5 Tips Menghadirkan Kesan Natural Dalam Rumah. Buat Hunian Kamu Jadi Nyaman!

Tips Buat Hunian Kamu Jadi Lebih Natural

Rumah yang nyaman, membuat siapapun dapat beraktivitas dan beristirahat dengan lebih maksimal didalamnya. Kenyamanan dapat diperoleh melalui beberapa cara, seperti menghadirkan nuansa natural di dalam rumah. Nuansa ini dipercaya dapat memberi kesan hangat, tentram, dan nyaman bagi penghuni rumah. Nuansa natural didapatkan melalui penerapan eko interior.

Eko interior merupakan sebuah konsep desain yang dapat mengurangi dampak kerusakan lingkungan dan juga dapat membuat rumah  kamu terasa lebih natural dan nyaman. Selain bisa memberi dampak positif bagi penghuni rumah, penerapan eko interior dapat  membuat kamu lebih melestarikan alam, salah satunya dengan adanya penghematan energi dalam aktivitas sehari-hari dirumah kamu.

Terdapat beberapa hal yang dapat kamu terapkan dalam rumah kamu, ketika ingin menggunakan konsep eko desain. Berikut beberapa hal yang dapat kamu perhatikan!

Advertisement

1. Orientasi Bangunan

Photo by Vogue

Photo by Vogue via https://www.pinterest.com

Orientasi bangunan dalam eko interior menyangkut arah hadap bangunan rumah. Salah satu bentuk orientasi rumah yang baik yaitu menghadap ke selatan dan tegak lurus terhadap arah angin. Ini berkaitan dengan posisi bukaan dalam rumah,  dimana rumah dengan posisi ini dapat memperoleh sinar matahari yang tidak menyilaukan secara langsung. Hal ini membuat rumah bisa mendapatkan pencahayaan matahari dengan baik dan membuat penghuni rumah dapat beraktivitas dengan nyaman karena tidak terpapar langsung panas matahari. Selain itu rumah yang baik juga dapat memiliki ruang dan ukuran yang dapat mewadahi segala kebutuhan aktivitas seluruh anggota keluarga dalam rumah kamu.

2. Pencahayaan

Photo by threebirdrenovations via pinterest

Photo by threebirdrenovations via pinterest via https://www.pinterest.com

Pencahayaan yang baik dapat memberikan dampak positif bagi penghuni rumah. Kamu dapat memperoleh pencahayaan alami yang dengan adanya jendela dan bukaan yang cukup dalam rumah kamu. Dengan adanya bukaan ini, pada siang hari penggunaan listrik dalam rumah kamu dapat dikurangi.

Advertisement

3. Penghawaan

Photo by homeadore via pinterest

Photo by homeadore via pinterest via https://www.pinterest.com

Hal lainnya yang dapat kamu perhatikan yaitu mengenai penghawaan dalam rumah kamu. Sirkulasi udara yang baik bisa didapatkan dengan beberapa cara, salah satunya penerapan open space dan juga adanya void dalam rumah. Selain itu, adanya daerah hijau berupa taman, vertical garden dan juga tanaman dalam rumah dapat membuat ruangan menjadi lebih terasa segar. Salah satu jenis tanaman yang dapat kamu manfaatkan yaitu tanaman lidah mertua. Dimana tanaman ini dapat menghasilkan oksigen untuk meningkatkan kualitas udara baik di dalam maupun diluar ruangan.

4. Pemilihan Material

Photo by canadianhomeworkshop via pinterest

Photo by canadianhomeworkshop via pinterest via https://www.pinterest.com

Pemilihan material juga memiliki peran penting dalam menghadirkan kesan natural dalam rumah. Penerapan material alami seperti bebatuan, marmer dan kayu dapat menambah kesan natural dalam rumah kamu. Selain itu kamu juga dapat menggunakan material dan furniture hasil reuse,reduce, dan recycle (3R) ke dalam rumah untuk mengurangi dampak kerusakan alam. Contohnya seperti pemanfaatan kembali material kayu bekas seperti tangga kayu sebagai rak buku, ataupun pengolahan kembali material sampah plastik sebagai aksesoris interior rumah kamu.

5. Faktor Pendukung

Advertisement
Photo by threebirdrenovations via pinterest

Photo by threebirdrenovations via pinterest via https://www.pinterest.com

Terdapat beberapa faktor pendukung lain yang bisa kamu perhatikan untuk menerapkan eko desain dalam rumah kamu, seperti pemisahan sampah organic dan anorganik dalam rumah, pemanfaatan kembali air sisa ataupun gray water untuk aktivitas lain dalam rumah kamu seperti untuk menyiram tanaman. Kamu juga dapat menggunakan cooker hood terutama pada area dapur untuk mengurangi polusi dari kegiatan memasak dan penghematan energi dengan meminimalisir penggunaan listrik dalam rumah kamu terutama pada siang hari.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu perhatikan untuk menerapkan eko interior dalam rumah kamu. Selain bisa memberikan kenyamanan untuk anggota keluarga dalam rumah kamu, kamu juga bisa memberi dampak yang positif untuk lingkungan kamu. Yuk buat rumah kamu menjadi lebih nyaman dengan menghadirkan kesan natural dalam rumah!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE