Tak dipungkiri zaman sekarang yang kata orang "zaman milenial" teknologi berkembang semakin pesat, berbagai transportasi muncul dengan  menggunakan mesin serba canggih. Tapi ternyata berbagai transportasi yang muncul nggak menghilangkan transportasi zaman dulu (jadul).

Sesekali boleh lah kita berwisata atau sekedar mengelilingi kota dengan transportasi jadul yang kebanyakan mengandalkan tenaga manusia, hitung-hitung flashback dan sejenak menenangkan hati dan pikiran dari segala aktivitas sehari-hari.
5 transportasi ini ada nggak di kotamu?

1. Sepeda Onthel

Sepeda Onthel

Sepeda Onthel via http://jakarta.bisnis.com

Dimulai dari zaman hindia belanda, sepeda onthel masih ngetrend sampai sekarang. Salah satu wisata Kota Tua Jakarta ternyata masih menyewakan sepeda ini untuk para pengunjungnya. Tak jarang orang berkunjung pada hari libur hanya untuk berkeliling menggunakan sepeda atau sekedar berfoto.

Foto pernikahan pun banyak lho yang menggunakan sepeda onthel untuk propertinya. Yakin nggak mau flashback keliling kota pakai sepeda onthel?

Advertisement

"Nggak ngonthel, Nggak keren"

2. Becak

Nah ini nih transportasi yang cozy banget! Kok bisa?

Pertama, kamu nggak perlu mengeluarkan tenagamu untuk mengayuh becak, karena sudah ada si abang becak yang siap menemanimu mengelilingi kota.

Advertisement

Kedua, kamu hanya duduk menikmati pemandangan ditemani sejuknya udara kota. Kebayang kan nyaman dan tenangnya kayak apa? Becak ini masih banyak kok ditemukan di berbagai daerah.

Tak jarang becak juga dihadirkan dalam pameran-pameran kreatif.
Ayo tunggu apalagi? Si becak sudah menunggumu!

Jalanan macet? Polusi makin banyak?
Nyari yang ramah lingkungan? Becak aja!

3. Perahu Getek

Getek merupakan transportasi yang sederhana karena hanya terbuat dari beberapa bambu yang disatukan dengan tali sebagai pengikatnya. Biasanya getek digunakan untuk menyebrangi sungai. Di beberapa daerah di Indonesia getek masih tetap eksis lho.

Jangan khawatir kalian tidak perlu mengeluarkan banyak uang, hanya dengan 1000-2000 rupiah saja kalian sudah bisa menikmati perjalanan menggunakan transportasi getek ini.

Kebayang nggak ke kampus naik getek serunya kayak apa?
Buruan coba, keburu geteknya hilang ditelan peradaban

4. Andong

Siapa nih yang belum tahu andong? Sangat ramah lingkungan ya kawan.

Jadul banget nih karena masih menggunakan tenaga kuda. Satu andong bisa mengangkut 3 sampai 4 orang. Harganya juga terjangkau tergantung jarak destinasinya.

Di daerah Solo dan Yogyakarta masih banyak nih orang yang naik andong. Seru dong pasti mengitari kota naik andong sambil nyanyi ‘tuk tik tak tik tuk suara sepatu kuda’.

5. Bajaj

Kendaraan yang muncul sekitar tahun 1970 an ini sudah menggunakan mesin yang sangat memekakkan telinga. Bajaj beroda tiga bisa menampung 2 orang dan 1 supir. Bajaj sangat bisa diandalkan untuk menerobos kemacetan di Ibukota Jakarta.

Selain di Jakarta, bajaj juga beroperasi di Banjarmasin dan Pekanbaru. Kamu wajib coba naik kendaraan ini dan rasakan sensasinya, pasti seru menerobos jalanan yang macet menggunakan bajaj.

Itulah kelima transportasi jadul versi hipwee. Pasti seru mengitari kota menggunakan kendaraan jadul di zaman yang serba modern ini. Jangan lupa ajak pacar, saudara dan teman ya. Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya