5 To Do List yang Harus Kelar Sebelum Memasuki Bulan Ramadan Nih, Hayo Kamu Ada Juga Nggak?

Hal yang harus disiapkan sebelum memasuki bulan ramadan

Ramadan is almost coming. Yeay kalian pasti semangat banget kan menyambut bulan suci umat muslim ini. Sudah tercium belum aroma bulan ramadan. Awww so excited! Tapi semangat saja gak cukup, nah untuk menyambut bulan yang penuh keberkahan ini ada beberapa hal yang musti kalian siapkan. Beberapa hal di bawah ini harus masuk to do list kalian menyambut bulan ramadan.

Advertisement

1. Membayar Hutang Puasa

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://images.pexels.com

Hayo kalian yang tahun lalu puasanya masih ada tanggungan harus segera dilunasi tuh. Kalau bagi yang cowok-cowok mungkin aman ya, kalau untuk perempuan pasti ada bolongnya dong. Nah ini sudah kalian lunasi belum, kalau belum ayo segera dilunasi sekalian hitung-hitung pemanasan puasa sebelum masuk bulan ramadan selama 30 hari.

Oh iya karena puasa ramadan  ini hukumnya wajib, maka membayar puasa ya wajib pula hukumnya. Maka dari itu kalau kalian ada yang bolong puasanya harus diganti dan dilunasi di hari lain. Ya namanya juga hutang harus dilunasi lah.

Advertisement

2. Membersihkan Rumah

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://images.pexels.com

Membersihkan rumah apa tidak sebaiknya nanti aja pas sudah dekat lebaran? No. Justru sebaliknya, mengecat rumah, renovasi, atau menata ulang perabot sebaiknya dilakukan sebelum bulan puasanya datang ya. Jadi nanti saat sudah masuk ramadan, rumahnya sudah kelihatan bersih, nyaman bikin ibadah makin khusyuk dan tenang.

Kan capek banget kalau sudah puasa menahan diri dari lapar, haus dan hawa napsu masih juga harus menahan capek karena tenaganya buat renovasi, mengecat atau membersihkan rumah. Bukankah lebih baik tenaganya dipakai untuk beribadah yang lain? Mengkhatamkan quran misalnya.

3. Berburu Baju Baru

Advertisement
Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Sis and Bro for your information semakin mendekati lebaran biasanya barang atau baju yang ada di pasar itu sudah last stock sisanya tinggal stok barang-barang lama yang dikeluarkan dan dibranding ulang. Sarannya, lebih baik mulai sekarang deh kalian belanja baju lebarannya biar dapat harga yang manusiawi, model terkini serta pengiriman yang lancar jaya.

Karena masih pandemi dan diajurkan untuk mengurangi mobilitas maka belanja online masih menjadi pilihan utama kalian ya. Jadi daripada kehabisan stok atau nanti paket yang kamu idamkan tak kunjung sampai kalau kamu pesannya pas bulan puasa mending dari sekarang aja belanjanya. Tapi kalau gak belanja baju lebaran baru ya gakpapa juga sih yang penting hati dan iman kita yang baru ya gak sob?

4. Menyiapkan Menu Sahur dan Berbuka

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://images.pexels.com

Puasa adalah suatu aktivitas untuk menahan hawa nafsu salah satunya nafsu makan dan minum dimulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam. Kalau dihitung pakai waktu Indonesia kurang lebih12-13 jam. Nah supaya kebutuhan nutrisi kita tetap terpenuhi selama berpuasa, kalian bisa banget menyusun menu sahur dan berbuka puasa mulai dari sekarang.

Pilih menu dengan gizi seimbang ya ada kadungan karbohidratnya, protein, serat dan vitamin.  Penyusunan menu ini juga bisa membuat kita lebih hemat alias gak boros karena kita sudah punya panduan menu berbuka dan sahur selama 30 hari. Jadi gak ada lagi tuh acara membeli aneka takjil karena lapar mata yang ujung-ujungnya mubazir terbuang karena kita sudah terlau kenyang dengan satu menu utama.

5. Membersihkan Hati

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://images.pexels.com

Ramadan kan bulan suci, kalau list 2-3 di atas merupakan aktivitas fisik duniawi sekarang di to do list terakhir kita coba deh tengok isi diri kita. Hati dan jiwa kita juga perlu dibersihkan lo. Caranya? Dengan banyak beristigfar dan bersalwat. Sekarang coba pelan-pelan ganti play list spotify kalian yang biasanya diisi lagu k-pop mulai diselingi satu murottal surat pendek biar agak seimbang gitu meski cuma mau puasa doing selingan play listnya, tapi kan gapapa daripada nggak sama sekali.

Hal yang tidak  kalah penting untuk membersihkan hati adalah dengan minta maaf. Minta maaf terutama pada orang tua, tetangga dan teman-teman terdekat. Apa tidak nanti saja minta maafnya pas lebaran idulfitri? Ya umumnya memang pas lebaran idulfitri. Namun, yang lebih baik malah sebelum memasuki bulan puasa.  Sehingga saat masuk bulan puasa, hati kita sudah plong saling memaafkan. Kita tidak lagi membawa perasaan dendam dan amarah karena telah saling memaafkan, jadinya kita bisa lebih fokus untuk beribadah di bulan ramadan nanti.

Selamat menyambut bulan suci, semoga kita termasuk golongan orang-orang yang menang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE