Libur panjang akhir tahun, merupakan salah satu liburan yang kita tunggu‐tunggu. Liburan dapat membuat kita jauh dari rutinitas yang seringkali membosankan, menghindarkan kita dari stres, bahkan bisa menyegarkan kembali pikiran-­pikiran dan semangat ketika kembali beraktifitas seperti biasa. Tidak ada salahnya bila Anda mulai merencanakan destinasi liburan untuk akhir tahun 2017 yang tinggal beberapa bulan lagi. Siapa tahu hal ini akan menjadi motivasi anda untuk bekerja lebih giat dan menabung untuk liburan nanti.

Dalam merencanakan liburan, tentu saja kita perlu tentukan kemana kita akan berlibur. Apakah di dalam kota, luar kota atau, luar pulau. Berikut adalah lima pilihan destinasi wisata Indonesia yang bisa anda masukkan dalam daftar destinasi liburan anda.

1. Borobudur

Borobudur by Spasium feat. Hengki Koentjoro via http://spasium.com

Candi Borobudur adalah salah satu dari 7 keajaiban dunia yang berada di Indonesia, lebih tepatnya terletak di daerah Magelang, sekitar 40 km dari Yogyakarta. Candi peninggalan kerajaan Budha ini memiliki 1460 relief dan 504 stupa Budha. Borobudur merupakan salah satu ikon dari negara Indonesia. Setiap tahunnya banyak wisatawan yang berdatangan ke tempat ini baik domestik maupun mancanegara.

2. Karang Berem

Karang Berem by Spasium feat. Hengki Koentjoro via http://spasium.com

Sebuah pantai tersembunyi yang terletak di salah satu desa di wilayah Banten, kecamatan Bayah. Desa Sawarna yang terpadu dan punya "sejuta" destinasi untuk dikunjungi ini, memiliki begitu banyak objek wisata mulai dari pantai, sungai, sawah dan goa. Salah satu pantai yang terkenal di wilayah ini adalah Karang Berem. Melihat foto di bawah ini, pasti membuat anda ingin berkunjung ke sana dan merasakan indahnya pemandangan asli dari Karang Berem.

3. Telaga Warna

Advertisement

Telaga Warna by Spasium feat. Oetomo via http://spasium.com

Telaga Warna Dieng adalah salah satu objek wisata yang berada di kawasan dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Telaga ini merupakan salah satu destinasi wisata andalan yang ada di Wonosobo. Nama Telaga Warna sendiri diberikan karena keunikan fenomena alam yang terjadi di tempat ini, yaitu warna air dari telaga tersebut yang sering berubah-ubah. Terkadang telaga ini berwarna hijau dan kuning atau berwarna warni seperti pelangi. Fenomena ini terjadi karena air telaga mengandung sulfur yang cukup tinggi, sehingga saat sinar Matahari mengenainya, maka warna air telaga nampak berwarna-warni.

4. Pantai Papuma

Pantai Papuma by Spasium feat. Antonius Widjaya via http://spasium.com

Pantai Papuma merupakan salah satu wisata pantai yang dimiliki Jawa Timur. Nama Papuma sendiri, sebenarnya adalah sebuah singkatan dari “Pasir Putih Malikan”. Singkatan tersebut hingga kini lebih familiar di telinga wisatawan. Pantai Papuma merupakan salah satu Pantai yang terkenal bersih, indah dan memiliki air laut yang bagus. Pantai ini dikelilingi oleh perbukitan yang membuatnya nampak terlihat asri dan alami. Selain itu, pantai ini juga sangat cocok digunakan sebagai area berkemah dan outbond.

5. Prambanan

Prambanan by Spasium feat. Oetomo via http://www.spasium.com

Kompleks candi Prambanan ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten, kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta. Lokasi obyek wisata candi Prambanan Yogyakarta ini, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya pun sangat unik. Candi Prambanan sendiri terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten. Candi Prambanan sendiri termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO, sebagai candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama yang memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah komplek gugusan candi-candi yang lebih kecil.