Memasak adalah kegiatan rutin yang biasa dilakukan terutama oleh kaum wanita terlebih jika mereka sudah berkeluarga, pastinya kebanyakan dari ibu rumah tangga menghabiskan waktu/keseharian mereka di dapur bukan? Berkecimpung dan bercanda gurau dengan alat-alat masak mereka, tapi seperti yang kita tahu, memasak sendiri bukanlah hal mudah yang bisa dilakukan setiap orang terkecuali memasak air, itu sih anak kecil pun bisa, memasak sendiri menjadi sulit bagi mereka yang tidak bisa memasak. Tidak sedikit pula orang yang kurang mempunyai waktu luang untuk memasak, terutama wanita karir. Nah, simak yuk beberapa life hack berikut bagi kamu yang kekurangan waktu dalam menyiapkan masakan seperti waktu terbuang dalam mengupas telur dan  lainnya. Check this out!

1. Mengiris bawang

Memotong bawang

Memotong bawang via https://www.wikihow.com

Bawang merupakan salah satu bahan yang sering digunakan dalam setiap masakan, karena bawang sendiri mempunya rasa dan aroma yang khas yang bisa membuat masakan menjadi lebih gurih dan nikmat, nah karena bentuk dan ukuran bawang sendiri itu kecil yang kadang membuatnya susah untuk dikupas dan di pegang, bagaimana cara mengakalinya?

Pertama, untuk mengupas bawang, kalian bisa memotong bagian bawah bawang yang seperti tangkai, lalu letakan bawang di sebuah kotakan seperti kotak makan, lalu kocok tempat makan tersebut dengan isian bawang di dalamnya, setelah di kocok beberapa saat, maka bawang akan tekelupas,

Advertisement

Kedua, untuk memotong/ mencincang, kalian bisa gunakan sendok garpu, letakan bawang di atas meja, lalu tekan bawang dengan garpu tersebut dari arah kanan dan atas, dan huala, jadilah bawang tersebut mudah di cincang.

2. Mengupas telur rebus

Mengupas telur

Mengupas telur via https://www.youtube.com

Telur rebus sendiri adalah salah satu pilihan sarapan yang bagus bagi kalian yang sedang diet, karena telur sendiri yang mengenyangkan dan rendah kalori, namun pasti banyak dari kita yang benci saat di mana kita harus mengupas cangkang tersebut bukan, apa lagi kalau kekelupasnya sedikit-sedikit, makan banyak waktu bangetkan, nah gimana mengakalinya?

Pertama, kalian ambil sebuah wadah seperti gelas, tempat kotak makan atau sebagainya, lalu tempat tersebut kalian masukan air ke dalamnya, setelah terisi, masukan telur, lalu tutup rapat tempat tersebut, jika sudah siap, silahkan goyang/ kocok tempat tersebut selama satu atau dua menit, kemudian buka, dan huala, telur terkelupas bersih tanpa ada cangkang lagi yang menempel.

3. Membuat cetakan roti atau kue tanpa ribet dan mahal

Kertas Alumunium

Kertas Alumunium via https://www.wikihow.com

Advertisement

Bagi ibu rumah tangga, membuat kue adalah salah satu hal yang menyenangkan, namun, jika bentuk kue yang dibuat bentuknya seperti itu itu saja, bukanya bosan? Nah bagaimana mengakalinya?

Pertama kalian siapkan beberapa lembar alumunium, setelah itu, tumpuk beberapa alumunium menjadi satu, setelah itu gulung alumunium menjadi panjang, dan ratakan (gepengkan) dengan bentuk memanjang, nah setelah itu bentuklah sesuai keinginan kalian untuk jadi bentuk potongan kue yang kalian inginkan.

4. Membuat pisang tetap segar tanpa kulkas

Pisang adalah salah satu buah kegemaran banyak orang, karena rasanya yang enak dan banyak kadungan di dalamnya, pisang menjadi salah satu pilihan utama untuk dijadikan persediaan di rumah, namun sering kali yang di keluhkan adalah pisang yang cepat basi, bagaimana cari mengakali pisang tidak basi tanpa di masukan ke dalam chest freezer?

Pertama, adalah siapkan pisang yang akan kita simpan, lalu siapkan pula sebuah kertas alumunium. Letakan, gulung atau bungkus bagian ujung tangkai dari pisang(bagian atas) dengan kertas alumunium, dan huala, lihat perbedaan beberapa hari dengan pisang yang tidak di bungkus kertas tersebut.

5. Membuang biji apel tanpa perlu mengupas atau memotong apel tersebut

Seperti pisang, apel adalah salah satu buah kegemaran banyak orang, karena rasanya yang enak dan banyak kadungan di dalamnya, apel menjadi salah satu pilihan utama untuk dijadikan persediaan di rumah, namun banyak dari kita yang ingin memakan apel tapi eggan untuk mengupas dan makan karena aja bijinya, bukan? Nah bagaimana mengakalinya?

Pertama, kalian siapkan sebuah suntikan ukuran sedang yang tidak terpakai, lalu potong di atas ujung suntikan tersebut sesuai ukuran daritabung suntik tersebut, penerapannya adalah dengan menekan tabung suntik tersebut melalui atas bagian yang ada bijinya sampai ujung, dan huala, biji serta bekas tangkainya sudah hilang semua.

Nah demikian 5 tips life hack yang bisa kamu coba di dapur, simple bukan? Semoga bermanfaat. Sangat mudah medapatkan inspirasi life hack di sekitar kita tergantung seberapa kreatif kita dan usaha kita untuk mencari.

Ciao~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya