5 Tips yang bisa Kamu Lakukan Agar Orang Tua Menuruti Permintaanmu. Baca, Yuk!

Tips agar orang tua menuruti permintaan anak.

Seringkali kita sebagai anak mempunyai banyak kemauan yang harus dituruti. Kemauan itu muncul ketika ada keinginan dari hati. Terlebih yang menjadi subjek pengabul adalah orang tua kita sendiri. Tentu kita tidak akan malu-malu untuk mengatakan kemauan itu. Kita juga akan melakukan banyak upaya agar kemauan kita terkabul. Berikut ada lima cara yang bisa kamu lakukan.

Advertisement

1. Selalu mengerjakan pekerjaan rumah tanpa disuruh

gambar vektor anak laki-laki sedang menyapu.

gambar vektor anak laki-laki sedang menyapu. via https://pin.it

Sebagai anak sudah sepatutnya kita membantu orang tua. Terlebih di usia remaja kita dituntut untuk bisa mengerjakan pekerjaan rumah. Pekerjaan rumah yang bisa kita lakukan antara lain: menyapu, mengepel lantai, mencuci baju, mencuci piring, menyetrika baju, dan lain-lain.

Semua aktivitas tersebut harus kita lakukan setiap hari tanpa paksaan. Selain orang tua senang, kita pun mendapat faedah dari kebersihan sebagian dari iman.

Advertisement

2. Selalu giat belajar agar mendapat Indeks Prestasi bagus

gambar vektor seorang anak sedang berada di depan monitor laptop.

gambar vektor seorang anak sedang berada di depan monitor laptop. via https://pin.it

Ketika kamu di rumah, usahakan untuk belajar. Tunjukkan bahwa kamu anak yang rajin. Hal ini akan menarik simpatik orang tua. Terlebih, jika kamu giat belajar dan mendapat Indeks Prestasi bagus. Orang tua akan semakin sayang dan bangga sama kamu.

3. Patuh terhadap aturan rumah dan bersikap sopan santun

gambar vektor ibu dan anak

gambar vektor ibu dan anak via https://pin.it

Setiap rumah pasti memiliki sebuah aturan masing-masing. Tujuan adanya aturan rumah itu sendiri agar tercipta lingkungan keluarga yang disiplin, sistematis, dan sejahtera. Sebagai anak, sudah sepatutnya kita mematuhi aturan rumah yang ada. Misalnya pada aturan anak tidak boleh pulang malam maksimal jam 9 malam. Patuhilah dan jangan membangkang. Ada baiknya jika ingin bepergian, selalu pamit dengan orang tua. Selalu utamakan unggah-ungguh terutama dengan orang tua. Seringkali anak yang bepergian tanpa pamit dianggap tidak sopan.

Hal ini akan membuat orang tua cemas dan ragu untuk mengabulkan permintaanmu. Hindari juga perilaku berbohong demi mendapatkan izin dari orang tua. Itu akan membuatmu tidak dipercaya dan selalu di intimidasi oleh orang tua.

Selain itu, usahakan ketika berbicara dengan orang tua menggunakan bahasa yang lembut, nada yang melirih dan tidak menggunakan intonasi yang tinggi. Orang tua akan semakin yakin dengan perilaku baikmu.

4. Perhatian sama orang tua dan meluangkan sedikit waktu dengannya

gambar anak yang tampak sedang dinasehati oleh ibunya

gambar anak yang tampak sedang dinasehati oleh ibunya via https://pin.it

Ketika sedang bersantai di ruang keluarga sambil menonton TV bersama orang tua, tawarkan sesuatu padanya. Misalnya apakah hendak dipijit kaki nya setelah seharian capek bekerja atau hendak dibikinkan minuman sebagai sajian pelengkap ketika menonton TV?

Tentu saja orang tua akan menerima tawaranmu dengan senang hati. Selain itu, kamu juga bisa menceritakan sedikit keluh kesah mu ketika seharian melakukan aktivitas belajar di kampus atau sekolah.Eeeiitss, namun jangan terlalu mengeluh ya. Berceritalah secukupnya, anggap saja kamu sedang curhat dengan teman sendiri. Dengan demikian, orang tua akan luluh dan merasa dekat dengan anaknya karena kamu mau bertukar cerita dengannya.

5. Meminta sesuatu hal secara wajar sesuai proporsi orang tua

gambar anak sedang digendong ayahnya.

gambar anak sedang digendong ayahnya. via https://pin.it

Jangan lupa ketika kamu meminta sesuatu, usahakan sesuai proporsi. Yang tidak memberatkan orang tua dan tentunya sesuai kemampuan yang ada. Hindari meminta sesuatu hal yang berlebihan dan tidak masuk akal. Seperti, ketika kamu minta dibelikan HP yang harganya sangat mahal padahal orang tua mu baru saja mengeluarkan uang banyak untuk bayar UKT.

Seharusnya kamu dapat memahami keadaan orang tua saat itu. Lebih baik kamu mengurungkan keinginan itu dahulu, sembari menunggu dikabulkan kamu bisa menggunakan cara-cara ini. Jika belum terkabul juga, harap bersabar dan jangan berkecil hati. Insyaallah keinginanmu itu kesampaian suatu saat nanti apabila kamu ikhtiar dan jangan lupa berdoa. Semangat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE