Jangan jumawa kalau IPK-mu semasa kuliah tinggi, buktikan dulu potensimu di dunia kerja!

Waktu berjalan begitu cepat sehingga tanpa kita sadari sekolah yang kita jalani hampir selesai. Dan kita pasti merasakan ketakutan terhadap karir. Kegalauan itu bukan hanya dirasakan oleh mereka yang akan lulus kuliah, tapi juga dirasakan oleh SMA atau SMK, SMP, bahkan juga mereka yang sudah bekerja. Saya seorang public relation dari sebuah lembaga training dan sekarang saya berumur 20 tahun.

Hehe pasti kalian bertanya tanya kenapa umur segitu sudah bisa bekerja? Apalagi jadi seorang PR? Semua itu karena usaha dan juga doa. Namun selain itu, kepribadian atau sikap juga tak kalah penting dalam menentukan karir atau kesuksesan. Nah, melalui artikel ini saya akan membagikan pengalaman yang saya dapatkan mengenai tips bagaimana fresh graduate bisa sukses meraih karir.

1. Temukan passion-mu lewat jalan yang benar dan nggak menghalalkan segala cara

Temukan passion atau gairah Anda. Pekerjaan yang seperti apa yang Anda inginkan, hal seperti apa yang Anda sukai, sehingga Anda merasa nyaman menjalankannya. Karena suatu pekerjaan akan dapat terselesaikan dengan maksimal apabila Anda melakukannya dengan senang hati dan penuh semangat. Semakin baik Anda menjalankan pekerjaan Anda semakin baik prestasi Anda.

Merasa bangga dan mencintai pekerjaan yang Anda dapatkan atau jalankan itu adalah salah satu bentuk passion Anda terhadap hal tersebut. Do everything with so much love then everything will feel light.

2. Jangan memaksakan kehendak dan kemampuan; jalani apa yang ada dan tetap percaya pada diri sendiri

Advertisement

Ketahui sejauh mana kemampuan Anda. Kemampuan apa saja yang ada pada diri Anda. Karena hal tersebut dapat menjadi tolok ukur untuk pekerjaan seperti apa yang akan mampu Anda lakukan. Dan saran saja, untk menuliskan kemampuan pada sebuah lamaran pekerjaan jangan asal yang bagus bagus dituliskan sedangkan pada kenyataannya Anda tidak menguasai hal tersebut, karenan nantinya akan berdampak di kemudian waktu.

3. Tetap berpikiran positif dan jangan berhenti jika belum mencoba; berkali-kali daftar kerja misalnya

Positive Thinking

Positive Thinking via https://alfonsmvinuela.com

Postif thinking itu harus selalu ada dalam pikiran kita dalam berkarir atau bekerja. Karena pikiran yang positif secara tidak langsung akan membawa pengaruh positif juga terhadap lingkungan sekitar Anda, bahkan bis saja membawa hal positif yang menguntungkan bagi Anda. Karena segala sesuatu yang diawali dengan pemikiran yang positif pasti akan berjalan dengan baik.

Bukan hanya itu sja, pikiran positif juga harus kita gunakan dalam bagaimana kita menilai seorang pimpinan atau bos Anda. Jadi, awali segala dengan positif maka hal baik akan mengikuti.

4. Miliki mental yang tangguh dan nggak gampang mengeluh. Jadilah pribadi mandiri!

Advertisement

Memiliki mental yang tangguh adalah salah satu kunci karir cemerlang. Ada pepatah Semakin tinggi pohon semakin kencang angin yang menerpa, dan semakin kuat akar yang menopang pasti pohon tidak akan tumbang dan akan terus hidup dan tumbuh. Begitu pula dengan kita, begitu banyak tekanan yang pasti kita akan terima dan mengalaminya di dunia kerja.

Bukan hanya tekanan yang berat, kata – kata yang tanpa sengaja dilontarkan kepada Anda dan sangat tidak menyenangkan pun pasti akan terjadi, bahkan bisa juga dalam bentuk sebuah complain. Kita harus mampu menerima dengan mental yang tangguh, mempersiapkan diri kita atas semua kemungkinan baik atau buruk yang akan menimpa diri Anda. Di situlah diri dan kemampuan Anda di asah untuk menjadi lebih baik. Dan jika Anda memiliki mental yang tanguh pasti Anda bisa bertahan dalam keadaan apapun dan tidak mudah tergeserkan.

5. Nggak semuanya melulu soal uang, jangan matre kalau kamu belum merasa mampu!

JANGAN BEKERJA KARENA UANG, apabila alasan Anda bekerja karena Uang Anda sedang dalam kesalahan besar. Karena saya khawatir Anda akan melakukan segala cara untuk mendapatkan uang. Seperti yang ditulis oleh Kristian Hardianto dalam bukunya yang berjudul Super Karir bahwa "Jangan bekerja karena uang" kemudian pasti muncul pertanyaan di pikiran Anda "lalu untuk apa kita bekerja?"

Jawabannya adalah bekerjalah karena prestasi, tujuannya mencari prestasi. Karena, semakin tinggi prestasi yang Anda raih maka jabatan yang tinggi, gaji yang banyak, dan tunjangan yang Anda inginkan akan mengikuti Anda.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya