5 Tokoh Terkenal yang Ternyata Seorang Introvert

Ada banyak sekali pihak yang men-justifikasi kesuksesan seseorang dilihat dari kepribadiannya. Biasanya untuk hal ini, orang-orang ekstrovert seringkali diunggulkan untuk meraih keberhasilan dalam berkarir di suatu bidang.

Sebab mereka yang berkepribadian ekstrovert cenderung lebih show-off, percaya diri, serta mudah mengungkapkan gagasan maupun idenya. Lantaran dengan berinteraksi, para ekstrovert semakin menemukan jati diri sendiri sekaligus menambah gairah dan energi dalam diri mereka.

Sementara introvert, mereka sedikit kesulitan dalam melakukan hal-hal tersebut. Sehingga orang-orang dengan kepribadian ini biasanya cenderung pasif dan lebih senang dengan kesendiriannya. Tak heran banyak pihak yang meragukan para introvert untuk bisa meraih kesuksesan layaknya orang-orang ekstrovert.

Kini zaman terus berkembang dan satu fakta yang perlu sobat ketahui, kesempatan untuk sukses sangatlah terbuka bagi siapa pun. Paradigma kepribadian dalam menentukan kesuksesan seseorang sudah seharusnya ditinggalkan ya!

Lebih dari itu, ada banyak lho tokoh terkenal bahkan sangat berpengaruh yang ternyata memiliki kepribadian introvert. Lantas siapa sajakah mereka, berikut pembahasan selengkapnya.

Advertisement

1. Michael Jordan

Photo by Finansialku.com

Photo by Finansialku.com via https://www.finansialku.com

Pecinta basket dan olahraga pastinya tahu dong sosok pemain legendaris yang satu ini. Ia adalah Michael Jordan, pemain iconic NBA yang berkarir sekitar tahun 1984-2003. Jordan dinobatkan sebagai salah satu pemain basket terbaik sepanjang sejarah.

Akan tetapi, mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa Jordan adalah seseorang dengan kepribadian introvert. Tentu saja hal itu sangat unik mengingat NBA adalah ajang olahraga terbesar yang penuh dengan ingar bingar.

Advertisement

Tetapi kepribadian Introvert bukan jadi halangan Jordan untuk sukses berkarir, bahkan menjadi yang terbaik sepanjang masa.

2. Albert Einstein

Photo by Kabar24bisnis.com

Photo by Kabar24bisnis.com via https://kabar24.bisnis.com

Seorang fisikawan ternama, Albert Einstein adalah salah satu tokoh yang memiliki kepribadian introvert. Dalam karirnya sebagai ilmuwan, Einstein sudah banyak sekali menemukan teori maupun rumus fisika yang sangat berpengaruh dalam sejarah peradaban modern.

Contoh yang paling terkenal adalah tentu saja rumus relativitas yang berhasil ia temukan. Kepribadian introvert yang dimilikinya justru ia maksimalkan dengan sangat baik untuk berkarya.

Advertisement

3. J.K Rowling

Photo by Detikhot.com

Photo by Detikhot.com via https://hot.detik.com

Novelis terkenal yang menciptakan tokoh Harry Potter, J.K Rowling adalah salah satu contoh real bagaimana introvert bisa sukses dalam berkarir. Ia bisa memanfaatkan kelebihan introvert yang sangat baik dalam berimajinasi dan menyelami pikirannya untuk membuat karya masterpiece.

Terdapat satu kisah yang sangat unik dari Rowling. Pada suatu hari ia meminjam sebuah pena kepada seseorang padahal ia merasa sangat malu untuk mengutarakannya. Alhasil, dari pena yang dipinjam itulah ia menuliskan ide cerita novel legendaris karyanya, Harry Potter.

4. Barrack Obama

Photo by Liputan6.com

Photo by Liputan6.com via https://www.liputan6.com

Jika Rowling sukses sebagai novelis dan Einstein sukses sebagai ilmuwan, mungkin hal itu tidaklah aneh sebab dua profesi tersebut sangatlah cocok bagi seorang introvert. Akan tetapi tokoh yang satu ini sedikit berbeda, sebab ia sukses menjadi seorang politikus bahkan menjadi presiden.

Ia adalah Barrack Obama, presiden Amerika Serikat berkulit hitam pertama dalam sejarah. Mengawali karir sebagai politikus Partai Demokrat, Barrack Obama berhasil terpilih menjadi presiden pada tahun 2008 dan tahun 2012 lalu.

Tentu hal ini sangatlah unik, pasalnya profesi Obama sebagai politikus mengharuskan dirinya untuk bisa show-off, berinteraksi dengan orang banyak, berpidato bahkan berdebat dan banyak sekali interaksi lainnya.

Obama membuktikan bahwa introvert bukanlah sebuah paradigma untuk menjustifikasi seseorang apakah mampu melakukan sesuatu atau tidak.

5. Bill Gates

Photo by from Cnbcindonesia.com

Photo by from Cnbcindonesia.com via https://www.cnbcindonesia.com

Sebagai seorang entrepreneur sukses dan berpengaruh, tentu saja terdapat jiwa leadership dan interaksi sosial yang sangat baik dari seorang Bill Gates. Padahal pendiri Microsoft ini adalah seorang yang memiliki kepribadian introvert.

Bill Gates adalah orang yang sangat percaya bahwa setiap kepribadian dalam diri seseorang memiliki kelebihannya masing-masing.

Inrovert dan Ekstrovert, Bukan Penentu Kesuksesan

Fakta ini menunjukkan bahwasannua kepribadian introvert maupun ekstrovert bukanlah pakem yang menentukan kesuksesan seseorang. Ada orang introvert yang super sukses atau sebaliknya, demikian pula seorang ekstrovert.

Terlebih khusus kepada sobat  introvert, jangan lagi kalian merasa berkecil hati. Sebab kesemapatan meraih sukses untuk kalian tentu terbuka lebar. Kini yang menentukan hanyalah apakah kalian mau untuk menggapainya atau tidak.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya adalah seorang content writer yang telah menekuni bidang ini selama 7 tahun. Awalnya saya memiliki blog pribadi sebelum akhirnya berkarir di salah satu perusahaan start-up

CLOSE