Pesona alam Indonesia memang sudah selayaknya menjadi tuan rumah di negeri sendiri serta menjadi tujuan wisata bagi para penggelana, keanekaragaman wisata yang tersedia di bumi pertiwi memberikan banyak pilihan bagi para penggelana. Bagi penggelana yang menyukai wisata pegunungan, Indonesia memiliki wisata pegunungan mulai dari yang mudah di daki hingga ekstrim sekalipun, setelah lelah mendaki para penggelana pun dapat menikmati wisata laut yang sangat cantik untuk dinikmati selagi beristirahat.

Bagi para penikmat wisata laut Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Sebagai negara kepulauan, Indonesia tidak akan habis menyajikan ke eksotisme pantai dan pulau-pulau yang layak dinikmati baik di atas atau bawah lautnya. Tak heran jika banyak penggelana baik dalam dan luar negeri yang datang ke Indonesia untuk mengelilingi Indonesia demi untuk dapat menikmati seluruh kekayaan pesona alam yang dimiliki.

Sebagai manusia yang lahir dan besar di Indonesia ada baiknya kita untuk lebih memilih destinasi lokal sebagai referensi perjalanan. Dengan kekayaan alam Indonesia yang beranekaragam sudah sepatutnya kita sendiri yang mempromosikan keanekaragaman tersebut. Dengan begitu keanekaragaman yang Indonesia miliki akan tersebar ke seluruh penjuru dunia dan dunia pun akan mengagumi keindahan pesona alam Indonesia.

Sesungguhnya ada banyak alasan mengapa kita perlu untuk membudayakan wisata dalam negeri ketimbang ke luar negeri, berikut ini 6 alasan utama mengapa berkelana di dalam negeri harus dilakukan.

1. Mengenalkan pesona wisata lokal

Pulau Maratua, kepulauan Derawan

Pulau Maratua, kepulauan Derawan via https://www.facebook.com

Berkelana kini menjadi kegiatan yang sering dilakukan oleh siapapun, dengan semakin lengkapnya sistem transportasi baik udara, laut dan darat semakin memudahkan penggelana untuk berkelana kemanapun. Indonesia sebagai negara kepulauan pun semakin mudah mengakses pulau tersebut dengan semakin banyaknya lapangan udara dan pelabuhan yang sudah buka. 

Advertisement

Selain itu teknologi kini semakin memudahkan traveller untuk membagikan dokumentasi mengenai tujuan wisatanya dan membagikannya ke seluruh orang di dunia melalui teknologi. Dengan begitu semakin banyaknya foto-foto dan dokumentasi yang tersebar semakin banyak juga traveller lain yang melihat dan tertarik akan keindahan alam Indonesia. Semakin lama semakin juga di akui keberagaman yang ada di bumi pertiwi ini.

2. Menaikkan ekonomi masyarakat

Transaksi perdagangan

Transaksi perdagangan via http://keuanganlsm.com

Dengan adanya para penggelana yang datang ke suatu daerah secara langsung akan menggerakan roda perekonomian di daerah tersebut. Minimal para penggelana akan mencari kebutuhan dasar seperti makanan dan penginapan, yang dimana kebutuhan tersebut akan dipenuhi oleh para warga sekitar. Mendorong prerekonomian karena akan mendorong terjadinya transaksi ekonomi di daerah tersebut.

Semakin banyaknya penggelana yang datang ke suatu daerah masyarakat akan terbantu secara ekonomi karena masyarakat dapat membuka usaha seperti warung, penginapan homestay dan souvenir untuk oleh-oleh.

3. Mengenal kearifan lokal

Kearifan lokal

Kearifan lokal via http://phdi.or.id

Advertisement

Selain memiliki keberagaman pesona alam, Indonesia dikenal memiliki keanekaragaman budaya. Di suatu daerah akan memiliki perbedaan kearifan lokal satu dengan lainnya, sebagai pendatang pasti penggelana akan belajar dan mengikuti bagaimana budaya tersebut berlaku di suatu daerah.

Dengan begitu kesempatan untuk mengenal dan mempelajari kearifan lokal lebih terbuka, berkelana tidak hanya mendapat kesenangan karena telah berkunjung ke suatu daerah yang elok tapi juga bisa mengenal budaya dan kearifan lokal dalam satu daerah yang belum pernah diketahui sebelumnya. 

Dengan mengenal perbedaan tersebut para penggelana akan menjadi semakin memahaimi keberagaman bangsa Indonesia, dan akan semakin memahami definisi Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi semboyan kebanggaan bangsa Indonesia.

4. Bertemu saudara baru sebangsa dan setanah air

Saudara baru dari tanjung bira

Saudara baru dari tanjung bira via https://www.facebook.com

Berkelana akan mempertemukan dengan hal baru yang belum pernah kita rasakan sebelumnya seperti suasana, budaya dan juga teman baru. Teman baru ini yang akan mengenalkan potensi apa saja yang dimiliki di daerahnya, dengan teman baru ini kita bisa menambah kearaban dan relasi baru dengan saudara sebangsa dan setanah air.

5. Rupiah masih berlaku

Uang rupiah

Uang rupiah via https://www.dream.co.id

Tidak perlu repot-repot menghabiskan waktu untuk pergi ke tempat penukaran uang, cukup membawa uang secukupnya terlebih dahulu selanjutnya apabila kantong sudah menipis cukup mencari atm yang sudah pasti berisi uang rupiah. Selama berkelana di Indonesia transaksi yang berlaku dari Sabang sampai Merauke hanya mata uang rupiah yang berlaku sebagai alat tukar. 

6. Tidak perlu menyiapkan visa

Berkelana dalam negeri tidak perlu untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang harus dibawa untuk bisa masuk ke daerah tertentu. Semakin memudahkan para penggelana lokal untuk bisa berkeliling Indonesia tanpa harus di sulitkan dengan dokumen-dokumen tertentu.

Selain faktor diri sendiri seperti kesenangan saat berkelana mengunjungi wisata-wisata yang indah di Indonesia, sebagai penggelana kita juga secara langsung mampu mendorong keberlangsungan hidup masyarakat di tempat wisata tersebut.

Semakin menghidupkan aktifitas ekonomi yang berdampak mendorong perbaikan kualitas hidup masyarakat di daerah tersebut. Kini saatnya kamu siapkan ransel dan datangilah jutaan destinasi terbaik di Indonesia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya