5 Tips Menghindari Rasa Bosan dan Jenuh Selama Belajar Daring

Bagi pelajar dan mahasiswa yang sering merasa bosan saat kuliah daring, sini merapat!

Dalam masa pandemi seperti ini, para murid dan mahasiswa terpaksa harus menjalankan aktivitas belajarnya dari rumah. Aktivitas ini disebut dengan kegiatan pembelajaran daring atau online. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara online oleh para murid dan mahasiswa membuat beberapa murid dan mahasiswa merasa jenuh.

Karena, setiap harinya mereka hanya menatap layar laptopnya dan juga hanya duduk selama berjam-jam untuk mendengarkan dosen memberikan penjelasan. Meskipun tidak semua murid dan mahasiswa merasakan ini, namun saya rasa hal ini berpengaruh terhadap fokus dan minat para murid dan mahasiswa dalam memperhatikan. Agar kuliah atau pembelajaran online yang dilakukan selama pandemi ini tidak terasa bosan dan jenuh, berikut beberapa tips yang dapat membangkitkan semangat belajar dan kenyamanan selama belajar.

Advertisement

1. Cari Posisi Paling Nyaman

Photo by Ivan Samkov from Pexels

Photo by Ivan Samkov from Pexels via https://www.pexels.com

Tempat dan posisi kamu belajar merupakan hal pertama yang harus kamu perhatikan. Karena posisi dan tempat dimana kamu akan melaksanakan pembelajaran online dan duduk didepan layar laptop ataupun komputer selama beberapa jam merupakan hal yang penting.

Advertisement

Kamu bisa mencari posisi yang nyaman menurut kamu disetiap sudut rumah kamu ataupun didalam kamar. Kamu bisa menyiapkan tempat yang nyaman dan jauh dari keramaian agar kamu dapat tetap fokus selama pembelajaran berlangsung. Seperti contohnya disudut ruangan atau disudut kamar.

Kamu juga bisa memanfaatkan meja belajar atau ruang belajar yang kamu punya. Selain itu, siapkan beberapa bantal sebagai sandaran duduk atau sandaran tangan kamu selama perkuliahan berlangsung. Hal ini juga penting, karena akan membuat kamu lebih merasa nyaman dan terhindar dari sakit pinggang atau pegal-pegal. Selain itu, kamu juga bisa menyetel AC mu menjadi sejuk ataupun menggunakan kipas angin agar kamu tidak kegerahan selama perkuliahan atau pembelajaran berlangsung.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE