Body Shaming  atau yang lebih kita kenal sebagai komentar terhadap bentuk tubuh memang bisa dibilang menjadi hal yang paling sensitif guys. Karena mayoritas di Indonesia masih saja menganggap bahwa takaran cantik adalah langsing, putih, dan tinggi. Padahal nih guys bentuk tubuh setiap wanita itu beragam, apapun dan bagaimanapun bentuknya itu layak untuk dihargai. Body Shaming pun sering kali terjadi di sekitar kita baik atau disadari atau tidak, dan sebagaian masih mengganggap bahwa itu adalah hal yang biasa yang hanya dinilai sebagai bahan bercanda. So,guys berikut ini adalah beberapa ucapan body shaming yang sering kali dilakukan disekitar kita baik kita sadari atau tidak.

1. "Kamu keliatan makin berisi banget. Sampai lengan kamu kayak pemukul kasti. Nggak mau diet?"

curvy girls

curvy girls via https://www.google.co.id

Hidup di era "body goals" memang membuat banyak orang merasa tertuntut untuk memiliki bentuk tubuh yang ideal menurut pandangan masyarakat secara umum. Tapi ni guys, bukan berarti kita memiliki hak untuk 'menuntut' bentuk tubuh ke orang lain. Selain itu,kita tidak pernah tahu seberapa keras usaha yang dilakukan orang lain untuk menurunkan berat badan mereka. Jadi jangan sampai ucapan kita justru akan membuatnya jadi putus semangat.

2. "Kulitmu gelap ya? Gimana mau keliatan cantik kalau gitu?"

cewek berkulit hitam

cewek berkulit hitam via https://www.google.com

Please,guys. Definisi cantik itu luas. Dan amat sangat disayangkan bila ada yang membatasi kriteria ataupun definisi dari cantik itu sendiri. Terlebih bila harus berpatokan atau diukur dari langsing, putih, dan tinggi. Dan kemudian kita berkomentar terhadap mereka yang memiliki kulit tidak putih, bertubuh curvy dan mungil tidak bisa menjadi cantik. Please, guys. Bagaimanapun mereka dan siapapun dari kita berhak untuk menjadi cantik dengan versi dari diri kita masing – masing. Setiap wanita memiliki sisi cantiknya masing-masing.

3. "Kamu percaya diri banget sih pakai baju yang nggak pas gitu?"

style has no size

style has no size via https://www.google.com

Advertisement

Salah satu hal yang membuat korban body shaming menjadi salah tingkah adalah mereka tidak hanya dikomentari tantang bentuk badannya akan tetapi juga pakaian yang diapakainya. Ketahuilah guys, mengomentari pakaian jika disampaikan pada saat moment yang tidak tepat dapat membuat orang lain langsung tidak percaya diri. Ucapan – ucapan yang sekiranya dianggap hanya 'iseng' dapat membuat mood orang lain menjadi down seketika.

4. "Yakin makanmu sebanyak itu? Pipi sama lengan udah kayak bola, tuh!"

makan banyak

makan banyak via https://www.google.com

Meskipun udah kenal lama guys, tapi membandingkan bentuk tubuh temanmu dengan benda bukanlah hal yang pantas, sekalipun kamu berteman akrab dengannya. Walaupun tidak ada niat mencela, tapi alangkah lebih baiknya jika menghargai perasaan teman. Di saat memiliki kesempatan untuk tidak berkomentar buruk, mengapa harus memilih mengucapkan kalimat yang tidak ingin didengar orang lain?

5. "Jadi kamu enak ya? Bisa makan apa aja, badan nggak mungkin melar~"

cewek kurus

cewek kurus via https://www.google.com

Meskipun ungkapan di atas menyatakan "keuntungan" yang dimiliki orang lain, tapi bukan berarti orang yang menerima ucapan tersebut jadi "merasa beruntung". Sama halnya dengan ucapan, "Kalau tubuh pendek kayak kamu enak ya, tiap baris selalu di depan." Berhati-hatilah dengan kalimat yang kamu pilih sekalipun gak bermaksud untuk menghina.

Advertisement

Kita tidak pernah tahu seberapa usaha yang telah dilakukan orang lain untuk mengubah dirinya. Jadi, sudah saatnya berhenti melakukan body shaming.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya