangan lupa untuk selalu telepon orangtua untuk ngasih kabar, baik itu lagi seneng maupun lagi ada masalah. Jangan buat orangtua khawatir ya, apa lagi nelponnya cuman saat akhir bulan aja.

Nah itu dia tips bagi kamu yang baru jadi anak rantau, jangan lupa diterapin agar sukses ya temen-temen!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE