5 Zat-Zat yang Paling Mematikan di Dunia

Di dunia ini ternyata ada zat berbahaya bagi manusia loh. Bahkan salah satu nya bisa membunuh belasan juta manusia hanya dengan 1 gram zat tersebut. Benarkah demikian? Simak artikel berikut ini.

Advertisement

1. Sianida

Ilustrasi Racun

Ilustrasi Racun via https://images.app.goo.gl

Baik dihirup atau ditelan, Sianida adalah salah satu zat paling mematikan di dunia. Bahkan Sianida bisa membunuh manusia dalam hitungan menit. Gas nitrogen sianida natrium padat atau potassium sianida sangat beracun. Mencegah sel-sel tubuh mendapat oksigen dan membuat jantung dan otak berhenti bekerja.

2. Karbon Monoksida

Foto ilustrasi karbon monoksida

Foto ilustrasi karbon monoksida via https://bit.ly

Karbon monoksida adalah zat yang tidak berwarna dan tidak berbau yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Karbon monoksida dihasilkan dari pembakaran yang tidak sempurna seperti batu bara, kayu, disel dan lain lain. Saat ini karbon monoksida adalah zat berbahaya yang kerap ditemui di asap kendaraan.

Advertisement

3. Risin

Risin

Risin via https://bit.ly

Risin adalah protein beracun yang terkandung pada jarak pohon. Di Indonesia, biji Jarak Pagar atau Jarak Pohon juga biasa disebut Biji Kasturi. Minyak jarak juga disebut minyak Kastroli. Daya meracun risin murni sangat tinggi: beberapa butir sebesar kristal garam dapur sudah cukup untuk membunuh manusia. 

4. Asbestos

Wikipedia: Asbestos

Wikipedia: Asbestos via https://en.wikipedia.org

Bila dihirup berkali kali, Serat asbestos dapat menumpuk diparu paru dan dapat menyebabkan penyakit seperti Asbestosis, Radang paru paru, dan Kanker. Berbeda dengan zat zat lainnya, Asbestos dapat memakan waktu yang cukup lama, bahkan bertahun-tahun untuk membunuh seseorang. Meskipun begitu, zat ini tetaplah sangat mematikan dan membuatnya sebagai “racun lambat” yang paling mengerikan bagi manusia.

5. Botulinum Toxin A

Advertisement
Ilustrasi Botulinum Toxin A

Ilustrasi Botulinum Toxin A via https://bit.ly

Racun Botulinum, yang juga dikenal sebagai Clostridium Botulinum, dikenal sebagai zat paling mematikan di dunia. Hanya 1 gram dari zat ini dapat membunuh 14.000 manusia jika ditelan atau 8,3 juta manusia apabila disuntikkan!

Botulinum mengacaukan komunikasi antara sel saraf dan sel otot, kemudian secara bertahap melumpuhkan korban dan akhirnya terjadi kegagalan sistem pernafasan. Namun, botulinum dalam dosis yang sangat kecil dapat digunakan untuk mengobati kejang otot dan keringat berlebihan dan melumpuhkan otot yang menyebabkan keriput. Bahkan, senyawa ini juga dijual secara komersial dan dimanfaatkan untuk kecantikan, yaitu botox.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Menginspirasi Dan Terinspirasi. Dukung Saya Selalu Dengan Follow Dan Berkomentar Di Artikel Saya🖤

CLOSE