5 Tips Menulis Novel Pada Platform Online Agar Dapat Menarik Pembaca

Novel hingga kini kian digemari oleh banyak orang. Tidak dapat dipungkiri bahwa bukan hanya kalangan remaja saja yang menyukainya, tetapi banyak pula dari kalangan dewasa seperti ibu rumah tangga. Seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, kini tidak sedikit kemunculan berbagai media atau platform untuk membaca sekaligus menulis novel secara online.

Para penggemar novel tentunya, dengan hadirnya platform online  ini akan merasa sangat diuntungkan. Mereka tidak perlu lagi datang ke toko buku untuk membeli buku novel secara cetak, melainkan hanya dengan bermodalkan ponsel pintar atau smartphone serta tidak lupa pula untuk mendownload platform atau aplikasi yang diinginkan. Dengan demikian mereka akan dengan mudah membaca atau menulis novel dimana pun dan kapan pun sesuai dengan waktu yang mereka inginkan. Beberapa platform online yang dapat kamu akses untuk membaca sekaligus menulis novel karyamu sendiri seperti Wattpad, Noveltoon, Mangatoon, Novelme, Storial, dan masih banyak lagi.

Nah, bagi kamu yang gemar sekali menulis novel pada platform online ini. Berikut adalah 5 tips agar tulisan kamu banyak dilirik dan dibaca oleh para readers tentunya, yuk simak sama-sama!

Advertisement

1. Judul

Bagi para penulis, judul merupakan faktor yang sangat penting untuk diperhatikan dalam menulis sebuah cerita. Mengapa demikian? Karena judul merupakan daya tarik utama bagi para pembaca. Tidak sedikit pembaca yang akan merasa penasaran terhadap judul yang sudah terpampang, dengan begitu rasa penasarannya akan berlanjut.

Terkadang jika penulis salah langkah dalam membuat judul yang kurang menarik, maka para pembaca akan merasa malas untuk membaca cerita yang dibuat. Oleh sebab itu, kamu harus cerdas dalam memilih judul.

Advertisement

2. Sampul (Cover)

Selain menulis, alangkah baiknya penulis mampu untuk membuat desain sampul novel dengan menarik dan unik. Oleh karena itu, dalam membuat suatu sampul/cover harus berdasarkan karya orisinil pribadi dan tidak pasaran. Sebenarnya banyak sekali sampul/cover yang tersedia di berbagai situs di internet, namun jika kamu mengambil di internet maka memungkinkan pula banyak terjadi kesamaan dengan para penulis lainnya.

Tidak hanya itu, mengambil sampul/cover yang bukan milik pribadi akan beresiko karena biasanya gambar tersebut memiliki hak cipta atau semacamnya. Dewasa ini, sudah banyak sekali media untuk membuat sebuah sampul/cover untuk novel karyamu seperti Canva, Picsart, Flyer Maker, dan masih banyak lagi. Jadi mulailah belajar untuk membuat sampul/cover sendiri, dengan begitu karyamu akan terasa berbeda dan berwarna.

3. Tema

Advertisement

Dalam hal ini, tema juga harus menjadi pertimbangan bagi kamu dalam menulis sebuah cerita. Kamu harus mampu mendeteksi atau menjangkau para pembaca, jadi harus paham trend terkini seperti apa. Maksudnya, apa yang menjadi konsumsi para pembaca akhir-akhir ini? Apa yang mereka sukai? Genre remaja kah? Atau action, horor, komedi, romantis?

Dan sebagainya. Oh ya tentunya dalam memilih tema tersebut, kamu harus mampu atau menguasainya, jadi tidak berhenti di tengah jalan. Perbanyaklah membaca karya-karya milik orang lain agar termotivasi, tetapi jangan menyalin karya itu. Atau pilih tema yang sesuai dengan karaktermu, dengan begitu kamu akan mudah dalam membuat cerita itu.

4. Sinopsis

Sinopsis juga menjadi suatu hal yang penting dalam karya yang kamu buat. Biasanya para pembaca dalam platform tersebut akan singgah sebentar untuk membaca sinopsis dari karyamu. Oleh karena itu, kamu diharapkan agar dapat membuat sinopsis tersebut dengan baik.

Dalam hal ini, semua alur cerita yang kamu buat dapat dimuat dalam sinopsis tersebut. Walaupun singkat, namun sinopsis tersebut memuat segala hal yang ada dalam karyamu. Jika sinopsis tersebut dibuat dengan baik, maka para pembaca akan merasa tertarik terhadap karyamu.

5. Bagian Pertama

Dalam platform online atau sebuah aplikasi, biasanya dalam membuat suatu novel akan memuat bagian-bagian dari karyamu. Bagian-bagian tersebut dapat dikatakan sebagai episode dari karya novel yang kamu buat. Ada bagian pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya. Nah, untuk membuat para pembaca merasa puas dan semakin penasaran dengan karyamu, buatlah bagian pertama karyamu dengan penuh tanda tanya.

Jadi para pembaca akan merasa lebih penasaran apa yang akan terjadi selanjutnya di bagian kedua, begitu pun di bagian-bagian selanjutnya. Jika bagian pertamamu kurang menarik, para pembaca akan mengurungkan diri untuk membaca karyamu. Jadi kamu harus pandai dalam mengatur setiap kisah pada tiap-tiap bagian.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE