Youtube adalah salah satu platform tempat berbagi video secara gratis, selain tempat untuk berbagi video, youtube juga termasuk salah satu search engine terbesar didunia. Hampir semua orang mengenal  dan menggunakan youtube, sebagai sarana hiburan, belajar, dan lain sebagainya. tidak hanya anak muda saja yang menggunakan youtube, bahkan hampir semua kalangan menggunakan youtube, dari yang muda sampai yang tua, juga menggunakan platform berbagi video ini.

Dan diera modern seperti sekarang ini youtube sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok dan menjadi tempat untuk mencari pundi-pundi rupiah. Youtube juga banyak memberikan dampak positif yang menjadikan banyak hobi menjadi sebuah ladang penghasilan, seperti Piwdiepie yang menjadikan hobi bermain gamenya menjadi sebuah penghasilan dengan menggunakan platform youtube ini, dan masih banyak lagi orang yang sukses didunia peryoutube-an seperti Reza Arap Oktovian (ya meskipun dia pensiun juga akhirnya), Miawug, Ria Ricis, Young Lex dll. Dari chanel gaming, traveling, vlog, musik, word jenius, sampai chanel video prank sudah banyak tersedia di platform yang satu ini.

Bahkan diera milenial seperti sekarang ini youtube dapat dikatakan sudah menjadi sebuah profesi, banyak orang mengingikan dan bercita-cita menjadi seorang youtuber terkenal, dan apakah teman-teman juga ingin menjadi seorang youtuber terkenal, tapi tidak tahu bagaimana cara membangun sebuah chanel youtube dari nol hingga menjadi chanel youtube besar dan terkenal, berikut 5 tips sukses membangun chanel youtube ala youtuber kelas dunia.

1. 1. Menentukan topik chanel

Topik Chanel

Topik Chanel via http://www.pixabay.com

Pertama menentukan topik chanel youtube apa yang akan kita bangun, dalam membangun chanel youtube menentukan topik atau tema dari chanel youtube adalah hal yang paling penting dan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan chanel kita. Lantas bagaimana cara menentukan topik chanel youtube yang bagus dan potensial, sejatinya semua kategori seperti Musik, game, vlog, word jenius dan lain sebagainya semuanya potensial, dan bagaimana cara menentukan topik chanel yang bagus? Sebenarnya sangat sederhana, yaitu berawal dari apa yang kita suka, dari apa yang kita senangi.
Advertisement
Contohnya kita hobi bermain game, buatlah chanel tentang bermain game, jika hobi kita bermain alat musik atau menyanyi, buatlah chanel tentang musik. Jika kita mengangkat dan memilih tema chanel youtube dari apa yang kita suka, semuanya pasti akan terasa sangat menyenangkan dan kita tidak akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan chanel kita.a

2. 2. Kenali siapa penonton/audiens kita

Youtube adalah sebuah platform berbagi video gratis dan termasuk mesin pencari terbesar didunia. Dari itu semua kita bisa tahu bahwa orang yang menonton video youtube sangat beragam, ada yang menonton video youtube untuk mencari hiburan dan ada juga yang menonton youtube untuk belajar dan sebagai media untuk mencari informasi, contohnya chanel memasak, mereka yang menonton chanel memasak sangat beragam ada yang mencari ide memasak, ada yang belajar memasak, dan ada juga yang hanya mengisi waktu luang dengan menonton video memasak, jadi cobalah membuat video yang mereka butuhkan.

3. 3. Membuat Konten yang bagus dan menarik

Pasti teman-teman semua bertanya-tanya, gimana sih konten yang bagus dan menarik itu? jawabannya sangat sederhana, yaitu konten yang terkemas dengan baik dan memberikan apa yang penonton butuhkan. Contohnya jika kita membuat chanel gaming, hal yang dibutuhkan penonton chanel gaming adalah pertama mereka mencari hiburan dan kedua mereka mencari tips dan trik bermain game. Jadi cobalah membuat konten yang menghibur sekaligus memberikan manfaat bagi penonton, hal itu akan membuat timbal balik yang bagus dari penonton kepada chanel kita. Dan jika semua itu terjadi konten kita bisa dikatakan bagus dan menarik.

4. 4. Membangun audiens/penonton

Membangun Audiens

Membangun Audiens via http://www.pixabay.com

Advertisement

Penonton adalah salah satu faktor penunjang kesuksesan sebuah chanel youtube, semakin bayak penonton maka semakin besar pula chanel youtube kita. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuat thumbnail video yang menarik dan ditunjang dengan judul yang menarik pula, mengisi deskripsi dengan singkat dan jelas yang mewakili isi dari video kita. Dengan begitu calon penonton yang melihat video kita akan tertarik untuk melihatnya karena thumbnail yang menarik dan ditambah judul dan deskripsi yang jelas. Dan jangan sekali-kali menggunakan thumbnail yang tidak ada kaitanya dengan isi video atau menggunakan judul yang tidak sesuai dengan video, karena itu semua akan membuat penonton kecewa dan merasa telah dibohongi, alih-alih berlangganan justru mereka tidak akan kembali menonton video youtube kita.

5. 5. Beri mereka alasan untuk kembali

Alasan untuk kembali

Alasan untuk kembali via http://www.pixabay.com

Jika kita memberikan konten yang menarik sekaligus memberikan manfaat bagi penonton, mereka yang menonton video kita akan merasa terhibur dan terbantu. Dan mereka akan memberikan tanggapan dan timbal balik yang bagus kepada chanel kita dan alhasil mereka menyukai video kita dan menunggu video terbaru dari chanel kita dan mereka akan terus kembali menonton video kita dan penonton pun akan senanghati untuk berlangganan dan menantikan video kita selanjutnya.

Terima kasih 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya